Palembang - Wisata Kuliner Puas, Jalan-Jalan Juga Hemat


Apa yang terlintas ketika teringat kota Palembang? Pasti ingat makanan khas kota ini, yaitu Pempek Palembang! Ya, kota Palembang yang di tengahnya mengalir sungai Musi ini, berlimpah hasil tangkapan ikannya. Hasil olahan ikan, diubah menjadi berbagai makanan lezat, yang juga tinggi nilai gizinya.

Menurut penduduk lokal, berwisata kuliner di Palembang, satu hari saja tidak cukup. Paling sedikit, setidaknya Anda harus menginap di kota tersebut selama tiga atau empat hari, saking banyaknya jenis makanan yang lezat dan cita rasanya tidak dapat ditemukan di kota lain.

Nah, liburan akhir tahun sebentar lagi. Jika Anda berniat untuk berwisata ke Palembang, maka pilihan Anda tepat membaca tulisan ini untuk informasi kuliner khas yang ada di kota Palembang. Selain aneka ragam makanannya, jenis transportasi umum untuk sampai ke kota ini juga banyak, salah satunya pesawat terbang. Untuk memesan tiket pesawat Citilink murah ke Palembang bisa klik disini, ya!

Makanan Palembang, sedikit banyak mirip dengan makanan khas Tionghoa. Selain pempek yang mirip dengan bakso ikan dan kekian, ada juga beberapa jenis makanan berikut.

Mie Celor
Mie celor adalah menu sarapan yang populer bagi penduduk lokal Palembang. Mie yang pembuatannya tidak dijerang ataupun dimasak ini, hanya dicelupkan sebentar di air mendidih, ditiriskan, kemudian disiram dengan kuah kaldu kental.

Mie tebal seperti udon dan panas berkuah kental ini kemudian disajikan dengan irisan telur dan sedikit tauge. Tidak lupa, dimakan bersama kerupuk yang dicelupkan ke dalam kuahnya. Pasti ketagihan!
Sumber : magazine.job-like
Walaupun banyak rumah makan yang menjual Mie Celor, namun warga Palembang sendiri memfavoritkan Mie Celor 26 Ilir HM Syafei, yang konon sudah ada sejak tahun 1950-an. Cita rasa khas rumah makan ini, terletak pada bahan-bahan segar dan berkualitas yang digunakanannya. Kaldu kental dibuat dari udang sungai, terutama bagian kepala dan otaknya. Jadi, jika Anda alergi makanan laut, jangan langsung menyantap makanan nikmat ini dengan nafsu, ya.

Pindang patin
Cita rasa Pindang Patin mengingatkan kita dengan tom yum, makanan khas negara Thai. Perpaduan rasa asam, asin, pedas, manis, dan segar sungguh mengundang selera. Siap-siap menambah porsi nasi, ya!

Martabak Har
Martabak ini istimewa karena telurnya dibalut pada kulit martabak. Kemudian, sebelum dimakan, martabak terlebih dahulu disiram dengan kuah kari yang tajam rasa rempahnya, yang juga berisi kentang dan daging.
Sumber : Cumilebay
Unik, bukan? Martabak Har memiliki beberapa cabang yang tersebar di pelosok kota. Jadi, di manapun lokasi Anda menginap, Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Burgo, Laksan dan Lakso
Ketiga makanan tersebut dibuat dari tepung beras dan olahan ikan. Rasanya mirip, hanya kuahnya yang rasanya agak berbeda satu sama lain. Tinggal pilih saja sesuai selera. Mau kuah yg agak manis, gurih, atau pedas. Ketiganya paling pas dihidangkan dengan telur rebus, buncis, dan lontong dengan kuah kari bersantan khas Palembang.

Tempoyak
Sambal tempoyak dibuat dari fermentasi buah durian. Penyuka durian wajib mencoba makanan ini. Rasanya asam dengan aroma khas durian. Tempoyak biasa dimakan bersama dengan pepes ikan patin sebagai pelengkap.

Nah, itulah rekomendasi kuliner asal Palembang yang wajib Anda coba saat berlibur ke daerah sana. Namun sebelum berlibur, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dan akomodasi Anda sebelum berangkat ya.

Untuk memesan tiket pesawat ke Palembang, Airy bisa menjadi pilihan, loh. Jaringan penyedia tiket pesawat dan hotel ini sering sekali memberikan promo tiket pesawat rute penerbangan domestik. Selain itu, Airy juga menyediakan hotel budget murah untuk Anda yang senang traveling dengan cara backpacker. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera berlibur ke Palembang bersama Airy.

Semoga bermanfaat, ya. Salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

4 Komentar untuk Tulisan
"Palembang - Wisata Kuliner Puas, Jalan-Jalan Juga Hemat"

  1. Makanan favorite saya itu pempek panggang nya
    di jakarta susah cari nya
    Kalo liat postingan tentang palembang, jadi pengen cepet PulKam nih

    BalasHapus
  2. penasaran sama tempoyak.. duuuhh jadi pengen bisa ke palembang :(

    BalasHapus
  3. Baru nyobain beberapa aja,, padahal udah 3x ke palembang :(

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  4. Belum pernah ke Palembang, hiks. Moga kapan2 ada kesempatan ke sana aamiin :D

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.