Kulkas Mengeluarkan Bau Tidak Sedap dan Berjamur? Ini Tips Mengatasinya!

Tidak membersihkan kulkas dalam waktu yang cukup lama merupakan penyebab utama tumbuhnya jamur. Dan faktanya, tidak hanya furnitur dan perabot rumah tangga saja yang dapat berjamur. Ternyata kulkas juga bisa berjamur jika tidak dirawat dengan baik.


Beberapa waktu lalu kulkas kami mengeluarkan bau yang tidak sedap. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena menumpuknya sayur yang tidak dimasak dalam waktu yang lama. Dan jika sudah begini dapat dipastikan bahwa jamur telah tumbuh di dalamnya.

Sebenarnya tidak baik jika hal tersebut terjadi, karena selain tidak baik untuk kesehatan bau juga dapat membuat kinerja mesin tidak maksimal. Hal buruk selanjutnya, lemari es kami tidak dingin atau bisa jadi rusak.

Sempat dibuat bingung ketika kulkas kami rusak, karena beberapa sayur, makanan dan minuman di dalamnya tidak dingin dan segar lagi. Ditambah, tidak mudah kami menemukan tukang service.

Akhirnya, setelah mencari dan menunggu yang cukup lama kami bisa menemukan jasa service kulkas. Proses perbaikannya cukup lama dan lumayan ribet, maklum kulkas tua. :D Setelah selesai, saya kaget dengan harga jasa yang harus saya bayar. Ternyata harga service kulkas tidak seperti ekspektasi saya! Ya, harga yang harus saya bayar sangat terjangkau, tidak semahal yang saya bayangkan.

Nah, berkaca dari pengalaman saya tersebut, kulkas sangat perlu dibersihkan secara berkala. Agar tercegah dari bau yang tidak sedap yang dapat ditimbulkan dari makanan dan minuman yang disimpan.

Untuk itu, saya punya beberapa tips sederhana agar lemari es tetap bersih dan wangi serta mesinnya tetap bekerja dengan baik. Simak tipsnya berikut ini.

Rutin Membersihkan Kulkas
Tips ini mutlak harus dilakukan secara berkala agar kinerja mesin pendingin tetap berjalan dengan baik. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan kotoran bekas makanan dan minuman yang menempel pada pemukaan kulkas bagian dalam.

Gunakan lap basah yang berbahan lembut, lap hingga bersih sehingga bau tak sedap menghilang. Pada bagian frezzer bisa dibersihkan dengan cara memutar tombol pengatur suhu (termostat) pada posisi off. Hal ini untuk melelehkan sekaligus menghilangkan bunga es. Setelah mencair, bersihkan kotoran hingga bersih, lalu putar lagi tombol untuk mengaktifkan kembali proses pendinginan.

Mengeluarkan Semua Bahan Makanan
Bila bau tak sedap sudah begitu kuat dan menusuk hidung, keluarkan semua makanan dan minuman yang ada didalam kulkas. Kemudian matikan kulkas dengan melepaskan kabel colokannya.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pembersihan secara menyeluruh dengan menggunakan lap yang diberi sabun. Pada bilasan terakhir tambahkan perasan jeruk nipis, keringkan, lalu letakkan sisa jeruk nipis pada beberapa tempat dan biarkan pintunya terbuka semalam.

Memilah Makanan Yang Berbau
Untuk mencegah bau, makanan dan minuman yang sudah terlalu lama disimpan atau kadaluarsa sebagikanya dibuang. Sementara untuk makanan dan minuman yang beraroma kuat sebaiknya pindahkan ke dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Sayuran, daging dan ikan atau yang berbau amis, sebaiknya masukkan ke dalam plastik yang tertutup rapat, lalu masukkan ke dalam frezzer. Hindari pula memasukkan makanan dan minuman dalam kondisi yang masih panas. Hal ini dapat menimbulkan bau tak sedap pada kulkas Anda.

Mencegah Jamur Dengan Menggunakan Cuka
Jika terdapat bintik-bintik kuning dan hitam yang berada didalam kulkas Anda, itu tandanya kulkas Anda terinfeksi jamur. Gunakan cuka untuk membersihkan jamur berwarna hitam yang biasa muncul di bagian karet pada pintu. Gosokkan pada bagian yang terkena jamur hingga bersih.

Cuka bisa membersihkan kulkas dari bau yang tidak sedap sekaligus mencegah kulkas dari jamur. Sebaiknya Anda melakukan hal ini dalam ritual pembersihan kulkas Anda agar kulkas tetap dalam keadaan bersih dan sehat.

Gunakan Alternatif Lainnya
Agar kulkas terhindar dari bau dan jamur, Anda juga bisa meletakkan arang, kopi, ampas daun teh yang sudah dikeringkan atau kentang yang sudah dikupas lalu belah menjadi empat bagian. Gantilah seminggu sekali agar bau tak sedap dapat diserap secara maksimal.

Untuk penggantian arang bisa dilakukan lebih lama, misalnya sebulan sekali karena daya serapnya lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menghilangkan bau tidak sedap dan mencegah jamur pada kulkas Anda. Sebaiknya, bersihkan kulkas setidaknya dua minggu sekali. Dengan begitu Anda turut merawat dan mencegah kulkas Anda terhindar dari bau dan jamur.
Selamat mencoba!

Salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Kulkas Mengeluarkan Bau Tidak Sedap dan Berjamur? Ini Tips Mengatasinya!"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.