5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen


Hidup dan menetap di kota besar seperti Jakarta merupakan sebuah keinginan sebagian orang, apalagi bisa membangun tempat tinggal disana. Tatapi tidak sedikit juga yang mengurungkan keinginan tersebut setelah tahu lahan yang tersedia sangat terbatas. Lahan yang ada sudah semakin sempit dan diisi oleh berbagai gedung pencakar langit. Pada beberapa tempat, lahan untuk bangunan tempat tinggal masih ada, namun harga yang ditawarkan sangat mahal.

Akhirnya, sebagian orang yang masih tetap dengan pendiriannya, maka dia lebih memilih membeli apartemen dijual di Jakarta. Namun kita semua sudah tahu, harga apartemen tidak murah, harganya ratusan juta! Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi setelah mendapatkan apartemen, sebagai konsumen kita harus benar-benar teliti dan mempersiapkan semuanya dengan baik.

Dalam membeli apartemen, setidaknya ada 5 penting untuk diperhatikan. Yaitu, dimana lokasinya, siapa pengembangnya, lengkap tidaknya semua dokumen yang dibutuhkan, seperti apa modelnya dan apartemen seperti apa yang dibutuhkan. Berikut penjelasan detailnya.

1. Dimana Lokasinya
Hal penting pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli apartemen adalah memastikan dimana lokasinya. Untuk memastikannya bisa dilakukan survey terlebih dahulu untuk bisa melihat kondisi lokasi dari apartemen tersebut.

Pastikan bahwa lokasinya tidak jauh dengan tempat kerja, strategis, akses jalan umum mudah sehingga aktivitas sehari-hari pun juga terasa cepat. Yang tidak kalah penting juga pastikan lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, pendidikan dan tempat ramai.

2. Siapa Pengembangnya
Pelajari track record dari developer (pengembang) apartemen yang akan dibeli. Kualitas sebuah apartemen bergantung kepada kualitas pengembang itu sendiri. Tidak sedikit, kasus terkait apartemen yang terlantar atau belum selesai dibangun karena permasalahan dari developer-nya. Maka sebelum membeli apartemen, Anda harus mencari tahu kredibilitas dari developer tersebut terlebih dahulu.

3. Kelengkapan Semua Dokumen yang Dibutuhkan
Sebelum memutuskan membeli apartemen, Anda harus mengecek legalitas bangunan tersebut. Periksa juga kelengkapan dokumen seperti status tanah, IMB (Izin Mendirikan Bnagunan), Sertifikat Hak Milik (SHM) dan dokumen lainnya.

Pastikan tanah yang dibangun apartemen tersebut bukan tanah sengketa atau sewaan. Mintalah bantuan notaris untuk memeriksa kelengkapan dokumen apartemen tersebut.

4. Seperti Apa Modelnya
Jadilah konsumen yang ‘cerewet’ ketika hendak membeli apartemen. Jangan malu menanyakan kepada developer terkait hal-hal mengenai apartemen seperti model, harga per unit, fasilitas, keuntungan dan hal lainnya.

5. Sesuaikan Dengan Kebutuhan
Terakhir, setelah melakukan 4 hal penting di atas maka pastikan bahwa apartemen yang akan dibeli telah sesuai dengan kebutuhan, bukan karena keinginan apalagi ikut-ikutan :D. Penjualan apartemen, biasanya terbagi menjadi 3 jenis yaitu apartemen tanpa furniture, sebagian tersedia furniture atau penuh furniture. Selain ketersediaan furniture, apartemen juga dijual berdasarkan ukuran. Silahkan sesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda.

Nah, itulah 5 hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen. Bagi orang yang baru membeli apartemen, maka 5 hal tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Semoga bermanfaat..

Salam bahagia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

Belum Ada Komentar untuk Tulisan
"5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.