5 Manfaat Besi Siku Sebagai Bahan Dasar Peralatan Rumah

Seriring perkembangan teknologi, kini beberapa alat pendukung konstruksi semakin canggih dan beragam. Berbagai inovasi sudah muncul tidak hanya untuk mempercepat pembangunan, melainkan juga menghasilkan bangunan dan peralatan yang jauh lebih kokoh. Salah satunya adalah besi siku, material yang terbuat dari baja, besi dan logam yang memiliki bentuk sudut 90 derajat.

Sumber: smartlegal.id

Nah, apakah Anda pernah mendengar soal material satu ini? Material yang banyak digunakan untuk melengkapi kebutuhan peralatan di rumah ini, sudah tidak asing lagi bagi siapapun, termasuk juga bagi yang awam dalam hal kontruksi bangunan.

Lalu apa saja manfaat dari penggunaan besi siku ini? Yuk kita simak lebih lanjut apa saja manfaatnya.

Rak Besi

Rak Besi Siku. Sumber: overstock.com

Apakah Anda sering melihat rak besi di perkantoran atau mall, toko atau rumah? Nah, rak besi ini ternyata menggunakan bahan dasar besi siku, lho. Hal itu dikarenakan materialnya cukup kuat dan kokoh sehingga mampu menopang benda yang berat. Dengan peralatan ini, kita bisa menaruh begitu banyak barang di atasnya tanpa khawatir akan roboh. Di pasaran, harga besi siku lubang ini dibanderol dengan harga 100 ribuan.

Menara Tangki Air

Hampir semua hunian menggunakan tangki air untuk menyimpan air kebutuhan dalam rumah tangga. Sesuai manfaatnya, tangki air pasti memiliki bobot yang cukup berat dan harus ditopang dengan menara air yang memiliki kekuatan dengan kualitas bagus.

Menara Tangki Air Menggunakan Besi Siku. Sumber: jayastainless.co.id

Nah, besi siku juga dapat digunakan sebagai menara tangki air. Hal ini karena penggunaan bahan berbahan besi siku yang kuat mampu menahan bobot itu dengan stabil dan baik meski jauh dari jangkauan tanah.

Tangga

Tangga berbahan dasar besi siku. Sumber: aberdeengate.com

Tangga mempunyai sudut siku-siku di setiap anak tangganya. Sudut itu harus dirancang dengan kuat agar bisa menjadi akses yang nyaman bagi penghuni saat berpindah lantai. Dengan model tangga modern, besi sudut pun sangat bisa digunakan untuk menghasilkan bangunan yang kekuatannya sangat kokoh. Sehingga cukup untuk menopang berat badan saat turun naik tangga.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Model Sofa Best Seller untuk Menambah Kesan Minimalis Rumah Anda!

Sebagai Pagar Hunian

Tidak hanya besi cor atau besi tempa, besi sudut juga kerap dimanfaatkan untuk material pembuatan pagar. Dengan harganya yang terjangkau, kita dapat membuat pagar rumah dengan sangat baik. Desain yang dihasilkan juga cukup pas untuk digunakan pada konstruksi berkonsep eropa atau minimalis.

Pagar rumah juga bisa menggunakan besi siku. Sumber: tukang.co

Selain itu, kita juga dapat menyesuaikan pemilihan jenis besi siku berlubang atau polos sesuai dengan kesukaan kita masing-masing.

Rak Gantung

Tidak hanya rak besi, material ini juga dapat Anda manfaatkan untuk pemasangan rak gantung. Rak gantung pastinya membutuhkan pondasi yang kokoh agar bebannya tidak bertopang pada dinding sepenuhnya.

Rak gantung dekorasi rumah menggunakan besi siku. Sumber: mirando.com

Sebagai contoh, Anda dapat menopang kayu solid ditambah dengan besi siku sebagai tempat untuk menghias dinding serta aneka dekorasi rumah Anda. 

Nah, bagaimana? Tertarik untuk membuat salah satu dari kelima peralata yang berbahan dasar besi siku di atas? Yuk, dicoba!

Semoga bermanfaat dan salam bahagia.

JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
" 5 Manfaat Besi Siku Sebagai Bahan Dasar Peralatan Rumah "

Posting Komentar