Alasan-alasan Ilmiah di Balik Keharusan Membersihkan Rumah

Kondisi di dalam rumah tentunya sangat tergantung pada aktivitas penghuni rumah setiap harinya. Banyak hal berubah-ubah yang bisa saja terjadi setiap hari, bahkan setiap saat. Apabila anak Anda sedang bermain maka rumah akan berantakan dengan mainan. Apabila istri Anda memasak, maka dapur juga akan jadi berantakan. Dan contoh lainnya.

Untuk itu, rumah harus selalu dibersihkan sehingga rumah tetap nyaman untuk ditempati dan tidak mudah rusak. Hanya saja membereskan rumah bukanlah hal yang menyenangkan. Sehingga banyak orang yang menunda-nunda untuk membereskan rumah. Alasan yang keluar biasanya adalah, ‘nanti juga akan berantakan lagi’. Alhasil, rumah akan menjadi berantakan. Apalagi, jika Anda tinggal di rumah minimalis yang memiliki luas terbatas. Sehingga akan semakin sulit untuk bergerak di rumah tersebut.

Padahal, membersihkan rumah secara teratur akan dapat membantu Anda. dengan membersihkannya secara rutin, nantinya anda tidak akan merasa terlalu lelah untuk membereskan rumah secara sekaligus. Dengan merapikan rumah sedikit demi sedikit, rumah anda akan tetap terjaga kenyamanan dan kebersihannya.
Namun di balik itu semua, ada alasan lain mengapa Anda harus membersihkan rumah. tidak tanggung-tanggung, alasan tersebut adalah alasan yang sudah dibuktikan secara ilmiah! Berikut adalah alasannya.

Menurunkan Stress
Para antropologis, peneliti, dan juga ilmuwan lainnya di UCLA Center berhasil menemukan bahwa terdapat hubungan antara hormon stres (kortisol) yang tinggi pada ibu-ibu rumah tangga dengan seberapa seringnya mereka menggunakan peralatan rumah. Para ibu-ibu rumah tangga juga biasanya akan meningkat tingkat kecemasannya ketika melihat piring kotor yang banyak. Dengan membereskan segala kekacauan di dalam rumah, ibu rumah tangga akan merasa lebih tenang hatinya, turun tingkat stresnya, dan juga tidak terus cemas.

Produktivitas Meningkat
Dengan kondisi yang berantakan, pikiran menjadi tidak atau kurang fokus. Hal tersebut tentunya akan dapat mengalihkan pikiran dan cara kerja otak Anda sehingga mudah tidak fokus. Para peneliti Universitas Princeton di Amerika Serikat, meneliti bahwa dengan kondisi rumah yang bersih, tertata, dan rapi, dapat meningkatkan tingkat fokus Anda dalam berpikir. Dengan begitu, produktivitas Anda dalam berbagai hal akan meningkat tajam.

Tidur Lebih Nyaman
Peneliti Universitas Saint Lawrence menemukan pula hubungan kebersihan dengan kualitas tidur yang baik. Dengan semakin rapinya rumah, dan semakin tidak berantakannya hunian, penghuni akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Dengan begitu, tubuh tidak akan mengalami depresi, stres dan juga hal buruk lain akibat dari buruknya kualitas tidur.

*

Gambar diambil dari vecteezy.com
BAGIKAN TULISAN INI

1 Komentar untuk "Alasan-alasan Ilmiah di Balik Keharusan Membersihkan Rumah"

  1. Yes kalo rumah lebih bersih tidur lebih nyaman, cuma malez... haha

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.