Do’a Pernikahan Untuk Kebaikan Pengantin Baru Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Memenuhi undangan resepsi penikahan adalah salah satu kewajiban setiap muslim. Ketika menghadiri resepsi pernikahan, umat muslim dianjurkan untuk membaca do’a pernikahan untuk kebaikan bagi pengantin.


Di bawah ini merupakan do’a pernikahan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk diamalkan ketika menghadiri acara resepsi pernikahan, diantaranya yaitu :

1. Do’a Pengantin Baru Dari Tamu Yang Hadir 

"Baarakallahu laka wabaraka ‘alaika wajma’a bainakumaa fii khoir”. 

Artinya : “Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah padamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan”.

2. Do’a Pengantin Pria Untuk Istrinya Ketika Bertemu Di Pelaminan 

Sementara bagi pengantin laki – laki ketika dipertemukan dengan istrinya di pelaminan hendaknya membaca do’a dibawah ini sembari memegangi ubun – ubun istri. Berikut bacaan do’anya :

“Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya. Allahumarzuqhum minni, warzuqni minhum. Allahummajma’ bainana ma jama’ta fi khair. Wa farriq bainana idza faraqta fi khair”.

Artinya : “Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku. Ya Allah berikanlah rezeki untuk keluargaku dari ku dan berikanlah rezeki untukku dari keluargaku. Ya Allah kumpulkanlah kami sebagaimana Engkau kumpulkan dalam kebaikan, juga jangan pisahkan kami kecuali dalam perpisahan yang baik”.

Baca Juga : Ingin Menikah Tapi Terkendala Biaya? Coba Baca Pengalaman Saya Ini!

Kewajiban memenuhi undangan resepsi pernikahan itu disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Idzaa du’iya ahadukum ilalwaliimati falyatiiha”. (HR. Bukhari)

Para ulama’ berpendapat bahwa jika walimah tersebut merupakan walimatul ‘ursy, maka hukum menghadirinya adalah wajib. Jadi tidak patut seseorang tidak menghadirinya tanpa udzur. Sementara, hukum memakan jamuan makan yang dihidangkan adalah sunnah atau tidak wajib.

Para ulama’ fikih sudah menjelaskan perkara – perkara yang menjadi uzdur syar’i yang membolehkan seorang muslim untuk tidak menghadiri waliimatul ‘ursy atau resepsi pernikahan. Diantaranya yaitu ketika dalam walimah tersebut ada perkara mungkar seperti minuman keras dan perbuatan fasik. Namun, jika diniatkan untuk menggembirakan hati saudara sesama muslim, maka kehadirannya akan mendatangkan pahala.

Memenuhi undangan pernikahan adalah hak setiap muslim sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang artinya : 

“Hak orang muslim atas lainnya ada enam perkara yakni, bila bertemu maka ucapkanlah salam kepadanya, bila diundang maka penuhilah, bila minta nasihat (kebaikan) maka berikan nasihat, bila dia bersin dan membaca hamdalah maka do’akanlah (yarhamukallah dan orang yang bersin membalas do’a yahdikallah), bila ia sakit maka jengukkah dan bila ia meninggal maka iringkanlah.” (HR. Muslim).

Pernikahan sendiri adalah fase peralihan kehidupan manusia dari masa remaja dan masa muda ke masa berkeluarga. Pernikahan merupakan ikatan lahir dan batin antara dua manusia yaitu laki – laki dan perempuan untuk memenuhi tujuan hidup berumah tangga sebagai pasangan suami istri dengan syarat dan rukun yang sudah ditentukan oleh syariat Islam.

Pernikahan adalah cara yang sudah dipilih Allah SWT sebagai jalan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan biologisnya secara sah agar tidak terjerumus ke lubang dosa dengan melakukan zina. Pernikahan juga adalah salah satu upaya untuk memperoleh keturunan dan ketentraman batin.
Allah SWT berfirman, yang artinya :

“Dan diantara tanda – tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri – istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda – tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Surat Ar Rum ayat 21).

Nah, itulah beberapa do’a untuk kebaikan pengantin baru sesuai ajaran Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat dan salam bahagia dari Probolinggo..

JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"Do’a Pernikahan Untuk Kebaikan Pengantin Baru Sesuai Ajaran Rasulullah SAW "

  1. Wah, terima kasih infonya, doa ini memang sangat penting untuk membawa pengantin baru ke kebaikan.

    BalasHapus