Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Saat Berwisata ke Bondowoso


Bondowoso, kota kecil yang dikelilingi oleh gunung dan tidak memiliki pantai ini ternyata menyimpan berjuta pesona keindahan alam, terutama pemandangan alam, gua, budaya, peninggalan sejarah dan air terjun. Saya yang tinggal hampir 3 tahun di kota ini, pernah dan sering dibuat kagum akan keindahan potensi wisatanya. Hampir setiap desa di kota yang dijuluki Kota Tape ini memiliki budaya unggulan dan objek wisata.
Baca Juga : Meriahnya Karnaval Budaya Tahun 2017 di Kec. Wringin
Selain potensi wisata, oleh-oleh khas Bondowoso juga banyak dilirik para traveler. Seperti julukannya, kota ini memang khas dengan tape. Sebagian besar oleh-oleh yang ada berbahan dasar singkong atau olahan tape.




Nah, jika Anda tengah liburan atau lewat di Kota Tape, mampirlah kerumah saya jangan sampai lupa untuk membeli buah tangan berikut ini, ya!

1. Tape Manis
Tape Manis Bondowoso
Ya, Tape Manis menjadi oleh-oleh yang paling khas dan disukai oleh banyak orang. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang berasal dari singkong ini. Saya saja ketika berkenalan dengan siapapun dan mengatakan tinggal di Bondowoso pasti akan dijawab “Oh, tape!”.

Meskipun sekarang sudah banyak tape Bondowoso di kota-kota lain, tapi Tape Bondowoso berbeda dengan yang lain. Rasanya terkenal sangat manis dan bikin ketagihan. Di Bondowoso banyak sekali merk terkenal yang sering diserbu para wisatawan seperti, Tape Manis 82, Tape Manis 31, Tape Handayani, Tape Manis Tjap Enak dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda sudah pernah mencoba makanan enak ini, belum?

2. Tape Bakar
Untuk memanjakan lidah penyuka tape, masyarakat Bondowoso juga mengolah tape menjadi tape bakar. Ya, selain tape yang dikemas dalam besek atau anyaman bambu berbentuk kotak, ada juga tape bakar yang juga sangat nikmat.
Tape Bakar Bondowoso
Olahan tape yang dibakar ini memiliki banyak pilihan rasa, seperti cokelat, stroberi, anggur dan lainnya. Tape Bakar sudah lama dijual di pusat buah tangan di kota ini. Rasanya tidak kalah dengan Tape Manis, sangat cocok diberikan kepada sanak saudara yang ada di rumah.

3. Pia Tape
Buah tangan berikutnya yang banyak dibeli para traveler saat berkunjung ke Bondowoso adalah Pia Tape. Ya, masih dari olahan fermentasi singkong, makanan ini menjadi salah satu primadona bagi pecinta kuliner.
Pia Tape Bondowoso
Buah tangan satu ini sangat mudah ditemui di Bondowoso. Banyak sekali warung oleh-oleh yang menjualnya. Yang paling banyak ditemukan adalah di Jalan Jenderal Sudirman dan Teuku Umar atau lebih dikenal dengan daerah Pecinan. Disana banyak sekali toko oleh-oleh penjual Pia Tape.

4. Suwar Suwir
Masih dari olahan tape, wisatawan akan menemukan makanan khas ini saat akan membeli buah tangan. Ya, selain Pia Tape, Suwar-Suwir menjadi salah satu oleh-oleh yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Bondowoso.
Suwar-suwir Bondowoso
Suwar-Suwir dibuat dari tape, berbentuk persegi panjang dan berukuran 3 sampai 4 cm. Mirip seperti dodol namun terasa lebih manis dan legit di lidah. Makanan ini sebenarnya lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Jember. Namun karena tempatnya berdekatan, tentu saja banyak toko di Bondowoso yang menjualnya.

5. Souvenir dari Limbah

Selain makanan, wisatawan Bondowoso juga bisa membawa pulang souvenir yang menjadi salah satu oleh-oleh paling dicari. Dibuat dengan mendaur ulang limbah kemudian dibentuk dan dikemas sedemikian rupa. Ada banyak macam aksesoris yang disediakan mulai dari kalung, gantungan kunci, hingga hiasan rumah lainnya. Selain souvenir khas Bondowoso, banyak juga kok jenis kerajinan khas Indonesia lainnya yang bisa dibeli.
Salah satu Souvenir yang dijual di Bondowoso




Anda yang menginginkan souvenir ini bisa mengunjungi sentra penjualannya yang bernama Flodista. Di sana pula, Anda dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan yang akan Anda beli.

Jadi, dari beberapa oleh-oleh Khas Bondowoso di atas, mana nih yang paling Anda buru jika sedang berwisata di Bondowoso? Jangan lupa mampir kerumah saya juga, ya.. :)

Salam bahagia dari Kota Tape, Bondowoso..

***

Sumber Gambar:
Tape Manis Bondowoso
https://www.instagram.com/p/BU9i1pgAq1f/
Tape Bakar
https://www.instagram.com/p/BZsN2hEh3n_
Pia Tape
https://www.instagram.com/p/BKPIo-qjA26/
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

8 Komentar untuk Tulisan
"Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Saat Berwisata ke Bondowoso"

  1. belum pernah ke Bondowoso
    tapi aku tertarik sama tape-tapenya
    sepertinya tape di sana lebih enak yah

    BalasHapus
  2. aku penggemar tape juga, kyaknya enak tuh tape bakar

    BalasHapus
  3. Aku sering beli tape kl mampir ke bondowoso,enak,manis

    BalasHapus
  4. Jd laper nih..
    Tape bakar nya enak tu kyk nya..
    Ntar klo ane k bondowoso boleh mampir ya kak...

    BalasHapus
  5. Terfavorit, tape bondowoso. 😀

    BalasHapus
  6. Saya punya sahabat yg tinggal di bondowoso yg entah kapan Allah ijinkan saya kesana. Saya suka sekali tape manis

    BalasHapus
  7. Bondowoso khasnya Tape toh mas.

    BalasHapus
  8. Waaahhhh jd di bondowoso pusatnya tape toh mas?. Belum pernah ksana sih, krn denger tape, jd pgn :D. Kalo tape singkong, ato tape bakar aku tau.. Tp kalo suwar suwir ato pia tape blm prnh coba. Ntr ah, kalo ada planning kliling jawa lg kyk dulu, aku mau masukin bondowoso ke list yg wajib disinggahin :)

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.