Ini Dia Beberapa Makanan Olahan Kacang, Anda Pilih Mana?

Kacang adalah makanan atau camilan yang mudah ditemui di mana saja. Biasanya, kacang dicampur dalam sebuah makanan atau dimakan begitu saja. 


Ada banyak jenis kacang-kacangan di dunia, namun tidak semuanya adalah kacang asli, ada juga biji-bijian yang juga disebut kacang, seperti kacang almond salah satunya. Almond berasal dari buah dan pohon almond, di dalam buahnya terdapat biji almond yang biasa kita konsumsi. Selain almond, ada banyak jenis kacang lainnya yang dapat kita temukan dengan mudah, seperti kenari, kacang mete, hazelnut dan lain-lain. 

Di Indonesia, kacang memang banyak penggemarnya. Hal ini karena jenis kacang di Indonesia memiliki ciri khas sendiri, seperti kacang mete dan juga kacang Bali. Kedua kacang ini bahkan sudah dikomersilkan sampai ke luar negeri. Apakah jenis kacang tersebut termasuk kacang favorit Anda?

Berbagai Macam Olahan Kacang

Ada beragam olahan kacang, mulai dari makanan, kue, bahkan sampai ke topping untuk makanan atau dessert. Zaman yang sudah berubah dan berkembang ini juga membuat orang pada akhirnya menjadi lebih kreatif lagi dalam membuat makanan. Seperti misalnya, coklat yang dicampur dengan kacang, atau es krim yang dicampur dengan kacang. 
Indonesia juga memiliki berbagai macam olahan kacang yang khas dan unik. Cocok untuk menjadi camilan Anda setiap hari. Rasanya juga beragam, dari yang manis, asin hingga gurih, semuanya lengkap. Kira-kira yang mana favorit Anda?

Geti Wijen Kacang

Olahan kacang khas Indonesia yang pertama bernama Geti Wijen Kacang. Camilan satu ini berasal dari Pulau Jawa, tepatnya di Trenggalek, Tulungagung dan juga sekitarnya. Camilan ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat sana karena camilan ini biasanya menjadi camilan untuk di rumah mereka atau bisa dijual untuk oleh-oleh bagi para wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. 

Geti wijen terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang kemudian dicincang kasar lalu ditambahkan biji wijen dan juga kacang merah. Setelah itu, campuran kacang ini dibentuk menjadi persegi panjang.

Tekstur yang dimiliki oleh geti wijen ini renyah dan juga legit. Untuk rasanya, manis dan juga gurih. Cocok sekali memang untuk camilan sambil minum kopi.

Halua Kacang 

Yang selanjutnya adalah halua kacang. Camilan ini berasal dari Pulau Morotai. Kacang satu ini memiliki tempat tersendiri bagi kalangan masyarakat Pulau Morotai karena selalu hadir dalam acara-acara adat, acara besar lainnya, pernikahan dan juga acara tahlilan. 

Camilan ini terbuat dari kacang kenari cincang yang dicampur dengan gula merah dan diberi parutan singkong. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik. Manis, asin, gurih, serta bertekstur renyah yang akan bercampur di dalam mulut saat dikunyah. 

Jika nanti setelah pandemi, dan Anda sedang berkunjung ke Morotai, maka jangan lupa untuk membeli olahan kacang yang satu ini, ya! 
Namun kaarena sedang #DiRumahAja, untuk mendapatkan kacang kenari terbaik, Anda juga bisa langsung belanja di Nutify Indonesia. Salah satu produk unggulannya adalah Nutify hi5 Mix Premium Mixed Nuts. Di dalamnya terdapat campuran kacang-kacangan termasuk juga kacang kenari. Produk ini dibuat dari bahan-bahan yang asli dan segar, tanpa ada campuran kimia dan juga MSG. 

Selain itu, Anda juga bisa beli kacang almond di Nutify Indonesia. Tersedia berbagai macam varian rasa yang unik dan lezat. Sekali mencoba, dijamin langsung ketagihan! Ditambah, camilan ini juga camilan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Nikmati juga Flash Sale hingga 50% selama bulan Mei 2020 ini hanya di Nutify Indonesia.

Enting Jahe Kacang

Olahan kacang satu ini juga tidak kalah enak untuk dinikmati sebagai camilan. Biasanya, masyarakat yang berasal dari Jawa sudah familiar dengan camilan kacang ini. Rasanya unik, karena enting jahe memiliki cita rasa manis, gurih dan juga pedas yang berasal dari rempah khas Indonesia yaitu jahe.

Tidak hanya jahe saja, camilan ini juga terbuat dari kacang tanah dan campuran gula merah. Dengan demikian, saat memakan enting jahe ini akan ada sensasi hangat di tenggorokan dan juga bisa menghangatkan badan. 

Ampyang Kacang

Yang selanjutnya adalah ampyang kacang. Gula kacang atau yang biasa disebut ampyang ini juga sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Biasanya, camilan dengan rasa yang manis ini diburu oleh para wisatawan yang sedang berkunjung.

Membuat kacang ini juga cukup mudah, hanya dengan mencampurkan kacang tanah utuh yang disangrai menggunakan gula merah yang sudah dicairkan. Kemudian letakkan di atas loyang dan membiarkannya sampai dingin. Renyah dan manisnya memang sangat disukai banyak orang. Tidak heran jika olahan kacang satu ini laku di pasaran.

Rempeyek Kacang

Ada yang belum tahu olahan kacang satu ini? Saya rasa semua pasti sudah familiar, ya! Namanya adalah rempeyek kacang. Di mana saja Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Biasanya, olahan kacang ini disajikan sebagai pengganti kerupuk untuk makan nasi. 
Tidak hanya untuk pendamping nasi aja, olahan kacang ini juga bisa dijadikan camilan untuk bersantai, kok

Cara membuatnya mudah dan Anda bisa lakukan di rumah. Caranya, campurkan tepung beras dengan air dan tepung sagu atau kanji, kemudian telur dan juga santan kental. Bila sudah tercampur adonannya, tambahkan lagi dengan kacang dan irisan halus daun jeruk lalu goreng tipis-tipis. Jenis kacang yang digunakan dalam rempeyek kacang ini bisa berupa kacang tanah, kacang hijau, atau kacang kedelai. Rasanya sangat gurih dan bertekstur renyah, sehingga Anda tidak mau berhenti memakannya. 

Lalu, dari beberapa jenis olahan kacang Indonesia di atas, oalahan mana yang menjadi favorit Anda? 

Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Ini Dia Beberapa Makanan Olahan Kacang, Anda Pilih Mana?"

  1. Saya paling suka olahan entong jahe dan rempeyek kacang kak...

    BalasHapus
  2. Mak masse nyaman halua kacangnya masmas, tp rempeyek jhet juaraaaaa wkkwkwkw

    BalasHapus