3 Cara Tepat Tepis Penipuan Online Lewat Pesan Broadcast Undian


Penipuan online gaya lama kini mulai merambah aplikasi chatting seperti BlackBerry Messenger. Gaya penipuan yang satu ini, sebelumnya biasa diaplikasikan via pesan singkat atau SMS dan menggunakan modus penipuan mandiri e-cash. Namun belakangan, kasus broadcast message perihal penipuan berkedok hadiah undian merambah ke via online.

Nah, agar terhindar dari jenis penipuan ini dan agar tetap aman, Anda bisa terapkan 3 tips berikut ini.

1. Laporkan sebagai Spam
Broadcast message kurang jelas yang biasanya berisi kata-kata mengejutkan tentang hadiah fantastis yang tiba-tiba Anda dapatkan, kini biasa menyertakan tautan situs tertentu yang bisa dikunjungi. Namun jangan heran jika tautan tersebut biasanya terkesan tidak profesional dan menggunakan domain free alias gratisan tak berbayar. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa situs tersebut merupakan situs penipuan.

Jangan sampai Anda tergiur lantas berakhir tertipu dan mendapatkan sejumlah kerugian dengan mengikuti instruksi akun tak jelas tersebut. Modus yang digunakan biasanya Anda akan ditipu untuk mengirim sejumlah dana sebagai biaya pajak. Jika Anda mengalami situasi seperti ini, jangan ragu untuk langsung laporkan saja sebagai spam agar tak beresiko bahaya.

2. Blokir Pengirim Broadcast Message
Untuk menghindari potensi penipuan online selanjutnya di kemudian hari, blokirlah akun-akun mencurigakan yang tidak jelas. Apalagi jika Anda tidak mengenal secara personal dan akun tersebut terbukti mengirimi Anda konten pesan broadcast yang riskan dengan intrik tipu-tipu. Saran selanjutnya baiknya Anda lebih selektif lagi dalam men-screening daftar kontak Anda.

3. Laporkan ke Kemkominfo
Kementrian Komunikasi dan Informasi juga membuka laman pengaduan dalam situs resmi mereka yang bisa Anda manfaatkan demi berkontribusi melawan potensi maraknya penipuan di zaman modern ini. Kepedulian dari Anda bisa jadi menyelamatkan banyak pengguna aplikasi chatting lainnya supaya tidak masuk dalam perangkap para penipu online.

Penipuan online biasanya dimulai dengan iming-iming menggiurkan, bagi orang dengan kecenderungan ceroboh serta minimnya informasi pencegahan yang tersebar luas, maka hal ini bisa menjadi lahan menjanjikan bagi para penipu.

Yuk, saling mengingatkan, tidak ada salahnya sekecil apapun kontribusi yang kita bisa lakukan, bisa jadi hal tersebut bisa menyelamatkan saudara kita lainnya.

Semoga bermanfaat dan salam hangat dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"3 Cara Tepat Tepis Penipuan Online Lewat Pesan Broadcast Undian"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.