4 Tips Praktis Memulai Investasi untuk Para Mahasiswa


Investasi, bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak terbatas pada orang-orang berduit dan sudah berumur saja. Tidak ada batasan umur, profesi dan status. Investasi juga tidak harus menunggu waktu, karena jika dilakukan sejak usia muda, maka akan banyak keuntungan yang bisa didapat.

Siapapun, dengan latar belakang pendidikan, ekonomi dan status sosial bisa berinvestasi, termasuk juga para mahasiswa. Kamu berstatus mahasiswa? Punya rencana untuk berinvestasi? Berikut 4 Tips Praktis Memulai Investasi untuk Para Mahasiswa.

1. Sisihkan uang saku dengan disiplin dan konsisten
Uang saku, menjadi satu-satunya sumber penghasilan dari orang tua bagi mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Berapapun uang saku yang orang tuamu berikan, usahakan untuk disiplin dan konsisten menyisihkan meski hanya sebagian kecil.

Sedikit demi sedikit, lama lama akan menjadi bukit. Begitu ungkapan klasik yang biasa kita dengar. Pun begitu dengan saat menyisihkan sebagian uang saku, jika dilakukan dengan disiplin dan konsisten, maka suatu saat sebagian kecil uang saku yang kamu sishkan tersebut akan menjadi sesuatu yang besar.

Lakukan secara cermat dan sebaik mungkin. Simpan dalam tabungan khusus agar bisa dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Hal ini juga menghindari dari godaan untuk menghabiskan uang saku yang kamu miliki.

2. Pilih Jenis Tabungan yang Memiliki Layanan Bebas Biaya Administrasi
Jenis tabungan yang memiliki layanan bebas biaya administrasi adalah jenis tabungan yang tepat untuk mahasiswa. Hampir seluruh bank di Indonesia memiliki jenis tabungan ini. Ini salah satu langkah pemerintah untuk menggalakkan gemar menabung bagi penerus bangsa dengan mewajibkan seluruh bank untuk memiliki jenis tabungan bebas biaya administrasi yang diberi nama ‘Tabunganku’.

Dengan menyimpan uang pada tabungan ini, kamu tidak perlu khawatir uangmu akan berkurang karena potongan biaya administrasi. Meskipun memiliki bunga yang cukup rendah, tetapi manfaat yang kamu dapatkan akan sebanding dengan kemudahan layanan yang diberikan.

3. Melirik Emas Sebagai Investasi
Emas adalah pilihan investasi terbaik bagi mahasiswa. Selain karena ukurannya yang bisa disesuaikan dengan kemampuan, juga ada beberapa pilihan untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Perhiasan dan logam mulia adalah jenis investasi yang cocok bagi mahasiswa.

Dua jenis investasi emas ini bisa disesuaikan dengan pribadi dan kesukaan kamu masing-masing. Bila kamu tidak menyukai perhiasan, maka kamu bisa memilih logam mulia sebagai bentuk investasi andalan. Tetapi jika kamu ingin penampilanmu lebih keren, berarti jenis investasi yang cocok adalah investasi berupa perhiasan emas. Nilai emas yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun membuat jenis investasi ini sangat cocok untuk kebutuhan jangka panjang.

4. Program Reksadana juga Solusi Investasi
Sekarang, program reksadana itu tidak serumit yang kamu bayangkan. Banyak sekali produk reksadana terbaik dengan prosedur yang simpel dan bisa dimiliki oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Bahkan ada produk reksadana dengan modal hanya 100 hingga 300 ribu rupiah.

Yang menarik adalah, dengan modal 100 hingga 300 ribu rupiah itu sudah mencakup rencana jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. Yang perlu kamu lakukan hanya mencari tahu informasi sebaik mungkin dan cermat memilih reksadana yang sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan kamu.

Dari 4 tips tersebut jelas sekali bahwa investasi itu sangat mudah. Jadi, ayo katakan aku bisa investasi kepada diri kamu sendiri.

Agar kamu memiliki motivasi yang besar untuk giat berinvestasi, tetapkan target investasi yang ingin kamu capai. Tidak ada kata terlambat, jika ingin memulai investasi sejak usia muda.
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

1 Komentar untuk Tulisan
"4 Tips Praktis Memulai Investasi untuk Para Mahasiswa"

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.