Perkembangan Bayi 5 Bulan Secara Motorik, Kognitif, Sosial, Dan Kemampuan Bicaranya

Menginjak usia 5 bulan, bayi terlihat semakin menggemaskan. Ada banyak hal baru yang telah ia lakukan, seperti bisa menoleh ke arah sumber suara, belajar mengekspresikan perasaannya, mengamati benda-benda kecil dan hal-hal menggemaskan lainnya.


Berbicara soal perkembangan bayi 5 bulan ke atas secara motorik, kognitif, sosial, dan kemampuan bicara, tentu perlu perhatian khusus bagi orang tua untuk mengenali bagaimana pertumbuhannya.

Perkembangan Bayi 5 Bulan Dalam Aspek Kemampuan Motorik

Kemampuan bayi 5 bulan sudah semakin terlihat. Hal-hal yang mulai bisa dilakukan, yaitu berguling-guling dari telentang ke tengkurap dan sebaliknya, serta dia juga sudah mulai bisa duduk tanpa ditopang untuk beberapa saat ataupun duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh dengan tangannya sendiri. Perkembangan ini menunjukkan bahwa bayi akan siap untuk merangkak di bulan-bulan berikutnya. Selain itu, bayi juga sudah bisa meraih benda-benda kecil yang dekat dengan jangkauannya.

Hal mudah yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih otot-otot motorik pada bayi adalah dengan menempatkan mainan kecil dalam jangkauan sang bayi dan menunggunya meraih sendiri mainan tersebut, atau bisa pula dengan mengajari bayi memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain.

Untuk dapat menstimulasi perkembangan koordinasi anggota tubuhnya, orang tua dapat menggunakan mainan yang dapat berbunyi, bernyanyi, ataupun yang bertepuk tangan.

Perkembangan Bayi 5 Bulan Dalam Aspek Kemampuan Kognitifnya

Secara kognitif, pada usia 5 bulan, bayi mulai lebih responsif dan ekspresif. Bayi mulai akan mencoba bertatapan dengan orang tuanya lebih lama dan mencoba membaca gerak bibir, serta mengerti apa yang diucapkannya. Kemampuan menggenggamnya pun jauh lebih baik. Untuk pola tidurnya pun ia akan dapat tidur nyenyak sepanjang malam bila perutnya kenyang dan tidak ada yang mengganggunya.

Perkembangan Bayi 5 Bulan Dalam Aspek Kemampuan Sosial

Pada usianya yang ke-5 bulan, bayi sudah dapat menyadari jika namanya sedang dipanggil, yaitu caranya dengan menoleh ke arah suara. Selain itu, bayi juga sudah bisa berinteraksi dengan sekitarnya yang ditandai dengan perilaku-perilaku berikut: mengangkat tangan sebagai tanda ingin digendong atau menangis ketika orang tua menjauh, tertawa bila ada hal yang dianggapnya lucu, menangis jika berada di dekat orang-orang yang tak dikenalnya, senang diajak bicara, dan lain sebagainya.

Perkembangan Bayi 5 Bulan Dalam Aspek Kemampuan Bicaranya

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bayi berusia 5 bulan keterkaitan dengan kemampuan bicaranya, yaitu: mulai terbiasa dengan bunyi-bunyi yang didengarnya sehari-hari, dapat memperhatikan orang tua dengan seksama saat berbicara, sudah mulai memiliki banyak ocehan yang beragam, bahkan beberapa bayi sudah mulai bisa mengucapkan beberapa patah kata, seperti “sa”, “pa”, “ma”, dan lainnya, serta dapat menggabungkan satu patah kata dengan patah kata yang lainnya.

Itulah berbagai kemampuan dalam perkembangan bayi 5 bulan lebih secara motorik, kognitif, sosial, dan bicara. Dengan berkembangnya kemampuan-kemampuan tersebut, maka bayi Anda dapat tumbuh dengan lincah dan sehat.

Terus perhatikan perkembangannya lebih lanjut supaya Anda tak melewatkan masa-masa tumbuh kembangnya atau yang istilah lainnya disebut dengan “golden time” dari buah hati Anda.

Selamat menikmati indahnya masa perkembangan buah hati, salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Perkembangan Bayi 5 Bulan Secara Motorik, Kognitif, Sosial, Dan Kemampuan Bicaranya"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.