Begini Cara Cerdas Menciptakan Rumah Minimalis yang Kental dengan Nuansa Alam

Salah satu tipe rumah yang banyak disukai oleh masyarakat ibu kota dan kota-kota sekitarnya adalah rumah minimalis, seperti di Bekasi misalnya. Banyak sekali rumah dijual di Bekasi yang memiliki tipe minimalis dengan desain yang menarik dan unik.

Tetapi meski begitu, tidak sedikit masyarakat kota besar yang juga dibingungkan oleh semakin tercemarnya udara di lingkungan sekitarnya. Sehingga banyak masyarakat berfikir bagaimana cara cerdas menciptakan hunian nyaman dengan nuansa alam yang kental di rumah minimalis mereka, meski ukuran dan ruaangan dalam rumahnya sangat terbatas.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, rumah dengan tipe minimalis di kota-kota besar biasanya memiliki ukuran dan ruangan yang sangat terbatas, tetapi ada juga beberapa rumah dijual di Bekasi yang berukuran kecil namun halamannya luas.

Jika fakta ini dimiliki oleh rumah Anda, maka sebaiknya Anda mewujudkan cara cerdas berikut ini. Agar alam dan lingkungan di sekitar rumah Anda tetap segar dan sejuk. Selain itu, tips ini juga bisa menambah kesan ‘rumah hijau’ pada rumah minimalis Anda.

1. Ciptakan Taman Hijau
Warna hijau identik dengan ketenangan yang hakiki dan menyegarkan. Dengan menciptakan taman hijau pada rumah minimalis, maka tentu Anda akan mendapatkan kesan alam yang sejuk dan menyegarkan. Karena pada siang hari tanaman memproduksi oksigen yang baik untuk tubuh manusia. Jika kualitas udara dan suasana lingkungan rumah Anda sejuk dan menyegarkan, tentu seluruh anggota keluarga akan senantiasa terjaga kesehatannya.

2. Buat Kolam Atau Mini Waterfall
Jika Anda memiliki ruang atau halaman yang cukup untuk membuat kolam kecil atau mini waterfall, maka sebaiknya Anda segera merealisasikannya. Karena air merupakan elemen yang sangat baik untuk membuat tubuh manusia menjadi lebih rileks, suara percikannya juga dapat menenangkan pikiran.
Pemilihan pelengkap kolam juga menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti warna karang, jenis ikan, bebatuan dan semacamnya. Hal ini agar kesan natural dan alami akan senantiasa terasa dalam rumah Anda.
Contoh taman hijau dan mini waterfall yang bisa diterapkan pada rumah minimalis
3. Sirkulasi Udara dan Cahaya Cukup
Sirkulasi udara dan cahaya matahari merupakan elemen yang sama pentingnya dengan air dalam sebuah rumah minimalis. Ketika sirkulasi udara dan cahaya matahari masuk dengan baik ke dalam rumah, maka tentu suasana alam yang menyegarkan akan sangat terasa.
Pastikan rumah minimalis Anda memiliki bukaan, jendela atau sejenisnya agar sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa masuk dengan baik.

4. Bermain Dengan Warna
Tidak semua elemen alam harus ada dalam rumah minimalis untuk mendapatkan suasana sejuk dan menyegarkan. Anda bisa bermain dengan warna untuk mendapatkannya. Anda dapat mewarnai dinding ruang kerja atau kamar tidur dengan warna hijau untuk menghadirkan nuansa alam yang kental.
Hal ini bisa meningkatkan konsentrasi saat bekerja dan bisa nyenyak saat tidur. Walaupun elemen alamnya tidak nyata, tetapi Anda tetap merasakan kesan alam yang sejuk di dalam rumah.

5. Gunakan Material Alam
Material alam bisa dijadikan alternatif jika ruangan dan halaman rumah Anda tidak mungkin untuk diberi elemen alam seperti taman hijau atau kolam. Anda dapat menggunakan material kayu untuk membuat ruangan terkesan hangat dan menyatu dengan alam. Selain kayu, Anda juga bisa mengaplikasikan batu alam pada kamar mandi untuk mengadirkan nuansa segar dan alami saat membersihkan diri.

6. Letakan Tanaman di Dalam Rumah
Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan rumah minimalis yang kental dengan nuansa alam adalah meletakkan beberapa tanaman di dalam rumah. Ya, ada beberapa tanaman yang baik dan sangat bermanfaat diletakan di dalam rumah. Letakkan di sudut atau spot yang strategis dan tidak terkena sinar matahari langsung.
Dengan meletakan beberapa tanaman sebagai hiasan dan dekorasi di setiap ruangan, otomatis Anda telah menghadirkan nuansa alam yang lebih nyata. Selain itu, oksigen yang dihasilkan oleh tanaman juga akan mengalirkan udara yang sejuk di dalam rumah.
Namun hati-hati saat membeli dan memilih tanaman, karena ada tanaman hias yang justru membahayakan bagi beberapa orang yang memiliki alergi tertentu.

Menciptakan rumah minimalis dengan nuansa alam yang kental merupakan sebuah tantangan tersendiri. Ruang dan ukuran yang cukup terbatas mengharuskan kita berfikir kreatif untuk menciptakan hal yang menakjubkan dengan cara yang tidak biasa.
Semoga, Cara Cerdas Menciptakan Rumah Minimalis yang Kental dengan Nuansa Alam di atas bisa membantu Anda untuk merealisasikannya pada rumah minimalis hunian Anda.

Salam bahagia.. ^-^
BAGIKAN TULISAN INI

5 Komentar untuk "Begini Cara Cerdas Menciptakan Rumah Minimalis yang Kental dengan Nuansa Alam"

  1. Point nomor satu harus lebih banyak digalakkan lagi biar bumi semakin hijau dan lingkungan jadi lebih asri, serta secara tidak langsung ikut menyelamatkan bumi.

    BalasHapus
  2. Taman sudah ada walau belum hujan, nah kepikiran nih mau bikin kolam ikan biar terasa sejuk berkat percikan air

    BalasHapus
  3. Saya juga suka taman dan tanaman hijau, tapi ya belum mulai buatnya...

    BalasHapus
  4. Tips nya menarik Gan. Makasi sudah berbagi. Aku suka mini air mancurnya bisa diaplikasikan dirumah sepertinya

    BalasHapus
  5. Halo kk.
    Salam keal sebelumnya.
    Rumah saya kan diameternya sangat kecil.
    Tapi saya ingin buat kolam kecil dan air mancurnya di dalam ruangan.
    Gimana kira kira kk?

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.