Kegiatan Selingan Saat Bekerja Dari Rumah

23 Maret 2020 adalah hari pertama saya mengikuti aturan kantor untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Awal-awal menjalani aktivitas ini sempat kelimpungan, karena beberapa data dan pelengkapan kerja masih ada di kator. Namun, sehari dua hari selanjutnya, kendala ini bisa teratasi dan saya bisa menjalani WFH dengan lancar.


Ada banyak sekali pekerjaan yang dapat saya selesaikan saat #DiRumahAja dan #BekerjaDariRumah, mulai dari membantu proses pemulangan santri, menyelesaikan laporan kepanitiaan Ujian Sekolah, menyusun laporan BOS, mengikuti beberapa rapat terkait persiapan tahun ajaran baru dan kelulusan serta pekerjaan-pekerjaan lainnya.
Baca Juga : Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Laporan BOS
Setelah satu bulan setengah menjalani WFH, saya dapat menyimpulkan bahwa kegiatan ini memiliki banyak tantangan dan rintangan, atau lebih tepat jika saya sebut memiliki banyak drama. Ya, betul. Apalagi seperti saya sebagai papah muda, yang memiliki anak usia empat tahun, yang rasa ingin tahunya sangat tinggi. Belum lagi soal rebahan dan cemilan, dua hal yang dapat mengganggu dan menambah konsentrasi secara bersamaan, hehe.

Tapi meskipun mengandung banyak drama, namun WFH itu menyenangkan, lho! Apalagi jika pekerjaan yang kita jalani tidak terikat deadline dan bermacam aturan. Jadi kita bisa lebih banyak memiliki waktu yang dapat dimanfaatkan bersama keluarga tapi pekerjaan bisa terus berjalan dan dapat diselesaikan dengan baik.

Enaknya bekerja dari rumah itu, sangat fleksibel, tidak begitu terikat aturan. Aturan seragam, aturan jam kerja dan aturan-aturan lainnya. Selain itu, kita juga masih bisa melakukan bermacam kegiatan selingan, dan inilah kegiatan selingan saya sebagai papah muda saat mengikuti aturan bekerja dari rumah.

1. Menemani dan Mengajari Si Kecil Banyak Hal

Memiliki anak dengan rasa ingin tahu yang tinggi menjadi tantangan yang cukup besar buat saya saat bekerja dari rumah. Apalagi ada banyak perlengkapan kerja yang saya bawa ke rumah dan semuanya adalah barang baru buat si kecil. Stempel, kwitansi, kalkulator, printer, penjepit kertas, stabilo dan lainnya. Hampir setiap saya bekerja, si kecil selalu bertanya, apa ini, apa itu.

Menyikapi tingkah si kecil ini, mau tidak mau saya harus menghentikan sejenak pekerjaan saya. Saya temani dan jawab beberapa pertanyaannya, apa namanya, untuk apa, beli diamana dan semuanya.

Biasanya, sebelum saya jawab pertanyaannya, saya buat kesepakatan dengan si kecil. Bahwa jika sudah saya jawab, saya bisa melanjutkan bekerja dan ia kembali bermain. Alhamdulillah, saya dapat bekerja dan rasa ingin tahunya si kecil terjawab.

2. Menikmati Rebahan dan Cemilan Bersama Uminya si Kecil

Ini sebenrnya bukan kegiatan, ya. Tapi lebih kepada memanjakan diri, hehe. Saya juga bingung ini harus dikategorikan sebagai tantangan atau nikmat saat bekerja dari rumah. Satu sisi bisa mengganggu konsentrasi, satu sisi bisa menambah konsentrasi, haha.

Jadi, selama bekerja dari rumah terutama sebelum bulan puasa, saya menyiapkan waktu tertentu untuk melaksanakan kegiatan ini, rebahan kemudian menikmati cemilan buatan istri.

3. Berkarya dari Rumah

Kegiatan selingan terakhir yang saya lakukan adalah berkarya dari rumah. Saya tergolong orang yanng memiliki tangan tidak bisa diam, apalagi jika menemukan benda-benda yang sudah tidak bermanfaat. Insting tangan tak bisa diam saya biasanya langsung bekerja dengan cepat, bagaimana caranya benda-benda tersebut bisa bermanfaat kembali.
Baca Juga: Kaligrafi Hiasan Dinding Minimalis Murah Meriah
Saat bekerja dari rumah ini saya telah menghasilkan beberapa hand made yang semua bahannya dari benda-benda bekas dan kurang bermanfaat. 

Hand made kedua adalah kaligrafi hiasan dinding ruang tamu. Pengerjaan hand made ini sedikit lebih lama, karena waktu itu saya sedang fokus bekerja menyelesaikan laporan kegiatan Ujian Sekolah, jika tidak salah lebih dari seminggu.

Sekarang saya juga masih memiliki kegiatan selingan membuat hand made. Masih sebatas rangkanya sih, karena saya mengerjakannya saat pagi atau sore menjelang berbuka puasa.


Hand made ini, ekspektasinya tinggi. Rak kertas yang bisa mempercantik meja kerja. Bahan dan alatnya sama dengan beberapa hand made sebelumnya, menggunakan sisa-sisa bahan bangunan rumah. Bahan utamanya lis kayu dan triplek. Semoga nanti hasilnya bisa sesuai ekspektasi.

Nah, itulah beberapa kegitan selingan saya saat bekerja dari rumah. Namanya kegitan selingan, ya dikerjakan hanya untuk mengisi waktu kosong saja, saat sedang tidak fokus dan kurang konsentrasi, atau sedang ingin menyegarkan otak.

Bagaimana dengan Anda? Apa kegiatan selingan saat sedang bekerja dari rumah?

Terus semangat, ya! Semoga wabah ini segera berlalu dan kita kembali berkativitas seperti sedia kala. Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

4 Komentar untuk Tulisan
"Kegiatan Selingan Saat Bekerja Dari Rumah"

  1. Wah kalo diem di rumah produktif sih gpp yak, nah kalo saya paling bisanya cuma rebahan aja, hahaha... Mau bikin hand made gak punya keahlian. Keren loh bisa bikin furniture sendiri...

    BalasHapus
  2. menikmati dirumah saja,
    bosen juga sih

    BalasHapus
  3. Bagus-bagus hasil handmadenya masbro, seneng lihatnya yang kaligrafi...
    Dan lebih senang lagi akhirnya bisa ketemu sama orang timur juga, salam kenal tretan blogger, mon bedeh bektoh Insyaallah bisa main-main ka Paiton..
    Paiton atau Bondowoso masbro? Profile blogger Bondowoso soalnya...

    BalasHapus