Cara Generasi Milenial Mengambil Inspirasi dari 4 Pilar Astra untuk Indonesia

Akhir-akhir ini, generasi milenial sedang naik daun. Banyak sekali media yang menjadikannya sebagai headline news dari semua segi. Mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral, budaya dan lainnya. Siapa sih mereka? Mereka yang memiliki gelar generasi milenial ini?


Wikipedia menyebutkan, milenial atau juga disebut generasi Y merupakan sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000an. Jadi, milenial adalah generasi muda yang berumur 17- 37 pada tahun ini.

Yang lebih menarik lagi adalah, milenial dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal teknologi. Mereka lahir pada saat TV berwarna dan handphone juga internet sudah diperkenalkan. Sehingga generasi ini sangat mahir dalam teknologi.

Berbicara soal generasi milenial, memang akan ada hal positif dan negatifnya. Terlebih jika dikaitkan dengan pertukaran informasi di media sosial yang sekarang siapapun bisa melakukannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa beredarnya informasi yang sangat banyak dan cepat merupakan peran dari generasi milenial, baik itu informasi benar atau informasi hoax.

Namun yang pasti, sebagai bagaian dari generasi milenial, saya memiliki banyak cerita soal aktivitas media sosial ini. Benar, terdapat cerita positif dan negatif, semua sudah saya pernah alami. Dan yang membahagiakan, sudah banyak manfaat yang saya dapatkan dari kegiatan yang dibilang orang hanya bermain handphone ini.

Yang istimewa adalah, beberapa waktu lalu saya mencari video di youtube untuk bahan mengajar. Tanpa sengaja saya menemukan sebuah video yang menurut saya menginspirasi. Isi cerita video tersebut adalah seorang dokter yang rela berjalan kaki dari tempat satu ke tempat lainnya untuk mengobati masyarakat yang sedang sakit.
Tiap langkah yang ia jalani, tiap hambatan yang ia hadapi memberi inspirasi bahwa hidup ini bukan Cuma diri sendiri.
Tahu video tersebut adalah iklan yang dibuat oleh Astra, saya kembali lagi mencari videonya dengan kata kunci Astra untuk Indonesia. Ternyata banyak video yang saya dapatkan, dan semuanya sangat informatif dan menginspirasi.

Ini bukan kali pertama saya mendengar kata Astra, tetapi karena penasaran, saya berburu informasi detailnya. Siapa sih Astra? Kok bisa menginspirasi begitu.

Tentang PT Astra International Tbk
Tahun 1957 adalah tahun pertama kali Astra berdiri dengan fokus perusahaan adalah perdagangan umum. Namun seiring berjalannya waktu dan terus berkembangnya PT Astra International Tbk, perusahaan ini menjajal 7 sektor bisnis utama, yaitu :
1. Otomotif
2. Jasa Keuangan
3. Alat Berat dan Pertambangan
4. Agribisnis
5. Infrastruktur dan Logistik
6. Teknologi Informasi
7. Properti

Di Indonesia, Astra cukup dikenal banyak orang dengan segala capaian yang telah diraih yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu perusahaan nasional yang cukup besar.

Yang menarik dari hasil pemburuan informasi soal Astra yang saya lakukan adalah tentang 4 Pilar Astra untuk Indonesia. Kenapa menarik? Karena dengan hanya membacanya saja saya sudah bisa mendapat inspirasi yang cukup banyak. Apa itu? Berikut penjelasannya..

4 Pilar Astra untuk Indonesia
Pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan adalah 4 pilar PT. Astra International Tbk yang dijadikan pondasi dalam program CSR-nya. Dari 4 pilar ini kemudian digunakan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial Astra yaitu :


Astra Untuk Indonesia Sehat
Astra menyadari kesehatan merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat, mengingat dengan meningkatkan upaya kesehatan maka produktivitas kerja akan meningkat, kesehatan masyarakat terlindungi dan pada gilirannya kesejahteraan masyarakat meningkat dan bangsa Indonesia dapat bangkit.
Pada CSR bidang kesehatan, Astra memfokuskan program CSR pada kesehatan ibu dan anak serta akses kesehatan bagi lapisan masyarakat pra-sejahtera. Astra untuk Indonesia Sehat diterapkan melalui Mobil Kesehatan Astra (Mokesa), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan berbagai rangkaian kegiatan donor darah.

#GenerAKSISEHATIndonesia
GenerAKSISEHATIndonesia (GSI) menjadi salah satu bentuk implementasi kepedulian Astra di pilar kesehatan melalui Astra Untuk Indonesia Sehat. Pada tahun 2016, melalui program GSI, Astra menyerahkan bantuan kacamata dengan total sebanyak 6.000 buah untuk anak-anak di daerah terluar Indonesia.
Melalui penyerahan donasi di ketiga wilayah ini menambah jumlah total donasi kacamata menjadi 15.048 buah sejak tahun 2014 lalu ketika program GenerAksi Sehat Indonesia dimulai

Astra Untuk Indonesia Cerdas
Astra Untuk Indonesia Cerdas difokuskan pada bidang pendidikan untuk membentuk manusia yang unggul sebagai kekayaan terbesar sebuah bangsa, sekaligus menjadi salah satu langkah utama untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat.
Program CSR di bidang pendidikan dilakukan melalui pendekatan hardware, software dan brainware dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Pada tahun 2016, sasaran program Pendidikan juga semakin diperluas menyentuh para peserta didik dan guru di berbagai wilayah Indonesia yang dilaksanakan melalui perusahaan Grup Astra serta sembilan yayasan Astra.

Astra Untuk Indonesia Hijau
Sebagai sebuah organisasi yang bertanggung jawab, Astra selalu mengelola dampak bisnis terhadap lingkungan. Astra juga meyakini bahwa pertumbuhan bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan lingkungan dan alam di sekitarnya.
Upaya pelestarian lingkungan dilakukan untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan serta menjaga kestabilan lingkungan untuk menjadi tempat hidup.

Astra Untuk Indonesia Kreatif
Astra Untuk Indonesia Kreatif merupakan program sosial dalam bidang kewirausahaan yang mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat. Program kewirausahaan dikembangkan sesuai dengan hasil pemetaan sosial dan menggali potensi wilayah untuk diubah menjadi manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat.
Program kewirausahaan dikembangkan melalui strategi pelatihan, perluasan jaringan pemasaran dan pengembangan aktivitas kewirausahaan lainnya guna mencapai kemandirian masyarakat.

Khusus terkait pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Astra dimotori oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang didirikan pada tahun 1980 dan Astra Mitra Ventura yang aktif melakukan berbagai program pemberdayaan UMKM secara terintegrasi, didukung perusahaan-perusahaan Grup Astra dan para mitranya.

Nah, dari ke 4 pilar tersebut, terdapat 9 yayasan yang dapat menjalankannya dengan baik yaitu Yayasan Toyota dan Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Lestari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

4 pilar Astra tersebut juga merupakan pilar dasar untuk mengentaskan kemiskinan. Tidak bisa secara langsung memang, namun lambat laun akan terlihat hasilnya.

Lalu kemudian, inspirasi yang bisa generasi milenial ambil dari 4 Pilar Astra untuk Indonesia ini salah satunya adalah semakin tinggi dan semakin mapan PT Astra International Tbk selalu memperhatikan serta ikut serta membangun bangsa Indonesia.

***
Sumber tulisan dan gambar:
1. https://www.astra.co.id
2. https://id.wikipedia.org/wiki/milenial
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

8 Komentar untuk Tulisan
"Cara Generasi Milenial Mengambil Inspirasi dari 4 Pilar Astra untuk Indonesia"

  1. Betul sekali. Aku terinspirasi setelah membaca. :)

    BalasHapus
  2. Gak cuma produksi otomotif ya mas Astra ini. Klo (mamak2 kayak) saya udah bukan generasi milleneal ya (tapi merasa cukup gaul)

    BalasHapus
  3. Kemana-mana naik honda hehehe

    BalasHapus
  4. Astra memang udah dicintai masyarakat. Semoga terus menginspirasi untuk negeri Indonesia tercinta.

    BalasHapus
  5. saya kira astra hanya soal otomatif karena paling dikenal ya otomotifnya, ternyata ada banyak bidang bisnis yang dikelola, saya baru tahu mas..

    1. Otomotif
    2. Jasa Keuangan
    3. Alat Berat dan Pertambangan
    4. Agribisnis
    5. Infrastruktur dan Logistik
    6. Teknologi Informasi
    7. Properti

    BalasHapus
  6. Keren nih mas, banyak infografisnya...Semoga berjaya ya....

    BalasHapus
  7. Mantap ya empat pilar nya Astra

    BalasHapus
  8. Maju terus astra bagi indonesia :)

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

DILARANG berkomentar yang tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak, atau malah akan saya hapus.
Jika akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan dibalas.

Orang baik, berkomentar dengan baik dan saya bangga bila Anda menjadi komentator yang baik.