Saat Berbelanja Saringan Air di Bukalapak Menjadi Kesan Pertama yang Manis

“Yah, air hujan yang ditampung dalam bak mandi, kotor. Tadi hujannya deras banget, mungkin di genteng banyak abu dan daun. Jadi air yang ke bak mandi jadi berwarna kuning kecoklatan”. Istri membuka percakapan sore itu saat saya baru sampai rumah.

“Saringan kain yang baru ayah buat, tadi juga bocor. Kayaknya tidak kuat menampung derasnya air hujan. Coba ayah beli saringan air yang instan dan kuat. Katanya teman, di toko bangunan ada. Kalau pakai itu, siapa tahu airnya tidak sekotor sekarang dan tidak gampang bocor juga”. Istri masih bercerita seputar air hujan yang kami tampung di bak mandi dan biasa kami gunakan untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

***

Sudah dua musim penghujan ini kami menampung air hujan untuk kebutuhan sehari-hari, mandi dan mencuci. Kami melakukannya karena memang di daerah tempat tinggal kami agak sulit untuk mendapatkan air bersih. Iya, sulit mendapatkan air bersih menjadi salah satu masalah besar bagi kami yang tinggal di daerah pegunungan.

Ada sumber air yang disediakan oleh desa, tetapi biasanya kami hanya menggunakannya untuk kebutuhan minum dan memasak saja. Karena debit air yang mengalir tidak terlalu banyak dan kami harus berbagi dengan para tetangga. Jadi, untuk kebutuhan mandi dan mencuci kami menggunakan air hujan pada musim penghujan dan air sungai saat musim kemarau. Cerita selengkapnya soal pemenuhan kebutuhan air kami, dapat dibaca pada tulisan ini : Kami akan Mudan untuk Mendapatkan Air Bersih

Nah, saat awal menampung air hujan inilah kami mendapati masalah yang cukup repot, yaitu jika hujan lumayan deras, maka air yang tertampung dalam bak mandi berwarna kuning kecokelatan. Selain itu, saringan air dari kain yang saya buat sering bocor sementara jumlah air yang mengalir tidak banyak karena tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya.

Berdasarkan saran istri yang telah disampaikan sebelumnya, saya mencoba mencari alat penyaring air yang bisa kami aplikasikan pada kran bak mandi. Harapannya sih agar air hujan yang kami tampung tidak kotor.

Tetapi sayang, dari beberapa toko bangunan yang saya kunjungi, semuanya tidak menjual barang yang saya maksud. Malah pada beberapa toko, petugasnya bingung saat saya menjelaskan barang yang akan saya beli.

Setelah hampir semua toko bangunan terdekat saya kunjungi, dan semuanya tidak menjual saringan air seperti yang saya inginkan, akhirnya saya mencari barang tersebut di internet. Beruntunglah meski hidup di daerah pegunungan, kualitas jaringan internet cukup bagus. Jadi, saya memanfaatkannya untuk mencari informasi seputar saringan air. Mulai dari merek, harga dan manfaatnya. Saya berpikir waktu itu, jika ada barang yang cocok maka saya akan membelinya secara online.

Membeli barang secara online, bukan hal baru bagi saya. Sebelumnya beberapa kali saya telah melakukannya. Maka saya putuskan jika ada barang yang cocok, akan saya beli. Hal ini karena saringan air, waktu itu sudah barang wajib yang harus saya miliki. Agar persediaan air bersih kami terus terpenuhi. Selain itu, baru masuk musim penghujan, jadi sayang jika air yang saya tampung selalu kotor. Akan ada banyak manfaat jika saya bisa memilikinya, air hujan yang kami tampung tidak lagi berwarna kuning kecokelatan, tidak perlu repot untuk membersihkan dan yang pasti tidak akan ada lagi cerita saringan air bocor.

Ternyata dari hasil pencarian di internet, saya menemukan barang yang sangat banyak. Merek, harga dan manfaatnya sangat beragam. Saya membaca satu persatu dengan teliti dan kemudian saya membuka satu tautan yang mengarah ke web Bukalapak. Disana ada beberapa barang yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah meneliti dengan baik soal merek, harga dan manfaatnya, saya memutuskan untuk membelinya di Bukalapak. Ini menjadi pengalaman pertama saya berbelanja di marketplace yang nge-trend dengan iklan ‘nego cincai say’ beberapa waktu lalu.


Sebagai konsumen baru dan terbiasa menggunakan ponsel, saya terlebih dahulu mendaftar dan mengunduh aplikasi Bukalapak versi mobile-nya. Pengunduhan aplikasi ini terinspirasi dari iklan Bukalapak yang dulu saat bulan puasa sering saya tonton di televisi. Saya sih berpikir pasti akan lebih mudah jika belanjanya cukup menggunakan ponsel saja. Jadi tidak harus repot menggunakan komputer atau laptop.
Dengan Aplikasi Bukalapak, belanja online jadi lebih mudah dan cepat

Saya tidak menyangka bahwa proses pengunduhan aplikasi, pendaftaran, proses pembelian, pembayaran, hingga saringan air sampai ke rumah sangat mudah. Saya yang tinggal di daerah pegunungan, bisa berbelanja online menggunakan ponsel. Dan yang paling penting bisa menampung air hujan yang bersih berkat Bukalapak. Kesan pertama yang manis. 😊

Iya, ini menjadi kesan pertama yang manis saat saya membeli saringan air di Bukalapak. Selain menjadi kesan pertama yang manis, menampung air hujan untuk kebutuhan sehari-hari juga menjadi pengalaman dan cerita baik diatara para tetangga dan saudara. Pengalaman dan cerita baik ini banyak yang mengapresiasi dan meniru. Meski tidak sama persis, tetapi menjadi inspirasi, alhamdulillah..

Lalu, bagaimana saya bisa mendapatkan saringan air yang sulit ditemukan pada toko konvensional dan bisa menjadi kesan pertama yang manis saat pertama kali berbelanja di Bukalapak? Berikut ceritanya..

   1. Kenapa Bukalapak?
Di atas sudah saya jelaskan, bahwa saya memilih Bukalapak sebagai tempat belanja karena saat mencari informasi saringan air, google menampilkan beberapa pilihan. Salah satunya website Bukalapak. Meski belum pernah berbelanja di Bukalapak, tetapi saya biasa membuka dan menggunakan website-nya untuk mencari tahu dan membandingkan harga suatu barang. Tetapi kali ini berbeda, saya membeli saringan air via Bukalapak.

Saat pertama kali memutuskan untuk berbelanja di Bukalapak, saya tidak pernah berpikir bahwa akan ada banyak keuntungan yang saya dapatkan. Waktu itu, saya hanya menggunakan ‘aji mumpung’, mumpung saya menemukan barang yang sangat dibutuhkan. Di toko konvensional saja tidak ada, jadi saya putuskan untuk membelinya secara online.

Selain itu, saya terlalu percaya diri bahwa berbelanja di Bukalapak adalah solusi terbaik. Lha wong iklannya sering muncul di televisi, pasti seluruh prosesnya mudah dan dapat dipercaya. Sudah, dua hal itu yang menjadi pertimbangan saya saat pertama kali berbelanja di Bukalapak.

Dan memang benar, seluruh prosesnya sangat mudah hingga akhirnya saya bisa mendapatkan saringan air yang tidak bisa saya beli di toko konvensional.

   2. Pengunduhan aplikasi dan Pendaftaran menjadi anggota
“Jika ada cara yang lebih mudah, kenapa harus repot?”
Kalimat ini sering saya dengar dan sering juga saya terapkan dalam banyak hal. Salah satunya saat berbelanja di Bukalapak. Iya, saya terbiasa menggunakan ponsel, jarang sekali menggunakan laptop. Pun begitu saat membeli saringan air ini. Saya hanya menggunakan ponsel yang telah terpasang aplikasi Bukalapak untuk bertransaksi.

Kenapa harus aplikasi? Saya merasa sangat terbantu dengan aplikasi Bukalapak ini. Cukup beberapa sentuhan saja pada layar ponsel, selesai! Proses pemasangannya juga sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan pemasangan aplikasi pada umumnya. Cari, pilih, pasang, selesai! Iya, sesimpel itu, sangat gampang.
Memasang aplikasi Bukalapak sangat mudah, cari, pilih dan pasang!
Setelah aplikasinya terpasang, selanjutnya saya melakukan pendaftaran untuk menjadi anggota. Proses ini sama mudahnya dengan saat memasang aplikasi. Ada 3 pilihan cara pendaftaran, menggunakan email, facebook atau google. Sebagai pengguna aktif facebook, maka saya mendaftar menggunakan akun facebook. Isi beberapa data pada form pendaftaran dan tidak sampai 3 menit, saya telah resmi menjadi anggota bukalapak.
Ada 3 cara mendaftar di Bukalapak, menggunakan email, facebook dan google
.
   3. Proses pembelian, pembayaran hingga barang sampai di rumah
Setelah aplikasi Bukalapak terpasang dan saya sudah memiliki akun, maka selanjutnya saya melakukan transaksi pembelian saringan air. Setidaknya, saya harus melalui 4 proses utama saat melakukan transaksi pembelian di Bukalapak. Cari, beli, bayar dan tunggu hingga barang sampai di rumah.

   Mencari Barang di Aplikasi Bukalapak
Proses pencarian barang menjadi pintu awal untuk seluruh proses transaksi pembelian di Bukalapak. Sepengalaman saya, ada dua metode pencarian yang disediakan pada aplikasi Bukalapak, yaitu pencarian berdasarkan kategori dan pencarian menggunakan form (kotak) pencarian. 2 metode ini memiliki manfaat yang sama, hanya saja jika ingin lebih fokus, kita dapat menggunakan form (kotak) pencarian.
2 metode pencarian, menggunakan Kategori Banrang dan Kotak Pencarian
Selain 2 metode pencarian tersebut, kita juga dapat mencari barang secara detail menggunakan fitur Filter. Fitur ini dapat menampilkan barang berdasarkan parameter yang dapat kita tentukan sendiri. Seperti kondisi barang, harga, lokasi pelapak, kurir dan lainnya.

Saat membeli saringan air, saya menggunakan form (kotak) pencarian dengan filter harga dan lokasi pelapak. Hal ini saya lakukan agar biaya yang saya keluarkan tidak terlalu besar untuk ongkos kirim. Lumayan, bisa mendapatkan saringan air plus bisa hemat!
Fitur Filter pada Aplikasi Bukalapak
.
   Membeli Barang yang Sesuai dengan Kebutuhan
Saat saya telah menemukan barang yang cocok, terlebih dahulu saya membaca dengan seksama deskripsi saringan air tersebut. Selain deskripsi, saya juga membaca review yang diberikan oleh pembeli lain. Hal ini saya lakukan untuk menghindari salah pilih barang dan untuk mengetahui kualitas dari pelapak tempat saya akan membeli saringan air tersebut.

Setelah saya menemukan barang yang sesuai dengan keinginan, review pembeli lain bagus dan pelapak berkategori Pedagang Besar, maka selanjutnya saya langsung memilih tombol Beli untuk masuk pada proses selanjutnya.
Baca dengan seksama deskripsi dan review barang, agar tidak salah pilih dan barang yang diterima berkualitas bagus
.
   Melakukan Pembayaran
Proses selanjutnya yang harus saya lakukan adalah Selesaikan Pesanan dengan melengkapi form Pengiriman dan Pembayaran. Pada form Pengiriman, saya hanya memastikan kevalidan alamat tujuan pengiriman saringan air yang akan saya beli. Informasi pada form ini sebenarnya sudah kita isi pada menu Ringkasan Akun, atau dapat juga dengan memasukkan alamat baru. Selain itu, pada form ini juga berisi informasi total belanja yang harus saya bayar. Total belanja meliputi harga barang, biaya kirim dan biaya asuransi.
Cek dan pastikan alamat pengiriman dan total belanja telah benar pada form Pengiriman
Saat informasi pada form Pengiriman valid, selanjutnya saya pindah pada tab form Pembayaran. Pada form pembayaran, disajikan beberapa pilihan metode pembayaran. Disini enaknya berbelanja di Bukalapak, kita diberi banyak pilihan untuk melakukan pembayaran. Setidaknya ada 9 metode pembayaran yang disediakan, yaitu BukaDompet, Transfer Bank, Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks/Rek. Ponsel, BCA Klipay, Kartu Visa/Mastercard, Indomaret dan Alfamart.
Terdapat 9 metode pembayaran yang dapat digunakan saat berbelanja di Bukalapak

Dari beberapa metode pembayaran tersebut saya memilih metode Transfer Bank. Kebetulan saya memilki akun internet banking pada salah satu bank yang dimiliki oleh Bukalapak. Jadi agar lebih mudah dan cepat saya memilih metode ini. Sesaat setelah saya melakukan transfer sesuai dengan jumlah yang diminta Bukalapak, proses pembayran saya sudah terkonfirmasi.

Salah satu nilai tambah yang juga saya alami saat berbelanja di Bukalapak adalah seluruh proses yang saya lakukan, diberitahukan lewat email dan sms. Ini menjadi nilai tambah karena saya sebagai pembeli selalu tahu bagaimana perkembangan transaksi yang telah saya lakukan.
Semua proses pada transaksi pembelian di Bukalapak akan mendapatkan notifikasi email dan sms
.
   Tunggu hingga barang sampai di rumah

Ketika proses pembayan terkonfirmasi, maka otomatis pesanan saya berganti status menjadi Dikirim oleh pelapak. Yang menarik adalah, saat status pesanan telah berubah menjadi Dikirim, kita juga langsung dapat melacak barang kita sudah sampai dimana. Karena pada detail pesanan, sudah ada nomor resi yang dapat kita gunakan untuk melacak keberadaan barang. Jadi, kita tidak perlu khawatir barang akan nyasar, karena dapat kita pantau secara real-time.

Setelah menunggu 2 hari, saringan air yang saya beli di Bukalapak akhirnya sampai di rumah. Sebagai pamungkas dari seluruh proses transaksi pembelian yang saya lakukan di Bukalapak, saya melakukan konfirmasi bahwa barang telah saya terima dengan baik. Selain itu, saya juga memberikan feedback positif atas proses dan barang yang telah saya terima. Kesan pertama yang sangat manis. 😊
Transaksi pembelian saringan air saya selesai dan menjadi kesan pertama yang sangat manis

Setelah barang saya terima dengan baik dan transaksi pembelian di Bukalapak selesai, saya mengaplikasikan saringan air yang telah saya beli. Proses pemasangannya sangat mudah, instan dan kayaknya memang tidak akan pernah bocor. 😂
Saringan air yang saya beli saat telah diaplikasikan pada kran kamar mandi
Alhamdulillah, meskipun hujannya deras, air hujan yang kami tampung pada bak mandi tidak lagi berwarna kuning kecokelatan. Sudah hampir satu tahun saya menggunakan saringan air ini, tetapi belum pernah mengalami masalah yang cukup besar. Saya hanya membersihkannya secara rutin dan mengganti kapas dan bahan lainnya agar kualitas air yang didapat tetap bersih.

Seiring berjalannya waktu dan dengan modal kesan pertama yang manis, saya kembali melakukan transaksi pembelian di Bukalapak. Alasan untuk berbelanja kembali di Bukalapak kali ini sudah bukan lagi karena tidak menemukan barang pada toko konvensional. Bukan juga karena seluruh prosesnya mudah seperti pada saat berbelanja saringan air. Tetapi lebih kepada belanja hemat. Iya, ini menjadi penting karena berkaitan langsung dengan ketersediaan dana. 😂 Jadi, selain belanjanya mudah, barangnya lengkap, saya juga bisa belanja hemat!

Berbicara soal belanja hemat, di Bukalapak juga bisa! Karena Bukalapak menawarkan banyak promo, diskon dan voucher belanja. Hebatnya lagi, Promo Bukalapak tersebut tidak hanya berlaku pada momen-momen tertentu saja, melainkan setiap hari. Nah, untuk mendapatkan Promo Bukalapak tersebut, kita bisa mendapatkannya dengan banyak cara. Selain dengan berlangganan newsletter Bukalapak, kita juga bisa mendapatkannya di Excite Shop.

Excite Shop merupakan tempat untuk mencari jutaan produk, penawaran, promo dan diskon dari toko online favorit, termasuk salah satunya Bukalapak. Dengan berbelanja menggunakan Promo Bukalapak yang ada di Excite Shop kita akan mendapatkan promo yang beragam dan yang pasti akan lebih hemat.

Cara untuk mendapatkan promo dan menggunakan Excite Shop juga sangat mudah. Tidak jauh berbeda dengan saat berbelanja menggunakan aplikasi Bukalapak. Karena Excite Shop juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi, meski nama aplikasi yang tersedia berbeda, yaitu Excite Point. Jadi, belanja mudah dan hemat cukup menggunakan satu aplikasi yang bisa dipasang secara gratis. Komplit!

   Cari, pilih, pasang dan daftar menggunakan aplikasi Excite Shop
Cukup 4 langkah ini yang harus kita lakukan untuk dapat menikmati promo Bukalapak yang ada di Excite Shop. 4 langkah ini menjadi langkah awal saat ingin belanja hemat di Bukalapak. Prosesnya mudah, kok. Tidak jauh berbeda seperti pada aplikasi Bukalapak. Cari, pilih, pasang dan selesai!
Cari, pilih, pasang dan selesai!
Untuk mengunduh aplikasi Excite Shop, silahkan klik tautan ini.
Setelah aplikasinya terpasang, langsung saja daftar menjadi anggota. Pada langkah ini berbeda dengan proses yang ada di Bukalapak, tetapi prosesnya mudah. Cukup isi beberapa data yang dibutuhkan, ID Pelanggan, Kata Sandi, Pengulangan kata sandi, No. HP, dan alamat email aktif. Selanjutnya lakukan konfirmasi email, dan selesai! Kita sudah menjadi anggota Excite Shop yang selanjutnya dapat digunakan untuk belanja hemat berkat promo Bukalapak.
Form pendaftaran menjadi anggota Excite Shop
.
   Belanja hemat dengan Promo Bukalapak yang ada di Excite Shop
Selanjutnya, buka aplikasi Excite Shop dan login menggunakan id pelanggan serta kata sandi yang telah didaftarkan. Tunggu beberapa saat, dan selamat berbelanja hemat menggunakan Promo Bukalapak! Caranya mudah, pilih promo Bukalapak yang ada di bawah header aplikasi. Maka akan ditampilkan seluruh promo Bukalapak yang sedang berlangsung berdasarkan kategori. Silahkan pilih barang sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah menemukan barang yang cocok, lakukan transaksi pembelian seperti biasa. Pengiriman, pembayaran hingga barang sampai di rumah.
Belanja hemat dengan Promo Bukalapak yang ada di Excite Shop
Nah, itulah cara Belanja hemat dengan Promo Bukalapak yang ada di Excite Shop. Cara ini bisa dilakukan berulang kali. Karena, saat melakukan transaksi di Excite Shop, kita akan mendapatkan point yang dapat ditukar dengan berbagai voucher. Seperti pulsa, token listrik, voucher Indomaret, Alfamart, Carrefour, Pertamina dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi selain bisa mendapatkan barang, belanja menggunakan promo Bukalapak di Excite Shop bisa dapat banyak untung! Yuk, belanja di Bukalapak-nya pakai Excite Shop, aja!

Salam bahagia dari Bondowoso.. ^-^
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

3 Komentar untuk Tulisan
"Saat Berbelanja Saringan Air di Bukalapak Menjadi Kesan Pertama yang Manis"

  1. Saya juga sudah sering belanja di bukalapak, saya pilih bukalapak karena lebih friendly dibanding yang lain

    BalasHapus
  2. Saya punjuga sudah mencobanya kak..
    banyak untungnya..

    BalasHapus
  3. Wahh saya juga mau coba dahh
    makasih sharenya..

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.