Hal Positif Saat Menggunakan Alat Manajemen Media Sosial Bagi Pemula

Akhir-akhir ini saya sedang menjalankan beberapa akun media sosial. Saya juga beberapa kali mencoba berbagai alat manajemen media sosial. Semuanya menurut saya ada plush minusnya. Namun, jika beberbicara tentang alat manajemen media sosial untuk pemula, saya merekomendasikan Sociosight.co.

Nah, sebelum saya ulas secara detail tentang Sociosight.co terlebih dahulu saya akan menyampaikan positif dan negatifnya menggunakan alat manajemen media sosial ini. Tentu saja akan banyak positifnya ya, maka saya akan membahas tentang negatifnya terlebih dahulu.

Hal Negatif yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Alat Manajemen Media Sosial

Sampai saat ini, saya bau menemukan dua hal negatif saat saya menggunakan alat manajemen media sosial, berikut ini penjelasannya.

Fitur yang Terbatas 

Penggunaan alat manajemen media sosial secara negatif bisa dilihat dari penggunaan alatnya. Beda dengan memposting secara langsung di media sosial, memposting pada alat kedua seperti alat manajemen media sosial akan terasa sedikit berbeda yaitu di fiturnya.

Contohnya, jika di Instagram kita dapat mengedit terlebih dahulu foto kita, mau menggunakan musik apa, filter dan juga stiker seperti apa. Sedangkan, jika kita menggunakan alat manajemen media sosial, kita belum dapat menggunakan fitur-fiturt tersebut. Bahkan, lebih baik desain kita adalah desain final yang siap untuk diposting.

Harus Lebih Teliti

Pengguna alat manajemen media sosial haruslah orang yang teliti. Saya bisa menyatakan hal tersebut karena kembali lagi sebagai konten kreator yang menggunakan alat media sosial. Mulai dari harus menyediakan postingan yang rapi dan siap untuk diposting, penjadwalan dan caption serta hastag harus dipikirkan dengan matang. Sedikit saja membuat kesalahan, maka akibatnya akan merepotkan.

Hal Positif dalam Penggunaan Alat Manajemen Media Sosial

Dari kedua hal negatif yang perlu di amati oleh pemula seperti yang telah saya sampaikan di atas, tentunya ada banyak hal positif yang bisa didapatkan jika menggunakan alat manajemen media sosial. Beberapa diantaranta adalah sebagai berikut.

Mudah Berinteraksi dengan Target Audiens

Jika menggunakan alat manajemen media sosial, kita tentu saja akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan target audiens dari bebrbagai platfrom media sosial. Alat manejemen media sosial akan membantu kita untuk memposting, menjadwalkan dan juga mengetahui interaksi, seperti komentar dan like yang ada dalam postingan yang telah dibuat. Bahkan ada beberapa alat manajemen media sosial yang mampu membantu kita untuk membalas komentar hanya dalam alat tersebut. Artinya, kita sebagai konten kreator tidak perlu membuka media sosial yang berbeda hanya untuk membalas komentar. 

Menghemat Waktu

Tentu saja, dengan alat media sosial kita dapat menghemat waktu. Waktu yang dimakasud adalah waktu untuk membuat postingan dan waktu untuk melakukan penjadwalan, karena semuanya bisa dilakukan hanya dalam satu browser, bahkan untuk akun yang berbeda- beda.

Menganalisis Interaksi

Alat manajemen media sosial juga dapat membatu kita dalam menganalisis postingan media sosial yang sudah kita buat. Dengan mengetahui analisis interaksi dan postingan, kita dapat menentukan postingan seperti apa yang harus dibuat, dan jam yang paling tepat untuk memposting di media sosial kita.

Kenapa harus Sociosight.co?

Setelah mengetahui negatif dan positifnya penggunaan alat manajemen media sosial, saya menyarankan terutama bagi pemula untuk mencoba aplikasi gratis Sociosight.co. Karena Sociosight.co sedang menawarkan kita untuk menjadi anggota beta testser secara gratis. Aplikasi gratis ini menawarkan berbagai fitur menarik. Fitur-fitur yang ditawarkan adalah: 

1. 12 Profil Media Sosial 

Kita dapat mencantumkan 12 profil media sosial kita untuk dikelola dalam aplikasi ini secara gratis. Sehingga menjadwalkan postingan dapat lebih efisen dari segi tenaga dan waktu. 

2. 6 Channel Media Sosial

Selain dapat mencantumkan 12 profil media sosial, kita juga dapat mengakses 6 Channel Media Sosial. Media sosial tersebut adalah, Facebook page, Facebook Fanspage, Instagram, LinkedIn, Youtube, Tiktok, dan Pinterest. 

3. 300 Kuota Penjadwalan

Jika dalam satu bulan ada 30 hari, maka dalam satu hari kita dapat melakakun penjadwalan sebanyak 10 postingan perharinya. Tentu saja fitur ini sangat membantu untuk kita konten kreator yang produktif. 

4. Publikasi 5 Video YouTube Per Hari 

Bagi Anda yang seorang vlogger, publikasi video lebih mudah jika dapat dijadwalkan secara bersamaan. Sociosight saat ini dapat mendukung secara gratis publikasi video sampai 5 kali, loh! 

5. Monitoring Penjadwalan

Serunya penggunaan Sociosight, kita dapat memonitor status penjadwalan. Status penjadwalan yang dimaksud adalah tentang mana saja postingan yang berhasil di posting atau yang gagal posting, bisa juga tentang mana saja yang antre untuk dijadwalkan. Di dalamnya juga kita dapat melakukan edit jadwal postingan dan menghapus postingan yang dijadwalkan.

6. Dashbor Laporan 

Fitur ini berisikan laporan berapa postingan yang telah kita posting selama ini serta berapa follower yang kita punya. Sehingga mempermudah kita untuk melihat tanpa membuka media sosial satu persatu.

Nah, dari sekian banyak fitur di atas, nantinya sociosight juga sedang mengembangkan beberapa fitur berikut agar nantinya dapat kita gunakan secara gratis: mulai dari Kalender (Segera), Galeri (Segera), Kolaborasi Tim (Segera), Social Inbox (Segera) dan Pelaporan Lanjutan (Segera).

Bagaimana? banyak sekali bukan, fitur yang dapat kita manfaatkan sebagai anggota beta tester sociosight? Daftar aja di sini sekarang supaya bisa mengakses fitur-fitur premium tersebut dengan gratis!

Menurut kalian apalagi yang diperlukan dalam alat manajemen media sosial?
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

6 Komentar untuk Tulisan
"Hal Positif Saat Menggunakan Alat Manajemen Media Sosial Bagi Pemula"

  1. Wah benar banget tuh, memang terkadang jika menggunakan alat manajemen media sosial juga ada kekurangannya

    BalasHapus
  2. Saya jadi pingin menggunakan fitur yang ada di atas juga nih, sepertinya memudahkan

    BalasHapus
  3. Manajemen sosial media ini memang sangat penting untuk dilakukan ya, apalagi untuk pemula

    BalasHapus
  4. Wah banyak banget nih ya, Kak keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan fitur tersebut

    BalasHapus
  5. Saya belum melakukan manajemen sosial media nih. Bermanfaat banget informasinya

    BalasHapus
  6. Trims infonya, msh perlu belajar ttg hal itu

    BalasHapus