Menghilangkan Jenuh Ala Bu Guru & Pak Guru

Selamat pagi.. Saatnya kita kembali beraktifitas setelah seharian kemaren uforia pemilu santer dimana-mana.
Lalu, adakah yang jenuh dengan pekerjaan hari ini?
Kalo ada apa yang Anda lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh itu?

Tulisan ini terinspirasi dari obrolan saya beberapa waktu lalu dengan Si Guru Kecil di Facebook,. Eh, ngobrol biasa aja lho ya.. Jangan ada yang salah faham.. Kalau gak percaya tanya aja sama dia. Hehehe

Siapa sih yang tak pernah merasa jenuh dengan pekerjaannya? Apalgi pekerjaan itu berawal dari tuntutan.
Siapa sih yang tak jenuh dengan ke-monotonan pekerjaannya? Pekerjaan yang setiap harinya hanya itu-itu saja.
Yang menjadi penyebab timbulnya rasa jenuh memang beragam, tapi yang paling dominan adalah karena pekerjaan itu merupakan tuntutan dan monoton, cuma itu-itu saja, maka otomatis rasa jenuh akan timbul. Dan saya rasa ini manusiawi, karena manusia identik dengan yang namanya bosan dan jenuh.
Lalu kemudian, apakah rasa jenuh itu akan menjadikan pekerjaan kita terbengkalai? Kemudian menjadikan kita tidak bekerja?
Jangan...!
Jangan sampai itu terjadi. Berpandai-pandailah untuk mengatasi dan menghilangkan rasa jenuh itu. Banyak cara untuk mengatasinya. Yang paling penting memang jangan sampai kita kalah dan kemudian hanyut bersama rasa itu, hingga akhirnya akan menyebabkan hal yang tak pernah kita inginkan, yaitu kehilangan pekerjaan.

Nah, berikut saya punya tips untuk Anda yang kebetulan berprofesi sama dengan kami, bergelut dengan dunia pendidikan. Semoga bermanfaat.. :)

1. Melihat dan mengajak Murid untuk Bercerita
Ini mungkin cara yang paling simpel, tinggal duduk manis kemudian dilanjutkan dengan melihat murid-murid yang sedang beraktifitas, mulai dari mengerjakan tugas, bercanda dengan temannya sampai saat mereka bermain bersama.
Atau yang lebih besar pengaruhnya adalah mengajak mereka untuk sekedar berbincang tentang kesehariannya, keluarganya, cita-citanya dan semuanya. Dan ini manjur (untuk saya), jenuh yang saya rasa akan hilang bersama kepolosan dan keceriaan mereka.

2. Pergi ke suatu tempat yang alami
Ya, saat kita sudah tejangkit penyakit jenuh, tak salah jika mencoba cara ini. Tak perlu tempat yang jauh untuk melakukannya. Pilihlah tempat yang benar-benar dirasa masih alami, tempat yang sepi. Berbagilah dengan alam., nikmati keindahannya.. Insyaallah kita akan merasa damai.. Jika dirasa perlu, ajaklah teman.. Jadikan dia tempat tumpahan rasa, rasa yang menimbulkan rasa jenuh..

3. Tonton hiburan yang berkualitas dan bermanfaat
Luangkan waktu sejenak, untuk bisa menonton hiburan. Tapi jangan asal hiburan. Pilihlah tontonan yang menghibur, namun jangan lupa untuk memilih yang berkualitas dan bermanfaat. Semisal acara Hitam Putih milik Deddy Corbuzier. Tontonan ini tentu menghibur dengan canda khas yang diberikan oleh host-nya. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kadang tanpa dirasa membuat kita lupa bahwa kita sedang jenuh. Pun dengan kualitas dan manfaat dari acara ini, banyak hikmah yang dapat kita ambil yang akan membuat kita termotivasi dan bangkit dari rasa jenuh.. Tak salah kemudian jika beberapa waktu lalu saat acara ini tidak tayang banyak yang merasa kecewa, karena memang acara ini selain menghibur juga memberikan banyak manfaat..

4. Istirahatlah...
Cara ini adalah cara yang paling mudah. Cara yang tak membutuhkan apa-apa.
Istirahatlah.. Rebahkan badan dan pejamkan mata.. Lupakan sejenak pekerjaan, nikmati mimpi dan bangunlah saat sudah benar-benar merasa santai.

Oke, selesai tips atau cara untuk menghilangkan jenuh versi kami (Bu Guru dan Pak Guru).. Hehehe
Tips ini telah kami uji coba dan alhamdulillah hasilnya luar biasa.
Intinya adalah, jangan sampai terpengaruh dengan rasa jenuh, karena kita akan terbunuh. (Maksa banget)

Semoga bermanfaat..
BAGIKAN TULISAN INI

25 Komentar untuk "Menghilangkan Jenuh Ala Bu Guru & Pak Guru"

  1. Weeleeh, foto modele. Hahahaha
    Kalau saya biasanya point ke empat atau blogwalking. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha
      Ini orang malah modelnya yang diperhatiin..
      Awas gag bisa tidur ya.. Keingat sama modelnya terus.. :D

      Terimakasih..

      Hapus
  2. Beuuuh fotonya kok hampir mirip kayak vokalis bandnya sapaaaa gitu yang nyanyi "Ai shiteru" :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Sudah banyak yang bilang begitu.. :)

      Hapus
  3. Saya suka cara yang kedua, hehehe....
    Fot modelnya joss mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo ada yang dsisuka mas.. :)
      Eh, mas apa ustadzya?? Hehehe

      Kok malah bayak yang perhatiin potonya ya? :)

      Hapus
  4. ngobrol sama inceran hati, sepertinya juga menghilangkan jenuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehmmmm...
      Boleh juga.
      Cumacara ini akan bermasalah untuk orang yang belum memiliki inceran.. :)
      H

      Hapus
  5. Saya suka pergi ke suatu tempat yang alami...itu saja,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip...
      Dan semoga itu bisa menghilangkan rasa jenuhnya.. :)

      Hapus
  6. kalau jenuh, saya cukup pulang dan bermain dengan anak saja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...
      Enak berarti kalau sudah punya keluarga..

      Salam ya mas sama keluarganya.. :)

      Hapus
  7. makasih yaa obrolannya jadi bahan postingan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Sama-sama..
      Dan selamat atas kemenanganmu dalam kontes itu.. :)

      Hapus
  8. Ketiga dan keempat paling sering dijadikan pelampiasan. luapan yang di kepala berangsur hilang, apalagi kalau nonton film, gregetnya jadi bikin lupa, mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Berarti kita sama..
      Eh, sama apanya ya? Hehehe

      Terimakasih mas Richo..

      Hapus
  9. yang terakhir itu ..istirahat biasa saya lakukan kala jenuh melanda.....,
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  10. Molor memang obat terbaik kalo lagi jenuh.. :p

    BalasHapus
  11. Kalo aq setres biasanya tidur gagaga

    BalasHapus
  12. mengunjungi tempat-tempat yang alami sering saya lakukan di kala jenuh :)

    BalasHapus
  13. wiih tips ala pak guru dan buk guru ne... bagus banget bang tips tuk seorang guru... dan murid pun tidak jenuh juga....

    baru bisa kunjung lagi ne bang... karena banyak kegiatan... heheh

    BalasHapus
  14. Allhamdulillah kalau para guru bisa mengatasi rasa jenuhnya ya

    BalasHapus
  15. Kalo gw biasa nya makan + nongkrong untuk menghilangkan jenuh "-)

    BalasHapus
  16. Salam kenal mas, keren artikelnya

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.