Cara Membuat Kue Bolu Pandan untuk Camilan Saat Sedang #DiRumahAja

Bekerja atau belajar di rumah, memiliki nuansa tersendiri yang kadang menuntut kita menjadi lebih kreatif lagi. Seperti saat sedang asyik bekerja atau belajar, eh, tiba-tiba perut terasa lapar. Keadaan ini pasti akan membuat kita lebih kreatif dalam menyiapkan camilan agar aktivitas di rumah tetap lancar plus menyenangkan.


Ada banyak sekali jenis camilan yang bisa kita buat sendiri sebagai teman bekerja atau belajar di rumah. Bolu pandan salah satunya. Bolu pandan merupakan salah satu kue yang sangat pas dijadikan camilan saat beraktivitas di rumah, apalagi sedang bersama keluarga.

Selain rasanya yang manis dan tekstur kue yang lembut, cara membuatnya juga mudah sekali. Bahan yang digunakan juga sederhana dan mudah ditemui di pasaran dengan harga yang terjangkau. Sepertinya akan pas, beraktivitas di rumah sambil membuat kue bolu pandan, nyemil, kenyang dan hemat!

Nah, siapa yang tertarik untuk mencobanya? Silahkan simak artikel resep bolu pandan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan untuk Membuat Kue Bolu Pandan

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum membuat kue bolu pandan. Bahan-bahan ini sederhana dan mudah sekali ditemui di pasaran. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut.
  1. 250 gram tepung terigu
  2. 250 gram gula pasir
  3. 100 ml santan kelapa
  4. 1/4 sendok teh garam
  5. 1/4 sendok vanili bubuk
  6. 5 butir telur
  7. 25 gram maizena
  8. 1/4 sendok teh baking powder
  9. 100 gram margarin yang sudah di lelehkan
  10. 1/2 sendok teh pasta pandan
Selain bahannya yang sederhana dan mudah ditemui, cara membuatnya juga sangat mudah. Berikut carangya:
  1. Pertama, siapkan peralatan penting yang pastinya di butuhkan saat membuat bolu pandan. Bahan pertama yang dibutuhkan adalah tepung terigu. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah penimbang ukur dengan 250 gram.
  2. Selanjutnya, masukkan margarin 100 gram ke dalam wadah untuk kemudian di lelehkan di atas wajan dengan menggunakan api kecil. Jika margarin sudah mencair, angkat wajan dan sisihkan terlebih dahulu agar margarinnya tidak terlalu panas.
  3. Langkah ketiga, kocok 5 butir telur yang sudah disiapkan secara bersama dengan 250 gram gula pasir, 100 ml santan kelapa, 1/4 garam, 1/4 vanili bubuk, 25 gram maizena, 1/4 baking powder dan 1/2 sendok teh pasta pandan. Campurkan semua bahan tersebut di sebuah baskom, lalu aduk sampai semua merata dan mengembang, selama kurang lebih 10 menit.
  4. Jika adonan dirasa sudah mengembang, tambahkan margarin yang sudah di lelehkan tadi sedikit demi sedikit sambil di aduk agar semua tercampur merata.
  5. Langkah selanjutnya adalah menuang adonan ke loyang. Sebelum memasukan adonan ke dalam loyang, pastikan loyang tersebut sudah di beri margarin yang di oleskan di bagian sisi loyang dan taburi tepung terigu di sisinya agar ketika kue ini matang dan diangkat tidak menempel pada loyang. Jangan lupa untuk meratakan bagian atasnya agar hasilnya maksimal.
  6. Selanjutnya, panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu di bawah 190 derajat celcius. Jika sudah hangat, masukan dan panggang kue dalam oven. Tunggu kurang lebih 25 sampai 30 menit agar matangnya merata.
  7. Terakhir, jika adonan sudah mengembang dan sudah matang, keluarkan dari oven lalu sajikan dalam piring dan tunggu kue sampai dingin terlebih dahulu.
  8. Jika sudah dingin, kue bolu pandan sudah siap dihidangkan untuk teman beraktivitas di rumah atau bersantai bersama keluarga.

Nah, itulah beberapa bahan dan proses pembuatan kue bolu pandan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Jadi, kita bisa beraktivitas di rumah dengan nyaman, ditemani kue bolu yang nikmat.

Selamat beraktivitas dari rumah dan berkreasi dengan bolu pandan, ya. Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Cara Membuat Kue Bolu Pandan untuk Camilan Saat Sedang #DiRumahAja"

  1. Saya suka ngemil-ngemil bolu kayak gini. Apalagi sama kopi panas, mantape poll.... Makasih resepnya, kapan-kapan bisa nyobain

    BalasHapus
  2. Empukkkk banget kayaknya nih mas, terro kiya aghebeye hehhehe

    BalasHapus