Surabaya, Kota Industri Kreatif dan Sejuta Inspirasi Prestasi


Surabaya, siapa yang tidak mengenal kota terbesar kedua setelah Jakarta di negeri ini. Kota yang memiliki ikon dua spesies laut -ikan dan buaya- ini belakangan ramai diperbincangan oleh banyak orang hingga belahan dunia. Ya, dengan segala prestasinya, kini Kota Pahlawan tersebut menjadi kota yang menginspirasi dalam segala bidang termasuk didalamnya industri kreatif.

Di Surabaya, sekarang sedang berlangsung program Start Surabaya. Program ini merupakan program inkubasi khusus pemuda Surabaya yang dikelola langsung oleh Google Indonesia dan didukung penuh oleh Pemkot Surabaya.
Program yang digelar di Spazio dan diperhatikan penuh oleh walikotanya ini diharapkan bisa melahirkan start up-start up kreasi anak Surabaya yang bisa menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Selain itu, keseriusan Surabaya dalam hal mempelajari dan mengembangkan industri kreatif juga terbukti dengan mendelegasikan perwakilan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk melihat langsung industri kreatif di San Francisco, Amerika Serikat.

Mereka belajar ke pusat industri kreatif dunia seperti Google dan Facebook. Yang diharapkan oleh Pemkot Surabaya adalah bisa diterapkannya pelajaran penting selama di San Francisco di Surabaya sesuai dengan kearifan budaya lokal, dengan ke-khas-an apa yang ada di Surabaya.

Bukti bahwa Surabaya terus belajar dan mengembangkan industri kreatif serta dapat menginspirasi kota lain adalah keberhasilan ITS dalam mengikuti Student Formula Japan 2015 di Ogayasama Sport Park (ECOPA), Shizuoka, Jepang. Program ini didukung penuh oleh Pemkot Surabaya, rektorat ITS dan Astra Otoparts sebagai grup perusahaan komponen otomotif terbesar di Indonesia.

Selain itu, pada tahun 2015 Tim Sapuangin ITS mengirimkan satu buah mobil Sapuangin Speed III untuk diperlombakan dalam ajang SFJ. Mobil Sapuangin Speed III ini dirilis pada bulan Agustus, tepat sebelum lomba dilaksanakan pada bulan September berikutnya.

Peluncuran mobil yang digelar di area parkir barat Mal Lenmarc Surabaya ini dihadiri dan diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Rektor ITS Joni Hermana, serta perwakilan dari Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Selain beberapa langkah, proses dan prestasi dalam pengembangan industri kreatif di atas, ada beberapa prestasi lain yang juga telah diraih Surabaya. Beberapa prestasi ini menjadikan Surabaya semakin layak untuk dijadikan kota yang meninspirasi. Apa saja prestasi tersebut? Simak berikut ini..
  1. Surabaya meraih predikat salah satu kota terbaik dalam Citynet Award. Penghargaan ini diterima Surabaya saat menjadi tuan rumah pertemuan Wali Kota se-Asia Pasifik atau Citynet. Ibu Walikota sempat tidak percaya bahwa Surabaya kini sejajar dengan Seoul, Yokohama, dan Makati sebagai kota yang bergengsi hingga diapresiasi oleh organisasi yang memayungi 24 negara di Asia Pasifik ini.
  2. Kemenangan atas dua kategori, data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Prestasi ini mengalahkan 800 kota lain di Asia Pasifik. Penghargaan ini diterima Ibu Risma pada acara FutureGov Award 2013.
  3. Didapatkannya penghargaan The 2013 Asian Townscape Award (ATA) kategori Taman Terbaik Se-Asia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Taman yang mendapatkan penghargaan adalah Taman Bungkul.
  4. Tahun 2013 Majalah Forbes Indonesia sempat menyelipkan nama Risma sebagai wanita paling inspiratif pada tahun tersebut. Tidak tanggung-tanggung, Risma dipilih dari beberapa deretan nama walikota dari segala penjuru dunia. Ibu Risma mewakili Surabaya menerima penghargaan “Innovative City of the Future”.
  5. Pada malam penganugerahan Socrates Award yang merupakan bagian dari acara bergengsi London Summit of Leaders yang berlangsung dari 15-17 April 2014, Surabaya merupakan satu-satunya kota Indonesia yang menerima penghargaan. Dalam penghargaan ini, Surabaya mendapat perhatian khususnya dalam hal manajemen kotanya.
Nah, dari beberapa prestasi yang telah diraih oleh Surabaya dan bisa menginspirasi kota lain tersebut ada beberapa langkah yang telah di lakukan oleh Pemkot Surabaya bersama seluruh elemen masyarakat.

Langkah terbaik hingga akhirnya menjadikan Surabaya sebagai kota industri kreatif dan kota yang menginspirasi.

Langkah-langkah tersebut sangat nyata dan bisa kita rasakan sendiri. Misal, mengunjungi Surabaya saat ini sangat berbeda jauh dengan saat mengunjungi Surabaya 10 atau 5 tahun yang lalu.

Ya, banyak perubahan terjadi. Hal itu akan ditunjukkan sejak baru saja memasuki Kota Pahlawan ini. Surabaya bukan lagi kota yang kumuh. Kini, tata ruang kota Surabaya menjadi salah satu yang terbaik.
Makanya wajar jika Surabaya, Yogyakarta, dan Magelang terpilih sebagai Kota Cerdas 2015. Surabaya juga meraih penghargaan sebagai kota cerdas dalam kategori lingkungan.

Selain dari segi kebersihan lingkungan, Surabaya juga berusaha mewujudkan layanan publik yang memudahkan masyarakat beraktivitas. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya fasilitas yang memanfaatkan teknologi seperti e-delivery, e-controlling, e-perizinan, e-musrenbang, e-health, dan Surabaya Single Window.


Hal ini merupakan upaya pemerintah Surabaya untuk memudahkan warganya mengurus administrasi. Jika semua proses dapat dilakukan dari rumah memanfaatkan internet, maka proses antrian dan birokrat akan berkurang sehingga akan menghemat waktu dan tenaga.

Untuk memudahkan mengontrol seluruh kegiatan yang ada di Surabaya, pemerintah juga menyediakan Command Center atau Ruang Pusat Kendali Kota yang dibangun untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Melalui Command Center, Surabaya dapat memantau langsung beberapa obyek vital selama 24 jam.


Akhirnya, sekarang Surabaya menjadi kota metropolitan yang tidak hanya hijau dan sejuk, tetapi juga kota canggih dengan sentuhan teknologi informasi dan komunikasi.

Kota yang canggih tetapi tidak menghilangkan unsur alam yang menyejukkan. Teknologi dan lingkungan menjadi dua potensi diri Surabaya yang ditonjolkan ke masyarakat sehingaa menjadikannya kota yang kental akan industri kreatif dan dapat menginspirasi kota lain diseluruh dunia. Dan yang tidak kalah penting juga adalah, Surabaya menjadi Salah satu kota Inspirasi 60 Tahun Astra!

Surabaya, keren!

Tulisan ini diikut sertakan dalam SATU Indonesia Berbagi Blog Competition.

BAGIKAN TULISAN INI

0 Response to "Surabaya, Kota Industri Kreatif dan Sejuta Inspirasi Prestasi"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.