6 Tips Beli HP Online Saat Sedang #DiRumahAja

Tagar #DiRumahAja, #StayAtHome dan beberapa lainnya, saat ini sedang trending sejak pemerintah mengeluarkan aturan agar kita menerapkan social distancing akibat mewabahnya Covid19.

Hampir semua kegiatan, saat ini harus dilakukan di rumah, mulai dari belajar, bekerja, beribadah hingga berbelanja untuk semua kebutuhan sehari-hari, termasuk juga beli handphone.


Meski bukan sebuah keharusan, namun membeli HP secara online saat sedang berlakunya social distancng ini sepertinya memang menjadi hal yang layak untuk dicoba. Dengan cara ini, paling tidak kita sudah ikut andil dalam memotong penyebaran Covid19.

Namun, karena HP tergolong barang yang tidak murah, dalam prosesnya kita harus bisa melakukannya dengan baik. HP yang akan kita beli, tidak dapat kita lihat langsung secara real, maka kita harus berhati-hati dan waspada, agar sesuai dengan apa yang diinginkan.
Baca Juga : 4 Rekomendasi Drone Terbaik untuk Keperluan Fotografi
Nah, bagi Anda yang saat ini sedang #StayAtHome tapi ingin membeli HP, coba deh baca beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan Tipe, Spesifikasi dan Harganya

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu dan memastikan tipe HP apa yang akan dibeli, apa saja spesifikasinya dan berapa harganya.


Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari bertanya kepada saudara atau teman, mencari tahu dari situs-situs teknologi, atau dengan menonton video review di Youtube.

Agar lebih mudah, Anda bisa mencari informasi ini dengan kata kunci khusus. Misalnya Anda ingin membeli HP dengan rentan harga 2 juta ke atas, maka Anda tinggal mencari “HP 2 jutaan”. Atau jika Anda menginginkan HP yang memiliki fitur lebih unggul pada kamera, masukkan saja kata kunci "HP kamera terbaik".

Cari tahu informasi tersebut sebanyak-banyaknya. Bandingkan harga dari toko satu ke toko yang lain. Dengan mengetahui tipe, spesifikasi dan harganya, paling tidak Anda sudah mempunyai pandangan dasar tentang HP yang akan dibeli.

2. Beli di Toko Online Terpercaya

Saat Anda sedang mencari informasi soal tipe, spesifikasi dan harga HP yang akan dibeli, pasti Anda telah menemukan banyak sekali toko dengan harga yang bervariasi.


Apakah Anda menemukan toko yang menawarkan dengan harga yang jauh selisihnya dengan toko yang lain? Jika iya, berhati-hatilah dengan toko seperti ini. Karena bisa saja, ini merupakan sindikat penipuan.

Pastikan Anda hanya membeli HP di toko online terpercaya yang sudah terbukti kredibilitasnya. Tokonya memiliki banyak testimoni atau review bagus dari para pembelinya dengan rata-rata bintang 4 sampai 5.

Jangan tergiur dengan toko yang menwarkan harga HP murah, apalagi toko tersebut tidak memiliki ulasan review yang baik

3. HP yang Dibeli Harus Bergaransi Resmi

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli HP yang diinginkan, pastikan bahwa HP tersbut telah memiliki garansi resmi, baik garansi merk dagang atau garansi dari toko yang menjual. Masing-masing garansi ini berbeda. Biasanya, garansi merk dagang berlaku 1 sampai 2 tahun sejak pembelian sementara garansi toko berlaku 6 bulan sampai 1 tahun.
Baca Juga : Ini Dia 4 Headset Samsung Level Series yang Stylish
Pastikan bahwa salah satu atau jika memungkinkan dua-duanya ada pada spesifikasi handphone yang akan Anda beli. Yang paling penting sih sebenarnya agransi resmi dari merk dagangnya, ya!

Sekali lagi, jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang sangat murah, jauh selisihnya dengan harga toko lainnya. Karena bisa saja Anda akan mendapatkan barang palsu atau malah dari black market yang tidak resmi alias illegal.

4. Ketahui Bagaimana Metode Pembayarannya

Selanjutnya, Anda harus mengetahui bagaimana metode pembayaran handphone yang telah dibeli tersebut. Saat ini, metode pembayaran pembelian online sudah beragam. Mulai dari kredit atau cicilan, transfer bank, bayar ke gerai terdaftar, menggunakan dompet digital atau menggunakan sistem bayar di tempat atau yang lebih dikenal dengan cash on delivery (COD).


Nah, dari beberapa metode pembayaran tersebut, pilihlah mana yang paling sesuai dengan Anda. Oh iya, untuk metode pembayaran menggunakan COD atau bayar di gerai, biasanya akan ada biaya tambahan yang dikenal dengan biaya penanganan.

5. Ketahui dan Pilih Kurir Pengiriman yang Cepat Sampai

Selain sistem pembayaran, Anda juga harus mengetahui dan memilih kurir pengiriman HP yang telah dibeli.


Pada toko online terpercaya, akan ada banyak kurir pengiriman. Anda dapat memilih kurir yang mudah dihubungi dan barang bisa cepat sampai. Saat ini, juga telah tersedia kurir yang bisa sampai pada hari yang sama. Jasa ini biasanya disediakan oleh aplikasi ojek online.

Selain itu, masing-masing kurir juga memiliki tarif yang berbeda-beda. Ada yang lebih mahal, tapi barang cepat sampai, ada juga yang tarif murah namun barang akan cukup lama sampai. Silahkan Anda dapat menyesuaikan sendiri terkait kurir pengiriman ini.

6. Pastikan Mendukung Fitur Pengembalian Produk

Tips terakhir yang harus Anda lakukan saat membeli HP online adalah memilih produk yang memiliki fitur pengembalian atau refund.


Cara ini merupakan antisipasi jika nantinya Anda mendapatkan barang yang cacat atau tidak sesuai dengan pesanan. Jika HP yang Anda beli mendukung fitur pengembalian produk, tentu nantinya tidak akan kesulitan jika harus dikembalikan.

Nah, itulah 6 tips beli HP online saat sedang #DiRumahAja. Ingat, HP bukan barang murah, jadi pastikan Anda telah melakukan semua prosesnya dengan baik. Jangan sampai handphone yang Anda terima tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Oh iya, sekali lagi, tetap #StayAtHome, ya! Selamat membeli HP online dari rumah. Semoga bermanfaat dan salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"6 Tips Beli HP Online Saat Sedang #DiRumahAja"

  1. Wah saya belum pernah nyobain beli hape online Mas, lebih nyaman beli langsung, bebas ngutak ngatik. Tapi kondisi lagi kayak gini, belanja online bisa jadi alternative daripada harus keluar rumah...

    BalasHapus
  2. Keingetan aku pernah punya pengalaman beli hp via online di salah satu situs belanja online ...
    Tadinya aku cemas banget nunggu kiriman barang ngganya, juga nebak2 sendiri kira2 fotirnya sesuai deskripsi ngga ..
    Setelah barang datang, aku cek .. komplit dan betjalan dengan baik, aku langsung lega 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempat was-was ya mas Himawan,... takut ketipu gitu!

      Hapus
  3. Toko online terpercaya mendjai keharusan yang harus di laksanakan, jangan sampai salah beli, mbok nanti barang tidak sesuai dengan permintaan kita. bisa-bisa kita kecewa berat

    BalasHapus
  4. Inilah salah satu sisi positif dari kemajuan teknologi. Semua serba mudah. Tinggal pencat-pencet dari rumah, barang datang..

    BalasHapus