Kerja Sambil Lalu Traveling, Memang Bisa? Bisa Dong!

Kerja sambil lalu traveling, memang bisa? Bisa dong! Saya sudah beberapa kali melakukannya.


Sambil menyelam minum air adalah ungkapan yang tepat bagi saya saat beberapa kali menerima tugas dari sekolah untuk mengikuti sebuah acara di dalam atau luar kota. Dapat ilmu baru, teman baru dan yang paling menyenangkan adalah bisa solo traveling plus wisata kuliner.

Tugas utama memang untuk mengikuti sebuah acara, namun saat waktu istirahat atau saat acara sudah selesai sambil lalu traveling, boleh lah ya? Hehehe. Toh, tujuan “menyelam” tetap menjadi prioritas dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, berbicara soal tugas di luar sekolah ini, bagi saya selalu menarik. Akan banyak hal baru yang bisa saya dapatkan. Yang paling menarik sih sebenarnya saat istirahat atau setelah acara selesai, yes! Akan ada cukup banyak waktu yang bisa saya gunakan untuk solo traveling plus menikmati bermacam-macam kuliner khas tempat dimana saya melaksanakan tugas.


Hal ini biasa saya lakukan karena memang saya jarang sekali bisa mendapatkan waktu untuk traveling. Maklum lah, kejar setoran, jadi harus semangat kerja, hehe. Jadi saat ada kesempatan mendapatkan tugas bekerja di luar, semangatnya bukan main, semangat bekerja sambil lalu traveling.

Dari beberapa pengalaman bekerja sambil lalu traveling ini, ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan, tips agar bekerja sambil lalu traveling bisa berjalan lancar dan menyenangkan.

Buat Jadwal yang Rapi Sejak Awal

Saat pertama kali tahu bahwa saya mendapat tugas kerja di luar, saya akan segera mencari tahu jadwal kegiatannya seperti apa. Ada beberapa hal yang harus disesuaikan, agar kerja sambil traveling bisa berjalan sesuai rencana.

Selain itu, bekerja di luar kantor pastinya harus ada sesuatu yang bisa saya bawa pulang dan membagikannya kepada tim untuk selanjutnya bisa menyelesaikan tugas dengan lancar, benar dan tepat waktu.

Nah, agar tidak terjadi sesuatu yang akhirnya bisa menjadi masalah, saya biasa menyusun jadwal yang rapi sejak awal. Saya sesuaikan jadwal dari panitia dengan rencana untuk traveling. Selanjutnya, saya akan menginformasikan jadwal tersebut kepada teman-teman yang lain yang sedang di kantor. Hal ini saya lakukan agar semuanya bisa mencocokaan jadwal dan kegiatan bisa berjalan lancar.

Perhatikan Ketepatan Waktu dan Deadline

Tidak jarang, saat mengikuti kegiatan di luar kantor ada tugas yang harus dikerjakan saat istrahat kemudian dikumpulkan saat sudah mengikuti kegiatan berikutnya atau sesuai deadline yang diberikan oleh panitia/narasumber.
Pelatihan pengelolaan laporan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
Karena bekerjanya di luar, pasti akan ada sesuatu yang terjadi di luar jadwal dan rencana. Seperti masalah sambungan internet atau listrik dan beberapa masalah lainnya.

Untuk menghindari beberapa masalah ini, saya selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas tersebut sebelum tenggang waktu yang diberikan, agar misi utama bisa tercapai, sambil menyelam minum air, kerja sambil traveling.

Intinya, jangan sampai karena traveling tugas utama terbengkalai. Saya juga selalu ingat bahwa ini adalah bekerja sambil traveling, bukan traveling sambil kerja, hehe.

Jaga Kondisi Fisik Agar Tetap Selalu Sehat

Namanya juga bekerja sambil traveling, perjalanan yang jauh, mengikuti acara, menyelesaikan tugas, jalan-jalan atau mencicipi aneka kuliner pasti sangat melelahkan.

Untuk bisa menyelesaikan semua rencana, saya selalu berusaha untuk menjaga kesehatan. Saat traveling misalnya, saya tidak terlalu banyak mengeksplor daerah tempat saya bertugas.

Namun biasanya, saya akan fokus traveling saat acara dan tugas telah benar-benar selesai. Tidak jarang, saya mengikuti kegiatan, yang ternyata bisa selesai lebih awal. Jadi masih ada banyak waktu untuk traveling. Pekerjaan selesai, traveling juga nyaman dan menyenangkan.

Booking Hotel Mudah di Pegi-Pegi

Beberapa kali mengikuti kegiatan di luar sekolah, saya menemukan banyak jadwal yang tidak sesuai, termasuk juga acara yang saya ikuti selesai lebih awal. Biasanya, saat dihadapkan pada keadaan ini, saya sangat senang. Akan ada lebih banyak waktu yang bisa saya gunakan untuk traveling.
Pelatihan Penerapan MBS SPM
Nah, saat seperti ini saya akan segera check out dari hotel tempat saya menginap yang disediakan oleh panitia. Kemudian saya lanjutkan misi berikutnya, traveling sambil berburu aneka kuliner.

Sebelumnya, jika memungkinkan saya akan booking hotel terlebih dahulu. Hal ini saya lakukan agar traveling di "injury time" kerja di luar ini benar-benar bisa saya manfaatkan dengan baik. Pemilihan hotel, saya biasanya akan memesan hotel yang berada dekat dengan beberapa objek wisata.

Dalam memesan hotel, saya biasa menggunakan aplikasi Pegi-Pegi. Pemilihan Pegi-Pegi sebenarnya juga bukan tanpa alasan, namun dengan Pegi-Pegi saya sangat terbantu dalam pemesanan hotel. Apalagi jika sedang traveling dalam waktu "injury time" sehabis melaksanakan tugas sekolah.


Selain itu, di Pegi-Pegi juga banyak sekali promo yang bisa didapatkan dan sangat menguntungkan. Plus, penggunaannya sangat mudah dengan beragam pilihan hotel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Ada Banyak Keuntungan di Pegi-Pegi

Selain beberapa alasan pemilihan Pegi-Pegi di atas, ada lagi keuntungan lain yang bisa saya dapat. Seperti, diskon dan promonya selalu menarik, cara pembayarannya simpel dan mudah banget, bisa dapat PepePoin setiap kali transaksi dan poin ini bisa digunakan untuk potongan harga di transaksi berikutnya, dan yang paling kece itu ada garansi untuk kita mendapatkan harga terbaik saat melakukan pemesanan.


Jadi, bagi Anda yang kebetulan ingin memesan hotel murah dan gak pakek ribet, coba aja Pegi-Pegi! Oh iya, di Pegi-pegi tidak hanya pesan hotel ya, tiket pesawat dan kereta juga ada.

Selamat berburu hotel murah, ya! Selamat berlibut dan salam bahagia dari penyelam yang selalu minum air, penyuka kerja sambil traveling! :)
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

8 Komentar untuk Tulisan
"Kerja Sambil Lalu Traveling, Memang Bisa? Bisa Dong!"

  1. Pegi2, app paling user friendly yg pernah sy gunakan.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah nih ya akhirnya mendapatkan kesempatan buat travelling :D

    BalasHapus
  3. Wah seru banget nih ya pastinya. Bisa sekalian travelling

    BalasHapus
  4. Ini jadinya travelling ke mana nih kak. Seru banget nih pastinya

    BalasHapus
  5. Wah pakai pegipegi juga ya. Aku suka banget pakai aplikasi ini

    BalasHapus
  6. Pegipegi ini memang memudahkan sekali ya. Terima kasih informasinya

    BalasHapus
  7. Kesempatan emas ini jangan disia-siakan ya mas.. bekerja sambil traveling, atau traveling sambil bekerja??

    BalasHapus
  8. Paling enak memang kerja sambil liburan, gak kebayang kalau travel blogger kerjanya pasti menyenangkan banget. Pertama bisa jalan jalan disponsori (hotel, resto dan lain lain) dan dibayar pula.

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.