Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Demam

Semua orang tua umumnya sudah memiliki cara tersendiri mengatasi demam pada si kecil. Caranya beragam, mulai dari yang tradisional hingga memberikan obat yang bisa dengan mudah didapatkan dari apotik.


Namun tidak jarang, ada orang tua yang panik saat si kecil mengalami demam, apalagi jika demam yang diderita tidak reda dalam kurun waktu yang agak lama. Orang tua pasti akan cemas dan bingung harus menggunakan cara apa agar demam si kecil bisa segera sembuh.

Si kecil dapat dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celsius. Sepengalaman saya, saat si kecil demam, orang tua tidak perlu terlalu panik dan bingung.

Yang harus orang tua lakukan adalah dengan memberikan pertolongan pertama dengan mengompresnya. Bagian tubuh yang bisa dikompres untuk menurunkan demam si kecil adalah dahi, ketiak dan bagian dalam lutut.

Memberikan kompres memang tidak serta merta langsung membuat turun demam yang diderita si kecil, namun minimal dapat mengurangi suhu tubuhnya.

Orang tua dapat menggunakan plester kompres demam yang banyak dijual di toko obat atau minimarket untuk alat kompresnya. Selain penggunaannya mudah, plester kompres lebih praktis dan tidak perlu menggunakan apapun.

Namun jika dalam situasi darurat dan Anda tidak mempersiapkann plester tersebut, sebaiknya lakukan cara-cara berikut untuk mnurunkan demam si kecil.

  • Hindari pakaian yang terlalu tebal, karena dapat berdampak negatif bagi tubuh si kecil. Bukannya menurun justru akan memperparah kondisi tubuhnya. Gunakan pakaian yang tipis dan nyaman dipakai oleh sikecil.
  • Berikan cairan yang cukup, jika si kecil sedang demam maka cairan dalam tubuh pun akan berkurang melalui keringat. Maka dari itu, berikan si kecil minum air putih atau sup hangat, jus buah encer ataupun minuman isotonik agar cairan tubuh yang hilang bisa tergantikan.
  • Kompres dengan menggunakan air hangat, dengan menggunakan air hangat maka dapat terserap pada pusat tubuh dan dapat menurunkan suhu secara otomatis. Hindari penggunaan alkohol atau air dingin, karena dapat membahayakan bagi si kecil apalagi jika terhirup. Atau agar lebih praktis, gunakan plester untuk anak yang banyak dijual dipasaran.
  • Berikan parasetamol anak, obat ini bisa menjadi pertolongan pertama bagi si kecil yang sedang demam dan menghilangkan rasa sakit. Perhatikan juga dosis yang akan diberikan, jangan melebihi dosis yang telah ditentukan.
  • Jika sudah melakukan pertolongan pertama di atas, namun demamnya belum juga reda, maka segera bawa ke dokter.

Nah, itulah cara mudah untuk pertolongan pertama untuk si kecil yang sedang demam, jangan panik atau cemas berlebihan ketika si kecil demam. Pastikan untuk melakukan pertolongan pertama yang aman dan tepat dilakukan.

Salam bahagia dari ayah blogger..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

2 Komentar untuk Tulisan
"Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Demam"

  1. Mantap nih, jadi Tau. Biasanya kalo demam, orang tua kita kasih selimut, ternyata gak bagus yaa

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya mas, sangat bermanfaat.buat jaga2 kl aku udah pny anak nnti hehe

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.