Tips Memulai Layanan Food Delivery untuk Mengembangkan Bisnis Kuliner

Sejak dahulu, kini dan hingga seterusnya kuliner menjadi bidang bisnis yang paling banyak diminati. Sebagai kebutuhan pokok manusia, bidang bisnis ini tergolong bisnis yang tidak akan ada matinya. Terlebih saat ini seiring perkembangan zaman dan teknologi, kuliner juga berkembang beriringan.

food delivery

Banyak inovasi dalam dunia kuliner, mulai dari rasa, tampilan, cara masak, cara pembayaran hingga proses makanan tersebut sampai kepada pembeli.

Menjalani bisnis kuliner, jika dilakukan dengan cara-cara yang benar bisa menjadi hal yang mengasikkan dan menguntungkan, namun pastinya penuh tantangan. Bagaimana tidak, persaingan dalam bisnis ini semakin hari semakin ketat. Para pelakunya, dituntut untuk selalu melakukan berbagai inovasi agar bisnisnya bisa terus eksis dan disukai para pelanggan. 

Tahun 2020 menjadi waktu yang bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan bisnis kuliner dimana seluruh dunia mengalami pandemi virus korona. Semua orang diharuskan untuk tetap tinggal #dirumahaja.

Dampak dari pandemi ini sangat besar dalam semua sektor, terlebih dalam hal ekonomi. Dimana orang-orang jarang untuk keluar rumah, beberapa gerai tutup atau buka dengan jam operasional terbatas. Demikian juga dengan bisnis kuliner, pengunjung yang biasanya ramai datang untuk makan, saat ini sudah tidak lagi.

Bulan ini, beberapa sektor sudah mulai dibuka kembali baik yang sudah beroperasi dengan jam biasa maupun yang masih menjalani pelonggaran. Namun, tidak semua orang dapat mengikuti kabar baik ini. Masih banyak yang enggan untuk keluar rumah karena masih khawatir akan tertular virus korona.

Hal ini kemudian banyak sekali bisnis kuliner yang melakukan inovasi dengan merubah atau menambah layananannya, yaitu pesan antar atau food delivery. Layanan ini menjadi solusi terbaik untuk menjaga agar bisnis kuliner tetap eksis ditengah pandemi. 

Jauh hari sebelum pandemi melanda, food delivery sudah sangat digemari oleh berbagai kalangan. Praktis, cepat dan mudah menjadi alasannya. Terlebih seperti sekarang saat sedang pandemi, dimana kita dituntut untuk tetap berada di rumah. 

Sementara untuk para pelaku bisnis kuliner, layanan food delivery ini juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mudahnya pelayanan dan meningkatnya keuntungan. 

Tips Memulai Layanan Food Delivery

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menambah layanan food delivery bisnis kuliner Anda.

Buat Menu Khusus Delivery Order

Bisa saja, tidak semua menu yang Anda jual di gerai dapat di-delivery. Baik itu makanan berkuah atau makanan yang paling ideal disantap langsung ditempat. Nah, disini Anda harus membuat menu khusus yang akan disertakan pada layanan pesan antar ini. 

Sistem Pemesanan yang Efektif dan Efisien

Selanjutnya, Anda harus memilih sistem pemesana yang efektif dan efisien, baik bagi pembeli maupun Anda sendiri sebagai pemilik usaha kuliner. Pilihlah sistem pemesanan yang memiliki integrasi Point of Sale System dengan pengantaran pesanan makanan.

Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan GoBiz dari Gojek. Aplikasi terintegrasi ini dapat membantu Anda dengan sistem pemesanannya yang sudah terintegrasi juga dengan fitur GoFood. Memungkinkan para pelanggan dengan mudah menemukan bisnis kuliner Anda serta melakukan pemesanan dan pembayaran yang langsung terekam dalam data transaksi.

Siapkan Unit Pendukung

Menerapkan delivery order membutuhkan banyak persiapan sebelum benar-benar dijalankan. untuk memepermudah proses persiapan, Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan seputar pesan antar makanan ini. 

Bagaimana Anda tahu jika ada pesanan masuk, bagaimana Anda akan memproses makanan yang dipesan agar kurir pengantar tidak menunggu terlalu lama, bagaimana Anda akan mempersiapkan sistem customer service khusus jika terjadi keluhan dan beberapa pertanyaan lainnya yang erat dengan delivery order.

Promosikan Layanan Pesan Antar

Tips terakhir dan juga sangat penting dilakukan adalah mempromosikan bahwa bisnis kuliner Anda sekarang juga sudah menyediakan delivery order. Pastikan para pelanggan tetap Anda yang dulu sering berkunjung mengetahui tentang layanan ini. Gunakan medai sosial untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan. 

Lalu, bagaimana caranya untuk memulai jasa food delivery untuk bisnis kuliner?

Menyediakan jasa pesan antar makanan bisa dilakukan secara mandiri atau bisa bekerjasama dengan pihak ketiga. Untuk menyediakan secara mandiri, tentu akan membutuhkan sumber daya khusus untuk mengerjakannya. Namun jika menggunakan pihak ketiga seperti GoFood, tentu akan semakin mudah, karena semuanya sudah ada yang mengerjakan. Anda bisa fokus untuk mengurus bisnisnya, sementara layanan pengiriman sudah siap dengan layanan pihak ketiga.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan GoFood sebagai aplikasi pesan antar makanan, mulai dari jangkauan bisnis lebih luas, transaksi aman, waktu operasional fleksibel, harga jual bisa lebih tinggi dan bisa juga dengan memberikan banyak promo dan diskon.

cara daftar gofood

Untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas, Anda harus melakukan pendafataran terlebih dahulu di GoFood. Proses daftar GoFood sangatlah mudah, siapkan beberapa dokumen, isi dan selesai. Pendaftaranya dilakukan secara online, jadi pastikan koneksi internet stabil.

Berikut ini cara daftar GoFood online yang bisa Anda lakukan.

1. Siapkan beberapa dokumen

Sebelum melakukan pendaftaran, siapkan terlebih dahulu tiga dokumen yang nantinya akan di upload di website atau aplikasi GoBiz. Tiga data tersebut adalah KTP, NPWP dan fotokopi halaman pertama buku tabungan bank.

2. Daftar melalui website

Jika tiga dokumen tersebut sudah siap, cara daftar GoFood selanjutnya silahkan buka halaman https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration. Isi semua kolom yang diminta dengan lengkap dan benar, terutama kolom nomor handphone dan email. Pastikan dua isian ini masih aktif, ya. Tunggu kiriman email dari reply@gojek.com yang isinya adalah pernyataan bahwa proses pendaftaran telah diterima.

3. Tunggu proses verifikasi tim Gojek

Setelah mendaftar, tim Gojek akan melakukan verifikasi atas pendaftaran yang telah Anda lakukan. Proses ini membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja. Verifikasi ini akan menunjukkan hasil pendaftaran, gagal atau sukses. Jika gagal, pastikan kembali bahwa data yang Anda isikan sudah lengkap dan benar. Jika berhasil, Anda akan menerima email kontrak perjanjian elektronik melalui email yang telah didaftarkan.

4. Tandatangani kontrak perjanjian elektronik

Pada email yang didaftarkan, Anda akan meneima email dari DocuDesign yang berisikan kontrak perjanjian. Silahkan baca secara seksama lalu tandatangani untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

5. Pembuatan akun GoFood dan GoBiz oleh tim Gojek

Selanjutnya, tim Gojek akan membuatkan akun GoFood dan GoBiz Anda. Silahkan ditunggu maksimal lima hari kerja.

6. Aktivasi akun GoBiz

Jika akun GoBiz sudah tersedia, Anda akan diberitahu lewat email outlet. Silahkan lakukan aktivasi dengan melakukan login melalui nomor handphone outlet. Tunggu maksimal 1x24 jam sampai akun aktif.

7. Login kembali ke GoBiz dan mulai berjualan di GoFood

Semua proses daftar GoFood online Anda
sudah selesai dan berhasil. Sekarang Anda sudah bisa berjualan di GoFood melalui aplikasi GoBiz. Selamat!

Nah, itulah beberapa tips memulai layanan food delivery untuk mengembangkan bisnis kuliner dan cara mendaftarnya.

Semoga bermanfaat, tetap semangat, terus bagahaia dan salam manis dari saya. 😊
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

9 Komentar untuk Tulisan
"Tips Memulai Layanan Food Delivery untuk Mengembangkan Bisnis Kuliner "

  1. DO emg lg trending ya mas semenjak pandemi. Adikku drmh jg bikin beberapa me menu masakan yg bs DO. Mayan buat tambah2 hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya baru pertama kali pesan gofood karena dapat voucer gratis, eh ternyata praktis dan cepat juga pesannya

      Hapus
  2. Kebetulan kemarin saya ditanya tetangga tentang cara daftar food delivery
    Apakah itu NPWP menjadi keharusan mutlak?

    BalasHapus
  3. Wahh aku baru tau nihhh ternyata bisa daftar gofood juga yaa, apalagi pendaftarannya juga tidak perlu datang ke kantornyaa.. Otw daftarin warung mama kulah hiih, terima kasih informasinya

    BalasHapus
  4. Oke, akhirnya tau cara daftar GoFood. Baiklah, bisa tidur nyenyak sekarang AHAHAHAH :v.

    Btw, salam kenal mas :D.

    BalasHapus
  5. Saya pernah dengar cerita seorang teman yang katanya ada sebuah usaha kuliner yang seperti rumah biasa dan tidak terlihat jualan, namun ternyata laris manis karena perantara penjualannya via delivery. Katanya di kota banyak yang kayak gitu

    BalasHapus
  6. Sekarnag kalau bisnis lebih praktis pakai aplikasi yg mendukung ya Mas, seperti gojek dan gobiz ini ngebantu banget buat para usahawan

    BalasHapus
  7. pemesanan yang efektif dan efisien sangat penting agar konsumen tidak lama menunggu ya mas
    sip infonya kebetulan adik saya sedang mulai usaha kuliner

    BalasHapus
  8. Wah berbisnis jadi makin mudah nih mas rosyid, jangkauan pasarnya juga makin luas nih

    BalasHapus