Mudik Menggunakan Kereta Api? Simak Cara Mudah dan Efektif Membeli Tiketnya Secara Online


Kereta api merupakan jenis transportasi yang sangat efektif dan terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat, dari lapisan masyarakat atas hingga lapisan masyarakat menengah ke bawah. Maka tidak heran, jika sampai saat ini kereta api menjadi pilihan utama masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Demikian juga ketika perjalanan mudik tahun ini yang sudah di depan mata, kereta menjadi solusi paling tepat bagi masyarakat untuk menghindari kemacetan, sekaligus menghindari kecelakaan yang seringkali terjadi saat mudik.


Nah, melihat kemungkinan masyarakat akan memilih kereta sebagai transportasi utama pada mudik lebaran tahun 2018 ini, maka pihak PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (persero) berusaha menjembatani pilihan masyarakat itu, dengan membuat kebijakan yang sangat mengembirakan bagi semua masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan kereta api.

Pada arus mudik tahun ini, PT KAI mempersiapkan kereta api (KA) sebanyak 20 unit, dengan total 40 perjalanann dan kursi sebanyak 25.560. Jadi, jika Anda akan mudik menggunakan kereta api tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan tiket.
Baca Juga : Hal Yang Kami Persiapkan Sebelum Liburan Ke Surabaya Naik Kereta Api
Namun kendati demikian, Anda harus segera mempersiapkan tiket kereta api yang dibutuhkan sesegera mungkin. Hal ini menjadi keharusan agar perjalanan mudiknya berjalan dengan lancar. Selain itu, jumlah pemudik dengan transportasi kereta tidak bisa ditafsir dengan cermat dan tepat, bisa jadi pengguna kereta api menjadi sangat banyak dan membeludak. Jadi semua pemudik yang sudah berniat akan mudik menggunakan transportasi ini, harus bergerak cepat demi tiket mudik tentunya, baik melalui online ataupun melalui offline.

Bagi Anda yang akan mudik menggunakan kereta api, jika mengalami masalah dalam pembelian tiket, misalnya selalu gagal saat memesan tiket, diharapkan tidak berputus asa. Karena pihak PT KAI sudah memberikan tips dan treatmen kepada semua masyarakat saat ingin memesan tiket kereta api. Bagaiamana caranya?

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api untuk Mudik
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, memberikan beberapa tips untuk mendapatkan tiket kereta api dengan mudah bagi masyarkat yang hendak mudik lebaran tahun ini, yaitu:
Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api dengan Harga Super Murah
Pertama, menurut Edi Sukmoro, saat memesan tiket pastikan koneksi jaringan internet sangat stabil selama hunting, karena kualitas jaringan intenet menentukan efektifitas pencarian tiket kereta api, dimana banyak juga para pemesan saat ini mencari tiket kereta secara online.

Kemudian yang ke dua, untuk mendapatkan tiket kereta api dengan cepat adalah, menentukan tanggal atau rute kereta api, karena tambahan kereta untuk mudik akan dikeluarkan secara serentak.

Tips yang ke tiga, masyarakat yang tidak kunjung mendapatkan tiket bisa memilih alternatif tiket terusan. Misalnya, Anda ingin melakukan mudik ke Semarang, maka Anda bisa memilih rute stasiun Pasar Senen atau Stasiun Tegal, lalu kemudian Anda mengambil alternatif terusan rute kereta Api Tegal – Semarang.

Ke empat, setiap memesan kereta api hendaknya selalu melakukan pengecekan berkala contact center di semua situs penjualan tiket kereta api. Karena apabila tiket yang sudah dipesan oleh orang lain, namun belum dibayar selama satu jam setelah pemesanan, tiket itu akan kembali muncul di situs penjualan yang Anda pilih. Jadi, setelah memesan, maka Anda harus langsung membayar agar tiket yang sudah Anda dapatkan tidak hangus.


Cara Mudah dan Efektif Membeli Tiket Kereta Api Secara Online
Sebelum melakukan pembelian tiket kereta api untuk mudik, Anda bisa membaca cara pesan tiket PT KAI online mudah dan efektik di bawah ini:

1. Perhatikan waktu yang tepat
Biasanya, penjualan pertama tiket pada waktu 00:00 WIB. Waktu ini biasanya sangat padat pembeli. Selain itu, biasanya sangat sulit pada waktu –waktu pertama ini. Maka Anda bisa mencoba setelah 1 hingga 3 jam pasca jam pertama.

2. Memilih metode pembayaran yang paling efektif dan mudah
Dari sekian banyak cara pembayaran, pilihlah satu diantara yang paling mudah dan efektif agar tiket Anda tidak hangus.

3. Mencari situs lain
Jangan pernah terpaku pada satu situs penyedia tiket, misalnya situs KAI saja, carilah situs lain yang menyediakan tiket kereta api online, karena pada umumnya situs KAI sangat padat dan sibuk menerima banyaknya pemesanan tiket.

Itulah beberapa cara atau tips memesan tiket kereta api online yang paling mudah dan cepat untuk perjalanan mudik. Semoga semua persiapannya lancar dan perjalanan Anda nyaman serta aman.

Salam bahagaia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

4 Komentar untuk Tulisan
"Mudik Menggunakan Kereta Api? Simak Cara Mudah dan Efektif Membeli Tiketnya Secara Online "

  1. Terima kasih kak tipsnya dah mau sharing, tapi aku gak mudik tahun ini deh, karena bebrapa bulan yang lalau baru balik dari jawa...

    BalasHapus
  2. Kebetulan, lagi pengen jalan-jalan nih, tapi nunggu waktu yang tepat dulu hehehehe

    BalasHapus
  3. Selama ini kalo mudik blm pernah pake kereta api. Tahun ini rencananya mo nyobain pake kereta api. Makasih untuk info nya yaa kak. Sangat bermanfaat sekali buat yg akan mudik

    BalasHapus
  4. jadi mudah ya beli tiket pake tokped.

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.