Tetap Sehat saat Musim Hujan? Ini Cara dan Tipsnya!


Musim hujan telah berlalu beberapa waktu, biasanya pada saat awal-awal musim penghujan tubuh sangat rentan terhadap penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Menurut beberapa fakta ilmiah, hal ini disebabkan karena tubuh kita dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang tentunya berbeda dari sebelumnya.

Penyakit atau gangguan kesehatan yang sering menyerang saat musim hujan adalah flu. Pengganggu kesehatan satu ini tidak memandang bulu, sangat biasa terjadi dan bisa saja dialami oleh siapa saja.

Selain flu, pada musim hujan ada banyak jenis penyakit yang mudah sekali menyerang tubuh, diantaranya batuk, sesak nafas, masuk angin, penyakit kulit atau bahkan demam berdarah.

Namun sebelum penyakit tersebut menyerang, maka sebaiknya kita dapat mencegahnya terlebih dahulu, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. :)

Bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini cara dan tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa diterapkan dengan mudah.

Konsumsi Vitamin C yang Cukup
Saat pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, tubuh tidak akan langsung bisa menyesuaikannya, tetapi harus melalui proses terlebih dahulu. Saat proses inilah kondisi tubuh akan melemah dan mempengaruhi sistem imun dalam tubuh, sehingga kekebalan pun akan menjadi menurun.

Saat tubuh dalam kondisi seperti ini, vitamin C sangat diperlukan. Solusinya, kita bisa mengkonsumsi vitamin C secara rutin dari kandungan buah-buahan, sayuran atau minuman bervitamin C tinggi.

Bersihkan Lingkungan yang Rawan Kuman dan Bakteri
Hujan bisa menyebabkan lingkungan di sekitar kita menjadi kotor. Hal ini disebabkan karena kelembapan udara yang lebih tinggi hingga membuat sampah lebih cepat membusuk dan menjadi sumber kuman.

Penting bagi kita untuk membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman atau bakteri yang berkembang biak. Lakukan secara rutin dan berkelanjutan agar lingkungan benar-benar bersih.

Menjaga Asupan Makanan Sehat Agar Lebih Fit
Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan sehat, terutama yang hangat dan berkuah agar tubuh tetap terasa hangat meskipun udara menjadi lebih dingin.

Makanan sehat tersebut misalnya adalah sup kuah, sayuran berkuah, soto atau makanan berkuah lainnya. Jangan lupa untuk tetap memakan buah-buahan ya.

Istirahat atau Tidur yang Cukup dan Jangan Berlebihan
Saat musim penghujan tiba, beristirahat atau tidurlah yang cukup, jangan berlebihan walaupun udara dingin sebenarnya juga mengundang rasa kantuk. Istirahat yang berlebihan justru akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

Selain itu, jangan tidur terlalu malam agar tubuh lebih cepat memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup menjadi sangat penting dalam mencegah penyakit saat musim hujan, karena merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang selalu disampaikan para ahli.

Yuk, lakukan cara di atas untuk tetap sehat saat musim hujan. Oh iya, jangan lupa olahraga, ya!

Salam hangat dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"Tetap Sehat saat Musim Hujan? Ini Cara dan Tipsnya!"

  1. Vitamin C memang yang kadang terlupa di sini. Badan nggak enak banget rasanya, dan mudah panas dalam.

    BalasHapus
  2. Berhubung saya gak suka minum pil, obat dan sejenisnya, Vitaminnya diganti buah-buahan saja. Lebih enak dan bergizi

    BalasHapus
  3. Makasih tips yang bermanfaat banget Mas. Kalau sudah KO, bisa berabe semua. Semoga sehat semua ya.

    BalasHapus
  4. Nah aku sering bolos nih ngelakuin yg poin terakhir. Jarang tidur alias sering bgd begadang. Sekali tidur bs molor kebangetan....
    Makasih tipsnya yak. Praktekin praktekiiinnn

    BalasHapus
  5. tambahin olah raga ... kadang kalau tubuh mengeluarkan keringat, yang awalnya bersin-bersin kayak mau flu, langsung hilang...

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.