Membuat Header Blog Menarik dengan Mudah dan Murah

Header blog adalah hal paling pertama yang akan dilihat pengunjung ketika datang ke blog kita. Sehingga, penting untuk menggunakan logo dan juga gambar yang bisa meyakinkan pengunjung bahwa blog kita sangat menarik. Header sendiri biasanya memiliki gambar, teks, foto, atau sebuah slogan yang berisi informasi mengenai blog.

Header bisa mengambil 1/3 bagian dari bagian atas blog atau website. Atau bisa juga lebih kecil, namun disimpan di bagian pojok kanan atau kiri atas halaman. Memang sulit untuk menentukan apakah sebuah header baik atau tidak, kecuali soal kecantikan dan kemenarikannya. Walau begitu, tetap saja ada prinsip yang harus diikuti ketika akan memasang header.


Jika kita bukan seorang desainer andal, kita pasti ingin menyewa seorang desainer untuk membuat desain header kita. Tapi, itu semua membutuhkan materi yang tidak sedikit. Sementara ada cara lain yang lebih mudah dan tentunya murah–menggunakan aplikasi editing gambar online, Canva salah satunya.

Di sini, kita bisa memilih beragam desain dan template yang ada. Setelah itu, kita bisa atur sedemikian rupa template dan desain tersebut, sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan blog yang kita punya.
Baca Juga : Sumpah, Membuat Blog itu Mudah, tetapi Mengurusnya Sangat Susah
Sebelum membuat desain header blog, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Prinsip dasarnya adalah sebagai berikut:

Buat dengan Sederhana

Desain yang terlalu banyak dan penuh adalah sebuah kesalahan yang biasa dilakukan oleh desainer pemula. Desain yang sederhana tidak akan salah. Jadi, jangan terlalu banyak menggunakan elemen untuk desain. Cukup buat sederhana, logo, blog, dan juga slogan. Jika ingin bermain dengan elemen, bermainlah dengan warna, font, dan juga pilihan ukuran elemen.

Untuk membuatnya, gunakan opsi "Custom Dimension" Canva ke 1000 x 300. Setelah itu, kita bisa klik icon banner dan tuliskan tagline atau slogan dan nama blog kita di tengah banner. Kita bisa teks yang kita tulis dengan menekan tombol "Text". Sesuaikan elemen-elemen lain seperti warna, font, dan ukuran sesuai dengan selera. Ingat, "less is more". Jadi buat desain sesederhana mungkin.

Mudah Dikenal

Logo bukan hanya digunakan dan diperlukan oleh para perusahaan besar saja, tapi kita juga bisa menggunakannya; walaupun hanya untuk blog pribadi. Buatlah logo yang berbeda, unik dan juga mudah diingat para pembaca. Sehingga ketika pembaca melihat logo yang digunakan, mereka langsung mengingat kita. Setelah membuatnya, kita bisa memasukkan logo tersebut di header yang kita buat.

Untuk memasang logo, kita bisa membuat logo di Canva. Setelah selesai mendesain logo, kita bisa langsung membuat desain dengan menggunakan template header yang diinginkan. Lalu, kita tinggal menempelkan logo tersebut ke template header yang sedang kita buat.

Gambar-Gambar Menarik

Tidak hanya dengan logo dan juga slogan, kita juga bisa menggunakan gambar-gambar atau foto yang menarik untuk header. Kita bisa memasang kolase gambar yang terbaik dari postingan kita.

Misalnya, blog yang kita tulis berisikan resep masakan, maka gunakan kolase foto makanan yang pernah kita buat. Atau, jika blog kita tentang traveling, maka gunakan foto-foto destinasi yang pernah kita bahas di tulisan blog.
Baca Juga : Tiga Langkah Membuat Video Profil Blog dengan Microsoft PowerPoint
Hampir sama dengan memasukkan logo ke template header, kita bisa langsung menempelkan foto yang kita pilih ke template header. Selanjutnya, kita tinggal menyesuaikan ukuran dan juga memasukan frame yang cocok untuk setiap fotonya. Dengan begitu, header akan lebih cantik dan menarik.

***

Itulah beberapa tips untuk membuat header blog yang menarik tapi tetap mudah dan murah. Semoga tips tersebut bisa membuat header blog kita semakin menarik pembaca dari mana pun juga.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"Membuat Header Blog Menarik dengan Mudah dan Murah"

  1. Makasih tips nya mas.. aku termasuk yang ga ngrerti desain..jadi kmrn bikin headernya paka canva

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat sekali informasinya, ijin share ya mas :)

    BalasHapus
  3. Tulisannya menarik dan perlu buat newbie seperti saya.thx Mas

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.