Ini Dia 5 Tips Diving Aman bagi Pemula

Berjuta keindahan tersimpan di dalam laut, terutama laut negeri kita tercita, Indonesia. Namun begitu, tidak banyak yang dapat menikmati dan menyaksikannya secara langsung. Untuk menyelami dan menikmati keindahan surga tersebut, diving atau scuba adalah salah satu cara yang paling tepat.

Scuba (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus), atau juga dikenal sebagai olahraga menyelam merupakan salah satu jenis kegiatan yang sering kali masuk dalam salah satu paket wisata pantai atau laut. Dengan scuba Anda akan berenang dengan serangkaian alat agar bisa sampai pada kedalaman tertentu kemudian menyelam hingga ke dasarnya. Melihat berbagai karang laut, biota-biota di dalamnya serta seluruh keindahan yang luar biasa.


Olahraga satu ini memang terbilang mahal, karena membutuhkan serangkaian alat untuk digunakan. Tak hanya itu, dari sisi resiko juga sangat tinggi. Makanya tidak jarang, kita mendengar informasi seorang kehilangan nyawa karena melakukan olahraga berbahaya tersebut dalam perairan yang tidak aman. Untuk bisa melakukannya, harus terlebih dahulu melalui latihan yang benar-benar ekstra, agar seluruh prosesnya lancar dan berjalan aman.

Pada beberapa tempat, latihan diving disediakan secara khusus baik tempat dan waktunya. Pada tempat ini, siapapun bisa mengikuti semacam kursus secara mudah sebelum benar-benar melakukan diving ke dasar laut. Nah, jika Anda ingin mencobanya, berikut ini saya memiliki beberapa tips menyelam yang harus Anda aplikasikan, sehingga lebih aman.

Tenang dan yakin pada kemampuan sendiri
Hal ini saya rasa tidak hanya berlaku pada saat ingin menyelam saja, tetapi juga pada semua kegiatan. Karena dengan yakin pada kemampuan diri sendiri, semua pasti akan berjalan dengan baik. Selain itu, rasa tenang juga diperlukan saat akan menyelam. Jika Anda tegang, sebenarnya hal itu hanya akan memperparah keadaan. Niati dengan benar dan selalu mengatur kondisi tubuh, apalagi detak jantung agar lebih tenang.

Jangan lupa, lakukan pemanasan terlebih dahulu
Pemanasan menjadi bagian yang paling penting dari sebuah olahraga. Pemanasan ini berfungsi untuk merileks-kan otot-otot yang tegang atau kaku. Jika otot dibiarkan kaku, maka resiko cidera semakin tinggi, seperti keram dalam air yang bisa menjadi penyebab kematian. Jadi jangan lupa, 5 menit sebelumnya lakukan pemanasan terlebih dahulu agar aliran darah lancar dan latihannya berjalan dengan baik.

Iikuti petunjuk instruktur menyelam
Ingat, ini adalah latihan. Jangan sampai Anda langsung menyelam sendiri, tetapi ada beberapa prosedur yang harus diikuti. Salah satunya adalah panduan dari seorang instruktur, seperti bagaimana caranya untuk keluar dari air nanti, kode-kode yang harus diingat, batasan wilayah yang dapat dijelajahi dan semuanya.

Ekualising saat turun
Ekualising merupakan tindakan menyesuaikan tekanan dalam telinga dengan bagian luar tubuh. Cara melakukannya adalah menutup lubang hidung kemudian keluarkan udara lewat hidung dengan tangan masih memencet hidung. Atau bisa juga dengan menelan ludah (cara ini biasanya dilakukan oleh yang sudah profesional).
Lakukan ekualising sesering mungkin. Jangan menunggu sakit terlebih dahulu baru kemudian ekualising. Sebisa mungkin jika anda masuk setiap 1 meter lakukanlah ekualising sebelum telinga terasa sakit atau tertekan.

Nikmati proses penyelaman
Ketika sudah berada di bawah laut, maka nikmati semua yang bisa dinikmati. Lihat berbagai macam biota cantik yang ada di dalamnya, jangan buru-buru untuk keluar dari air karena merasa takut. Semakin lama, maka tubuh akan semakin terbiasa berada di dalam sana.

Diving menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para pecinta laut dan bagi siapun, asal sudah melakukan proses latihan sebelumnya. Termasuk saya dan Anda. :)

Namun yang harus selalu diingat, diving juga sangat berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar, pastikan untuk menggunakan sarana penunjang yang lengkap dan diimbangi dengan ketersediaan pelatih. Apalagi bagi penyelam pemula, agar resiko yang akan terjadi bisa sangat kecil.

Salam bahagaia dari Bondowoso..
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

7 Komentar untuk Tulisan
"Ini Dia 5 Tips Diving Aman bagi Pemula"

  1. Saya blm pernah diving mas, kalo renang di kolam renang trus nyelem pernah. makasih tipsnya mas.

    BalasHapus
  2. yang jelas aku gak bakal mau nyonab, aku takut air

    BalasHapus
  3. Rencananya akhir tahun mau diving dan sebelumnya belum pernah dan aku orangnya sering panikan haha
    Thanks infonya kak

    BalasHapus
  4. kalau ditawari diving saya pasti menolak, karena enggak bisa berenang. Hehehe

    BalasHapus
  5. Pengen coba juga suatu saat nanti. Tapi kayaknya harus didampingi dengan yang ahli :)

    BalasHapus
  6. Bisa di coba ini tipsnya, aku belum pernah coba, jadi penasaran :)
    Salam kenal ya, Mas..

    BalasHapus
  7. saya baru tahu SCUBA itu ada singkatannya he he he, wih pingin diving tapi takutt ha haha

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.