Sebelum Membawa Anak Anda Pada Dokter Alergi Anak, Kenali Tes Alergi Berikut

Memiliki anak yang sehat merupakan dambaan setiap orang tua. Tetapi tak jarang dengan berbagai situasi dan kondisi anak sering kali terserang penyakit, salah satunya adalah alergi. Sebelum Anda memastikan bahwa anak Anda mengalami alergi dan membawanya ke dokter alergi anak Anda harus mengetahui beberapa macam tes alergi, sehingga dapat dipastikan bahwa anak Anda memang mengalami alergi. Berikut ini merupakan beberapa macam tes alergi yang seringkali dijumpai untuk mengetahui dan mengidentifikasi apakah seseorang dapat dikatakan alergi atau tidak. Inilah ulasannya untuk Anda:

1. Kadar IgE dan IgE serum
Dengan memeriksa kadar IgE secara spesifik dan IgE serum maka akan dapat diketahui apakah anak Anda mengalami alergi atau tidak. Sebab biasanya untuk para penderita alergi kadar dari IgE jenis ini lebih banyak dan tidak normal seperti yang ada pada orang-orang normal yang tidak mengalami alergi.

2. Jumlah eosinophil
Seorang anak yang alergi atau tidak biasanya dapat dilihat dari sel darah putih yang ada dalam tubuhnya yang berfungsi sebagai pengendali pada alergi. Dengan memeriksa eosinophil maka dapat diketahui jumlah sel darah putih pada tubuh anak Anda.

3. Uji provokasi
Cara tes yang satu ini mungkin lebih mudah yakni hanya dengan menghindarkan anak dari beberapa makanan yang diduga menyebabkan alergi, dengan jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Uji tusuk
Lebih dikenal dengan skin prick test atau SPT yakni tes semacam ini dilakukan dengan meneteskan suatu ekstrak allergen pada glycerin pada permukaan kulit yang terkena alergi kemudian lapisan kulit paling atas ditusuk serta dicungkil menggunakan jarum khusus. Anak akan dikatakan positif mengalami alergi apabila terjadi indurasi yang lebih dari ukuran 2mm.

Dengan mengenali beberapa jenis tes tersebut, mungkin Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu untuk membawa anak Anda ke dokter alergi anak. Pencegahan pun dapat Anda lakukan, atau dengan beragam solusi jika memang anak Anda sudah terlanjur menderita alergi pada susu. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih produk atau merk susu dan kenali alergi anak anda. Pilihlah susu SGM yang sudah terjamin dari segi kualitas dan sudah banyak dipercaya oleh para ibu di Indonesia.
BAGIKAN TULISAN INI

4 Komentar untuk "Sebelum Membawa Anak Anda Pada Dokter Alergi Anak, Kenali Tes Alergi Berikut"

  1. Wah, ini yang aku baru tahu. :(

    BalasHapus
  2. Anakku alergi sama sirup obat batuk yang hitam. Untung udah diketahui sebelumnya. :(

    BalasHapus
  3. Wah, penting banget ya ini. Jadi kita nggak sampai salah langkah menangani anak

    BalasHapus
  4. baru tau dengan test alesrgi semacam ini, thanks info nya yaa

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.