Ingin Memiliki Sepatu Kulit yang Tahan Lama dan Nyaman Dipakai? Ini Cara Merawatnya

Barang-barang yang terbuat dan berbahan utama kulit, terutama pakaian memerlukan perawatan yang baik agar bisa tahan lama dan tetap nyaman saat dipakai. Kualitas memang utama, namun melakukan perawatan janganlah sampai lupa.😉

Salah satu barang yang berbahan kulit dan biasa kita gunakan adalah sepatu. Dengan menggunakan sepatu kulit, maka kesan apik dan maksimal akan kita dapatkan dalam hal penampilan. Selain itu, sepatu kulit juga sangat nyaman dipakai karena bentuknya mengikuti kaki penggunanya.


Namun dibalik beberapa keuntungan menggunakan sepatu kulit tersebut, kita harus tahu betul cara merawatnya agar selain bisa tahan lama juga bisa tetap nyaman saat kita pakai. Nah, berikut saya punya lima cara merawat sepatu kulit yang benar.

1. Jangan Biarkan Sepatu Kulit Lembap

Jangan biarkan sepatu kulit Anda lembap, karena jika sepatu kulit lembap dapat merusak kualitasnya. Langkah ini harus Anda terapkan setelah pencucian sepatu. Pastikan sepatu telah kering dengan optimal sebelum Anda kembali menggunakannya.

Ada banyak cara agar sepatu kulit tidak lembap, misalnya dengan melakukan pengeringan menggunakan gumpalan kertas koran. Masukkan gumpalan tersebut ke dalam sepatu kulit. Sebisa mungkin, jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung.

2. Gunakan Pengganjal Sepatu

Saat sepatu kulit Anda disimpan dalam waktu yang cukup lama karena hari libur panjang maka Anda harus menggunakan pengganjal khusus sepatu. Fungsinya untuk mempertahankan bentuk sepatu Anda.

Ada banyak jenis dan model pengganjal sepatu yang tersedia dipasaran. Anda dapat memilih pengganjal sepatu yang paling baik, biasanya terbuat dari bahan kayu aras. Jenis pengganjal sepatu ini memiliki aroma yang dapat menyerap bau pada sepatu kulit.

3. Bersihkan Sepatu

Ketika sepatu akan disimpan, Anda sebaiknya membersihkan terlebih dahulu baik debu maupun kotoran lain yang menempel pada sepatu. Terlebih jika Anda menggunakan sepatu obermain yang memiliki kombinasi bahan berbulu seperti beludru. Anda dapat menggunakan kain lap yang lembut untuk membersihkannya.

4. Aplikasikan Kondisioner

Sepatu kulit memerlukan perawatan yang cukup ekstra, terlebih jika kulitnya adalah kulit asli. Harganya yang mahal membuat Anda harus menjaga dengan maksimal. Aplikasikan kondisioner untuk bahan kulit sebagai salah satu langkah perawatan. Kondisioner berfungsi untuk menjaga kelenturan yang ada pada sepatu kulit.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda cukup menggunakannya dengan lap yang bersih dan menggosokkannya dengan gerakan melingkar. Setelah selesai, diamkan selama 20 menit hingga kondisionernya meresap ke dalam sepatu.

5. Semir, Perbaiki Sol yang Rusak dan Perawatan Lainnya

Salah satu cara merawat sepatu kulit yang juga tidak boleh dilupakan adalah menjaga kualitas warnanya dengan semir sepatu secara berkala. Anda bisa melakukannya sekali satu bulan agar sepatu obermain Anda tetap terlihat baru.

Selain semir, jika sepatu mengalami kerusakan pada bagian sol, Anda bisa memperbaikinya kepada ahli jahit sol sesegera mungkin agar tidak berimbas ke bagian lain sepatu.

Nah, itulah lima cara merawat sepatu kulit yang bisa kita aplikasikan. Semoga dengan informasi ini sepatu kulit Anda bisa tahan lama dan tetap nyaman dipakai.

Semoga bermanfaat dan salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"Ingin Memiliki Sepatu Kulit yang Tahan Lama dan Nyaman Dipakai? Ini Cara Merawatnya"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.