Cegah Demam Berdarah pada Orang Dewasa dengan Mengetahui Ciri dan Cara Pengobatannya

Mengetahui ciri serta cara pengobatan demam berdarah pada orang dewasa merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini karena demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang hingga saat ini perkembangannya terus menghantui masyarakat Indonesia.

Pencegahan terbaik dalam rangka mencegah DBD adalah dengan cara menghindari gigitan nyamuk. Selain mencegah, mengenali gejala serta pengobatannya juga penting untuk upaya pencegahan penyakit demam berdarah tersebut.

Demam berdarah mampu menyerang dan menjangkiti siapapun, dari anak hingga dewasa. Ada beberapa ciri dan gejala yang akan dialami oleh penderita saat diserang DBD. Namun biasanya, ada dua kategori ciri demam berdarah pada orang dewasa, yaitu ringan hingga berat.

Dengan mengetahui gejala, ciri serta cara pengobatan DBD pada orang dewasa diharapkan kita bisa untuk sesegera mungkin melakukan pengobatan. Hal ini juga membantu penderita untuk menurunkan risiko komplikasi di masa mendatang yang lebih parah.

Gejala DBD

Gejala DBD pada orang dewasa biasanya mulai timbul dari hari ke empat hingga hari ketujuh setelah penderita terkena gigitan nyamuk.
Baca Juga : Tetap Sehat saat Musim Hujan? Ini Cara dan Tipsnya!
Terdapat empat macam virus dengue (DENV) yang diindikasikan sebagai penyebab demam berdarah. Virus masuk ke aliran darah manusia melalui gigitan nyamuk tersebut. Jenis nyamuk yang menggigit serta menyebar virus DBD biasanya merupakan nyamuk yang terbang di pagi hari sampai sore menjelang petang. Jenis nyamuk ini bernama aedes aegypti.


Ciri-ciri nyamuk aedes aegypti adalah memiliki tubuh berukuran lebih kecil, badan atau tubuhnya berwarna hitam pekat serta terdapat dua garis vertikal putih di punggung dan garis-garis putih horizontal pada kakinya. Nyamuk ini biasanya hadir dan hidup di tempat gelap, lebih suka di dalam rumah dan tidak suka dengan lingkungan yang panas.

Ciri Demam Berdarah pada Orang Dewasa

Di atas suda dijelaskan, bahwa ciri demam berdarah pada orang dewasa ada dua kategori, ringan dan berat. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari keduanya.

1. Ciri Demam Berdarah Ringan

Ciri ini muncul hingga 7 hari setelah digigit nyamuk yang membawa virus, namun dapat hilang dalam seminggu setelahnya. Beberapa gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Sakit pada otot dan sendi
  • Ruam tubuh yang bisa hilang kemudian muncul kembali
  • Umumnya demam tinggi
  • Sakit kepala hebat

2. Ciri Demam Berdarah Hemorrhagic Fever

Ciri ini yang terjadi dan tergolong dalam kategori ringan, namun secara bertahap akan memburuk dalam seiap harinya. Tahap ini dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever.


Ciri dengue hemorrhagic fever hampir sama dengan gejala demam berdarah ringan, tidak jarang gejala pendarahan internal. Apabila tidak dilakukan perawatan segera, gejala dengue hemorrhagic fever dapat memiliki akibat yang fatal.

Gejala dengue hemorrhagic fever umumnya terdiri:

  • Pendarahan pada mulut, gusi, atau hidung
  • Kulit menjadi lebih lembab
  • Adanya kerusakan getah bening dan pembuluh darah
  • Muncul pendarahan internal, hingga muntah dan feses hitam atau berdarah
  • Jumlah trombosit lebih rendah
  • Rasa perut sensitif
  • Muncul banyak bintik merah di kulit
  • Denyut nadi lemah

3. Ciri Demam Berdarah Syok Dengue

Apabila tidak segera diobati, ciri demam berdarah dengue hemorrhagic fever di atas dapat berkembang menjadi perdarahan hebat, syok, hingga yang terparah yaitu kematian.

Sindrom syok dengue menjadi bentuk dari adanya penyakit demam berdarah yang parah dan bisa menyebabkan kematian.

Gejala sindrom syok dengue terdiri atas beberapa ciri:

  • Sakit perut yang hebat
  • Adanya gejala hipotensi mendadak, atau penurunan tekanan darah secara cepat
  • Pendarahan berat
  • Muntah secara teratur
  • Pembuluh darah bocor

Pengobatan Demam Berdarah

Bagi penderita yang yang memiliki gejala demam berdarah trgolong parah, biasanya akan dilakukan beberapa perawatan dan pengobatan, yaitu:

  1. Pemberian suplementasi cairan intravena (IV). Jika pasien tidak mampu meminum melalui organ mulut maka akan diberikan suplemen ini dalam bentuk tetesan.
  2. Dilakukan transfusi darah apabila pasien dengan dehidrasi parah yang mengancam.

Nah, itulah informasi tentang gejala, ciri dan pengobatan penyakit demam berdarah pada orang dewasa. Semoga bermanfaat. Yang sakit semoga segera sembuh, yang sehat semoga dijauhkan dari segala penyakit, amin..
Salam bahagia..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

3 Komentar untuk Tulisan
"Cegah Demam Berdarah pada Orang Dewasa dengan Mengetahui Ciri dan Cara Pengobatannya"

  1. Thanks sudah berbagi.. Di daerahku NTT, penyakit ini sepertinya menjadi langganan..

    BalasHapus
  2. makasih atas informasi demam berdarahnya, saya harus lebuh berhati-hatu ini

    BalasHapus
  3. sekarang dbd+corona yang lagi booming

    BalasHapus