Ini Dia Dokumen Penunjang Wali Kelas dalam Melaksanakan Tugas

Menjadi wali kelas merupakan tugas tambahan bagi seorang guru. Dalam pelaksanaannya, wali kelas memiliki beberapa tugas yang secara khusus adalah membantu kepala sekolah yang berkaitan langsung dengan siswa dan orang tua.


Beberapa tahun lalu, saya pernah menjadi wali kelas dan pernah saya ceritakan dalam sebuah tulisan yang saya kemas dengan judul "Baca 6 Tips Ini Agar Anda Menjadi Wali Kelas yang Baik". Alhamdulillah, tulisan ini menjadi tulisan yang paling banyak dibaca dan sampai sekarang masih eksis.


Bersumber tulisan ini ada beberapa pembaca yang japri saya menanyakan soal format dokumen pendamping wali kelas yang di sekolah tempat saya mengajar ditetapkan sebagai BUKU CATATAN WALI KELAS.

Buku ini sangat membantu sekali bagi seorang wali kelas dalam melaksanakan tugasnya. Ada beberapa form isian yang harus diisi oleh wali kelas yang kemudian form ini menjadi dokumen penting saat seorang anak didik memiliki masalah.

Buku ini akan menjadi rekam jejak, bagaimana seorang anak didik dengan masalahnya hingga bagaimana sekolah dalam hal ini wali kelas, pengurus BK (Bimbingan Konseling) dan kepala sekolah menyelesaikannya.

Nah, pada kesempatan ini saya akan membagikan kepada Anda yang kebetulan menjadi wali kelas dan sedang membutuhkan beberapa dokumen-dokumen tersebut.

1. Sampul Dokumen

Seperti pada dokumen-dokumen yang lain, dokumen penunjang wali kelas juga memiliki sampul. Di Sekolah saya, desain sampulnya sangat sederhana, tapi manis dipandang mata.


Anda dapat merubah desainnya sesuai selera, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan kesukaan.

2. Tugas-Tugas Wali Kelas

Pada dokumen ini dijelaskan secara detail apa saja yang menjadi tugas wali kelas. Secara umum, tugas wali kelas bisa saja berbeda. Seperti di sekolah saya ini, dimana wali kelas memiliki tugas melaporkan beberapa tugasnya secara online ke Google Form yang dibuat oleh pimpinan.

3. Data Identitas Kelas

Dokumen ketiga merupakan identitas kelas dimana wali kelas tersebut melaksanakan tugasnya. Pada dokumen ini berisi isian seputar identitas kelas, mulai dari nama wali kelas, nama ketua kelas, domisili siswa rata-rata hingga jumlah siswa.

4. Program Kerja dan Jurnal Wali Kelas

Program kerja wali kelas merupakan dokumen yang telah di tetapkan oleh masing-masing sekolah. Biasanya program kerja ini merupakan hasil konversi dari tugas-tugas yang kemudian akan ada kolom tanggal kapan pelaksanaannya.

Sementara untuk jurnal merupakan dokumen catatan dari pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan oleh wali kelas.

Oh iya, dua dokumen ini berbentuk Excel, ya. Ada pada dua Sheet yang berbeda.

5. Rekap Kehadiran Siswa Per Bulan

Dokumen kelima merupakan dokumen rekap kehadiran siswa per bulan. Rekap kehadiran siswa pada rekap ini dicatat per minggu. Jadi pada akhir minggu wali kelas bisa merekap kehadiran siswa berdasarkan absen yang di isi oleh ketua kelas setiap hari.

Di sekolah saya, dokumen ini menjadi dasar pengiriman SMS Gateway kehadiran siswa yang dikirim setiap dua minggu sekali. Selain itu, dokumen ini juga sangat membantu wali kelas dalam memantau kehadiran seluruh siswanya.

6. Form Pemanggilan Siswa dan Orang Tua

Selama saya menjadi wali kelas, saya beberapa kali harus memanggil siswa secara khusus karena ada masalah yang ia alami. Hingga tiga kali saya melakukan pembinaan bersama pengurus BK dan kepala sekolah namun anak tersebut tidak menunjukkan perubahan yang signifikan, akhirnya agar masalahnya tidak berlarut-larut sekolah memutuskan untuk memanggil orang tuanya.
Nah, disinilah fungsi dua form ini saat pemanggilan siswa dan orang tua siswa. Catatan pada form ini akan sangat bermanfaat dalam melakukan pembinaan kepada anak yang bermasalah, terutama saat pemanggilan orang tua.

Pada form pemanggilan siswa tersedia kolom untuk isian tanggal, nama, kelas, jenis masalah dan tanda tangan siswa. Sementara untuk form pemanggilan orang tua siswa terdapat isian nama orang tua, nama anak, kelas, jenis masalah, hasil pemanggilan dan tanda tangan orang tua siswa.

7. Catatan Penting Wali Kelas

Dokumen terakhir yang ada pada Buku Catatan Wali Kelas adalah Catatan Penting Wali Kelas. Masing-masing wali kelas tentu memiliki catatan tersendiri dalam melaksanakan tugasnya. Nah, disini wali kelas bisa mencatatnya agar tidak lupa saat nanti dibutuhkan.

Itulah beberapa dokumen penunjang wali kelas dalam melaksanakan tugas. Dokumen lenggkap sudah saya convert dalam bentuk dokumen .ZIP. Bapak ibu bisa mendowload-nya di Buku Catatan Wali Kelas atau Dokumen Penunjang Wali Kelas.

Semoga dokumen-dokumen tersebut bisa membantu bapak ibu wali kelas sekalian dalam melaksanakan tugas, amin..

Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Ini Dia Dokumen Penunjang Wali Kelas dalam Melaksanakan Tugas"

  1. wah bermanfaat nih buat para guru yang menjadi wali kelas, sangat membantu buat para mereka mas.

    kalau saya mah nyimak aja, wheehhe

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.