5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Risiko GERD

Gastroesophageal Reflux Disease atau yang biasa disebut GERD merupakan kondisi naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Seseorang dapat dikatakan memiliki penyakit GERD ketika kejadian asam lambung naik minimal sekali dalam seminggu.


Biasanya, hal ini disebabkan karena pola hidup yang tidak baik serta kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan tidak sehat. 

Mengapa asam lambung bisa naik? Hal ini karena terganggunya otot kerongkongan (sfingter esofagus) disebabkan makanan atau kebiasaan tertentu. Sfingter esofagus memiliki katup yang apabila terbuka atau rusak dapat mengakibatkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Peristiwa inilah yang disebut GERD.
 
Banyak cara mengontrol GERD, salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. 

Nah, pada tulisan ini akan dibahas mengenai menu sarapan yang bisa bantu turunkan risiko GERD. Yuk simak selengkapnya!

Oatmeal

Jika Anda termasuk penderita GERD, cobalah sarapan menggunakan oatmeal. Tingginya kandungan serat pada oatmeal cocok dikonsumsi oleh penderita GERD ketika sarapan.


Oatmeal juga memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dibanding nasi putih, sehingga cocok bagi Anda yang ingin diet tanpa merana.

Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada oatmeal juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Selain sehat dan memiliki banyak manfaat, oatmeal juga memiliki rasa yang enak, lho!

Susu Almond

Apakah Anda masih sarapan menggunakan susu sapi? Jika iya, segeralah menggantinya dengan susu almond. Sebab, susu sapi memiliki kandungan lemak tinggi yang akan memicu terjadinya GERD. Sedangkan susu almond bersifat alkali (basa) sehingga bisa menetralkan asam lambung.

Tidak adanya kandungan laktosa pada susu almond membuatnya cocok untuk dikonsumsi seseorang yang mengalami intoleransi laktosa. Selain itu, rasa susu almond yang enak ini juga pasti membuat Anda ketagihan. Selamat mencoba!

Bayam

Si sayuran hijau kesukaan Popaye ini ternyata sangat baik untuk menemani menu sarapan Anda. Kandungan alkali pada bayam cukup tinggi sehingga bisa menetralkan asam lambung dan mencegah terjadinya GERD ketika Anda sedang sarapan. Selain itu, kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat diperlukan oleh tubuh.


Kentang Rebus

Kentang merupakan salah satu makanan golongan karbohidrat yang mengenyangkan. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, pastikan tidak menyajikannya dengan cara digoreng, ya. Kandungan lemak pada kentang goreng justru akan memicu terjadinya GERD. Untuk menambah rasa, Anda juga boleh menjadikannya mashed potato, namun pastikan menggunakan susu low fat, ya!

Dada Ayam

Tidak semua bagian ayam memiliki kandungan nutrisi yang sama. Bagian dada ayam cocok untuk penderita GERD karena memiliki kandungan lemak yang sedikit dibanding paha ayam. Sajikanlah dengan cara dipanggang, selain aman untuk GERD juga pasti akan menambah selera makan Anda.

Jika diperhatikan kembali, kelima makanan di atas merupakan makanan enak, sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita GERD. Jadi, salah besar jika ada yang mengatakan bahwa penyakit GERD akan membuat penderitanya tidak bisa mengkonsumsi makanan yang enak. 

Sayangnya, tidak semua makanan enak dan sehat boleh dikonsumsi penderita GERD. Ada juga kondisi dimana seseorang jauh dari sumber makanan yang aman untuk GERD. Misalnya seseorang yang sedang pelatihan, seminar, atau sedang di acara pesta. Oleh sebab itu, selalu membawa persediaan obat merupakan antisipasi yang tepat. Promag merupakan penetral asam lambung yang tepat buat Anda. Selain harganya terjangkau, obat antasida yang satu ini juga mudah Anda dapatkan di toko terdekat.

Nah, itulah 5 menu sarapan yang bisa bantu turunkan risiko GERD. Semoga kita terus dan selalu sehat, ya. Amin..

Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

6 Komentar untuk Tulisan
"5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Risiko GERD"

  1. Wah terima kasih saran-sarannya.. Saya pernah mengalami hal ini. Mungkin asam lambungnya kumat. Kerongkongan terasa pahit dan beberapa rasa lainnya.. Bagian ulu hati sakit. Bernafas saja susah, apalagi bergerak.. Untung tidak terlalu lama serangannya..

    BTW, ini Template premium ya? Keren.. Sudah lama saya tertarik versi redesign ini.. SeANJAYnya bisa dianu... Mau saya, hehehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu mungkin karena faktor usia kale ya, atau mungkin karena faktor membujang terlalu lama?

      Hapus
    2. Semoga di Real gak bujang ya, hahahahaaa

      Hapus
  2. Saya baru tahu itu yang namanya penyakit GERD.
    Soal obat, saya sedia merk diatas
    Dilaci meja komputer selalu sedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener.. Kalau tiba-tiba kumat, obat sudah berada di sekitar, hehehe

      Hapus
  3. Ini bermanfaat untuk saya yang punya sakit asam lambung. Terima kasih

    BalasHapus