Garda Mobile Medcare, Aplikasi Pintar untuk Hidup Sehat

Sehat merupakan salah satu nikmat besar yang Allah berikan kepada manusia. Karena nikmat ini (termasuk juga didalamnya nikmat hidup), manusia bisa beraktifitas sehari-hari untuk kelangsungan hidupnya. Karena nikmat sehat, seorang ayah dapat bekerja dan mencari nafkah untuk keluarganya, seorang ibu bisa memasak, merawat anak dan semua kegiatannya dirumah, serta seorang anak dapat belajar dengan rajin. Hal ini merupakan contoh dasar dari nikmat sehat yang telah Allah berikan kepada kita.

Sudah seharusnya kita bersyukur dan berterima kasih atas nikmat sehat ini. Selain selalu ingat kepada-Nya, banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri nikmat sehat. Seperti, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, berolahraga dan masih banyak lagi kegiatan bermanfaat lainnya.

Sebagai manusia dengan segala keterbatasan, kita sering lupa bahwa tidak perlu menunggu sakit untuk bersyukur. Dalam keadaan apapun sudah sepantasnya kita selalu mengingat-Nya dan bersyukur. Begitu juga ketika sedang sakit, karena selain sehat, sakit juga merupakan nikmat. Meski lebih sering kita menganggap sakit adalah musibah. Bagaimana cara bersyukur ketika sedang sakit? Berusaha untuk segera sembuh dengan berkonsultasi dan berobat kepada dokter, meminum obat dengan teratur serta jangan lupa untuk meminta kepada-Nya agar peyakit yang diderita segera diangkat.

Sehat vs. Sakit
Percakapan sehat vs. sakit
Dari ilustrasi percakapan di atas, jelas sekali bahwa sehat dan sakit sangat berkaitan. Seseorang akan merasa lebih nyaman bekerja saat sedang sehat dari pada sedang sakit. Pun begitu, seseorang akan merasa lebih ikhlas dan khusyu’ beribadah atau berdo’a saat sedang sakit dan begitu seterusnya. Sehat dan sakit, keduanya merupakan keadaan yang bisa merubah kepribadian seseorang. Tetapi meski keduanya tidak dapat dipisahkan, sehat merupakan keadaan yang selalu diharapkan seseorang. Masak iya, ada orang yang ingin sakit? Semoga saja tidak ada..:)

Seperti telah dijelaskan di atas, banyak cara yang bisa dilakukan agar seseorang tetap sehat dan bisa segera sembuh ketika sakit. Cara-cara sederhana tentunya. Namun karena kesederhanaannya dan keterbatasan manusia sebagai pelupa cara itu sering terabaikan. Contoh yang paling nyata adalah pertama, karena padatnya kegiatan dan banyaknya pekerjaan membuat seseorang lupa untuk beristirahat, malas berolahraga, kurang mengkonsumsi air putih dan semacamnya yang pada akhirnya membuatnya sakit. Kedua, tidak berkonsultasi kepada dokter dan berobat saat sakit, lupa minum obat, lupa kapan harus kembali periksa adalah masalah yang malah justru akan memperparah sakitnya seseorang.

Garda Mobile Medcare
Untuk menjawab dan menyelesaikan masalah tersebut, kini telah hadir Garda Mobile Medcare. Garda Mobile Medcare merupakan aplikasi pintar yang bisa dijadikan alat bantu untuk hidup sehat. Fitur-fitur menarik dan bermanfaat bisa didapatkan dalam aplikasi ini, seperti pengingat aktifitas kebugaran, minum obat, kontrol kesehatan, mencatat aktifitas harian (makanan, minuman, berat badan ideal, beristirahat atau tidur), mencatat gejala penyakit yang sedang diderita dan masih banyak lagi. Garda Mobile Medcare sangat mudah digunakan, mulai dari pemasangan hingga dalam penggunaan fitur yang disediakan.

Aplikasi berbasis android dan iOS ini dibuat dan dikembangkan oleh Asuransi Astra, perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi umum dan merupakan anak dari Astra International Tbk. Di Indonesia, Asuransi Astra menjadi pemimpin pasar dalam bidang asuransi umum. Dengan misi "memberikan rasa aman dan tentram kepada jutaan pelanggan", Asuransi Astra terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya dengan memberikan beberapa solusi, yaitu asuransi kesehatan, kendaraan bermotor serta berbagai asuransi komersial lainnya. Salah satu inovasi terbarunya adalah memanfaatkan smartphone yang akhir-akhir ini digemari masyarakat Indonesia dengan membuat Garda Mobile Medcare, aplikasi pintar untuk hidup sehat.

Ya, seperti yang telah kita ketahui bersama, sekarang smartphone bukan lagi hanya sekedar alat komunikasi. Tetapi lebih kepada kebutuhan. Hampir semua kegiatan dan pekerjaan berkaitan erat dengan samrtphone. Terlebih lagi yang sifatnya kebutuhan primer seperti kesehatan. Pengalaman saya, saat istri sedang hamil sampai sekarang setelah kami memiliki anak, hampir selalu membutuhkan smartphone untuk mencari informasi seputar kesehatan. Begitu juga dengan Asuransi Astra, perusahaan ini ikut andil dalam perkembangan teknlogi dengan menghadirkan aplikasi pintar, Garda Mobile Medcare.

Seperti apa kepintaran aplikasi Garda Mobile Medcare ini? Berikut review dari saya..

Tiga Langkah Mudah Memasang Garda Mobile Medcare
Garda Mobile Medcare tersedia untuk pengguna android dan iOS secara gratis, tidak terbatas hanya kepada pelanggan Garda Medika. Selain gratis, pemasangannya juga sangat mudah. Cari, pasang dan gunakan! Ya, hanya dengan tiga langkah, aplikasi ini sudah terpasang pada smartphone kita dan siap untuk digunakan. Untuk memasagnya silahkan klik disini bagi penggua android dan disini bagi pengguna iOS. Saya memasangnya pada sistem operasi android.
Tiga langkah mudah memasang Garda Mobile Medcare

Menggunakan Garda Mobile Medcare
Setelah Garda Mobile Medcare sukses terpasang, saya langsung meggunakannya. Halaman pertama yang ditampilkan adalah halaman Beranda. Desain halaman Beranda yang ditampilkan sangat menarik dengan pemilihan warna yang cerah, beberapa menu yang disajikan tersusun rapi dengan ikon menarik, sangat nyaman dimata, bahasa yang digunakan juga mudah difahami.

Halaman Beranda

Pada halaman Beranda, disajikan beberapa menu dengan pemilihan posisi yang pas. Beberapa menu diletakkan di atas halaman, sisanya disajikan secara langsung dengan ikon dan warna yang menarik. Menu-menu ini nantinya yang akan menjawab dua kasus seperti pada contoh di atas. Oh iya, untuk bisa menggunakan semua fitur yang ada, pastikan bahwa kita telah mengisi data pada Halaman Profil, ya. Isiannya sederhana, kok. Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telpon dan Nomor Darurat. Jangan lupa, isi foto juga, ya. Biar manteb! :)
Halaman Beranda

Pengingat
Sesuai dengan namanya, fitur ini berisi beberapa pengingat yang terlebih dahulu harus kita isi pada menu-menu halaman Beranda. Cara mengisinya bisa disimak pada penjelasan tiap fitur dibawah. Ada tiga kategori pengingat yang tersaji pada fitur ini, Kebugaran, Kontrol Medis dan Obat. Dengan Pengingat dari Garda Mobile Medcare ini, kita bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk berolahraga secara rutin, kontrol kesehatan dan minum obat sesuai dengan anjuran dokter. Jadi, tidak ada lagi kata lupa untuk hidup sehat dan sembuh dari sakit. Karena ketika waktunya tiba, aplikasi pintar ini akan memberi tahu, apa yang harus dikerjakan.
Fitur Pengingat

Kebugaran
Fitur ini berisi beberapa kegiatan kebugaran yang dapat kita pilih sesuai dengan kegiatan masing-masing. Pilihan kegiatannya banyak, silahkan sesuaikan sendiri tempat, waktu dan pengingatnya. Saya mengisi tiga kegiatan kebugaran, karena ini rutin saya kerjakan. Jogging, Table Tennis dan Futsal. Yang Jogging sih sebenarnya bukan jogging seperti biasanya, tetapi cuma jalan-jalan santai bersama anak dan istri disekitar rumah sejauh 500 meter setiap pagi. Lumayan, bisa menghirup udara segar saat pagi hari. :)

Setelah semua data diisi dan disimpan, maka secara otomatis kegiatan ini akan tersimpan dalam fitur Pengingat. Tunggu saja, sampai kita diingatkan oleh aplikasi pintar ini, Garda Mobile Medcare.
Fitur Kebugaran

Aktifitas Harian
Pada fitur ini, kita bisa mengatur sendiri target sehat yang ingin kita capai. Ada enam kategori target yang bisa disesuaikan, Makanan, Berat Badan, Air Minum, Kopi, Teh dan Tidur. Sebelum menggunakan fitur ini, silahkan isi data pada kategori Berat Badan terlebih dahulu. Karena dengan mengisi data berat badan, kita bisa tahu apakah berat badan kita normal atau tidak dan kita juga bisa mengira-ngira target apa yang ingin kita capai pada kategori yang lain.

Untuk mengatur target, silahkan pilih menu SET TARGET pada halaman sebelah kanan atas. Selanjutnya, pilih kategori apa yang akan kita atur dan berapa banyak jumlahnya. Contoh, saya akan mengatur target air minum sebanyak 8 gelas setiap hari. Maka saya akan memilih Air Minum pada kategorinya, kemudian menyesuaikan jumlahnya hingga menjadi 8 gelas dengan menyentuh tombol (+) atau tombol (-). Jika sudah, pilih kembali menu SET TARGET pada halaman sebelah kanan atas. Langkah terakhir, kembali ke halaman Aktifitas Harian, pilih tombol (+) dalam kotak, pilih kategori Air Minum dan selesai! Saya sudah memiliki target minum air 8 gelas setiap hari.

Agar target minum air 8 gelas setiap hari saya tercapai, maka saya akan memilih tombol (+) di dalam gambar gelas setiap selesai minum segelas air, atau saya memilih gambar gelasnya kemudian menarik ke atas kursor gelas sampai target 8 gelas terpenuhi.

Silahkan atur sendiri untuk kategori yang lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Cara mengaturnya sama dengan mengatur target Air Minum. Oh iya, pada setiap kategori selain kategori Makanan dan Tidur, Garda Mobile Medcare memberikan Rekomendasi, lho! Dengan memilih menu Rekomendasi pada target yang telah dibuat kita bisa dapat ilmu tentang target itu sendiri. Garda Mobile Medcare memang aplikasi pintar, kan?
Fitur Aktifitas Harian dan Cara Mengatur Target Sehat
Gejala
“Mulai kapan sakitnya?”
“Sudah pernah minum obat apa?”
“Sebelumnya pernah periksa?”
Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering dilontarkan dokter ketika akan memeriksa pasiennya. Pertanyaannya memang terkesan sederhana, tetapi jika tidak dijawab dengan benar dan sesuai dengan apa yang diderita, maka akan timbul masalah. Untuk mempermudah masalah ini, kita bisa menggunakan fitur Gejala pada Garda Mobile Medcare. Ya, fitur ini akan mencatat gejala-gejala apa saja yang pernah diderita lengkap dengan nama gejala, berapa lama dan telah mengkonsumsi obat apa. Dengan menunjukkan data yang telah kita isi pada fitur ini, dokter langsung bisa tahu tindakan apa yang harus diambil. Selain itu, fitur ini juga bisa menjadi catatan kesehatan pribadi dan merupakan awal untuk menangangani suatu gejala. Jadi tidak harus selalu mengunjungi dokter jika bisa kita tangani sendiri.

Misalkan saja, pada fitur ini saya mengisi gejala Batuk berdahak disertai pilek. Saya mengisi tanggal mulai dan tanggal akhir plus nama obat yang saya minum. Dan ternyata, dengan meminum obat ini gejala batuk berdahak disertai pilek yang saya derita sembuh. Nah, jika suatu saat gejala ini saya derita lagi, saya tidak akan khawatir akan salah minum obat, karena gejala ini sudah tercatat dengan baik pada Garda Mobile Medcare.
Fitur Gejala
Kontrol Medis
Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang harus rutin kontrol perkembangan kesehatan. Bagi yang sesekali harus kontrol kesehatan juga bisa, kok. Dengan fitur ini, tidak akan terjadi lagi lupa kontrol kesehatan karena sibuk dengan pekerjaan. Ya, cukup dengan mengisi beberapa data, termasuk waktu dan tempat kontrol kesehatan, fitur Pengingat Garda Mobile Medcare akan secara otomatis memberi tahu, harus kontrol kesehatan apa, dimana, dan kapan waktunya.

Pada fitur ini saya mengisikan jadwal kontrol medis yang harus ibu mertua jalani. Meski tidak rutin, tetapi beliau sering menjalani kontrol medis berupa cek kadar gula di Lab. Sejahtera Besuki. Jadwalnya saya atur satu bulan sekali dengan pengingat satu jam sebelumnya. Jadi ada waktu untuk memberi tahu istri atau ibu mertua bahwa sudah waktunya kontrol kadar gula. Semoga saja, dengan aplikasi pintar ini dan dengan bantuan menantunya yang baik, ibu mertua bisa rutin cek kadar gulanya. :)
Fitur Kontrol Medis

Obat
Fitur ini sama dengan fitur Kontrol Medis, yaitu mengingatkan kita untuk meminum obat sesuai dengan data yang telah kita isi. Selain nama, jumlah, waktu, pengingat dan catatan, fitur ini juga dilengkapi dengan foto obat. Jadi tidak akan tertukar, terlambat atau lupa untuk meminumnya.

Pada fitur Obat, saya mengisi data obat yang harus ibu mertua minum (saya peduli banget ya sama ibu mertua, hehe.. Maklum, menantu yang baik.). Setelah selesai melakukan kontrol kadar gula, baiasanya beliau mendapatkan obat. Biar tidak terlambat dan lupa untuk meminumnya, saya masukkan saja dalam fitur Obat. Biar nanti Garda Mobile Medcare yang mengingatkan dengan fitur Pengingatnya. Keren, kan? :)
Fitur Obat

Hubungi Garda Akses
Untuk terwujudnya visi yang dimiliki Asuransi Astra, maka perusahaan ini menyediakan layanan panggilan pelanggan selama 24 jam di nomor 1500112. Untuk mempermudah pelanggan melakukan panggilan, maka disediakan fitur ini. Dengan hanya sekali sentuh, pelanggan sudah dapat langsug berkomunikasi dengan costumer service.
Fitur Hubugi Garda Akses

Kotak Masuk
Fitur ini berisikan beberapa informasi yang berkaitan dengan Asuransi Astra termasuk didalamnya adalah promosi. Saat selesai memasang aplikasi Garda Mobile Medcare, maka otomatis fitur ini ada notifikasi jumlah pesan. Isinya ada beberapa, diantaranya ucapan selamat datang kepada pelanggan disertai hantaran singkat tentang aplikasi, informasi promo voucher Optik Melawai seilai 500.000,- dan 10 hari free trial Celebrity Fitnes serta free 1 bulan di bulan ke-13 jika mejadi member selama masa trial. Kerennya lagi, promo ini kita dapatkan hanya dengan memasang aplikasi Garda Mobile Medcare. Pasang aplikasinya sekarang, yuk..!
Fitur Kotak Masuk

Garda Medika
Fitur ini hanya bisa diakses oleh anggota Garda Medika dengan memasukkan Nomor Kartu dan Alamat Email. Menurut informasi yang saya terima di Kotak Masuk, fitur ini bisa digunakan untuk melihat Garda Medika e-Card, manfaat, histori klaim serta keanggotaan keluarga. Dua fitur bisa diakses setelah pelanggan melakukan pendaftaran khusus yaitu fitur manfaat dan histori klaim. Aktifasinya bisa dilakukan setelah disetujui oleh masing-masing perusahaan untuk seluruh karyawan.
Fitur Garda Medika

Halaman Profil
Halaman ini berisi informasi tentang pengguna. Seperti yang telah saya jelaskan diawal, halaman Profil harus diisi pertama kali, agar dapat menggunakan seluruh fitur. Isilah data dengan benar. Untuk Nomor Darurat, saya mengisinya dengan nomor istri. :)
Fitur Halaman Profil

Halaman Sekitarku
Pada halaman ini disajikan lima menu, Rumah Sakit, Laboratorium, Apotek, Gym dan Optik. Fitur ini bisa kita gunakan ketika dalam keadaan darurat. Misal, ketika sedang diperjalanan dan harus ke optik untuk memperbaiki kaca mata yang pecah sementara tidak tahu lokasi optik terdekat, maka fitur ini bisa kita gunakan. Karena fitur ini sudah terhubung dengan google map, lokasi optik yang akan kita tuju sudah ditampilkan dengan rute dan gambar. Jadi, tak perlu khawatir akan kesasar.
Fitur Halaman Sekitarku

Halaman Pengetahuan
Pada halaman ini, disajikan beberapa artikel tentang kesehatan. Tidak diragukan lagi, Garda Mobile Medcare memang aplikasi pintar!
Fitur Halaman Pengetahuan

Halaman Pengaturan
Pada halaman ini, kita bisa melihat dan mengatur beberapa fitur. Diantaranya, melihat detail tentang aplikasi, menghubungkan akun dengan akun media sosial, memberi tahu teman menggunakan media sosial, mendaftar menjadi pengguna aplikasi dan terakhir pembaharuan atau refresh hasil sinkronisai.

Untuk mendaftar sebagai pengguna aplikasi Garda Mobile Medcare, kita cukup memasukkan email dan nomor handphone. Setelah itu, email pembertahuan tentang akun dan nomor token akan dikirim menggunakan email. Nomor token berfungsi untuk login. Oh, iya manfaat menjadi pengguna aplikasi Garda Mobile Medcare adalah seluruh data yang pernah kita isi, bisa di back-up dan di restore ketika kita mengganti smartphone, lho. Jadi, tidak harus mengisi dari awal serta data kesehatan kita tetap tersimpan dengan baik.
Fitur Halaman Pengaturan

Kesimpulan
Setelah menggunakan aplikasi Garda Mobile Medcare, saya dapat menyimpulkan beberapa hal:
  1. Garda Mobile Medcare merupakan aplikasi pintar yang dapat digunakan dengan mudah, fitur yang dimiliki bermanfaat dengan tampilan yang menarik.
  2. Saran untuk pengembangan kedepan: 
  3. Memberi pilihan nada dering pada fitur pengingat 
    Pada isian yang berkaitan dengan Fitur Pengingat, diberi pilihan nada dering. Jadi pengguna bisa mengatur pengingat yang dibuatnya akan diberi nada dering atau tidak. Karena sepengalaman saya, pengingat yang sudah tiba waktunya hanya memiliki notifikasi atau nada dering sesuai dengan notifikasi perangkat. Alangkah lebih baiknya jika pengguna bisa memilih nada dering sendiri untuk pengingatnya. 
    Selalu update fitur Sekitarku dan Pengetahuan 
    Menurut saya fitur ini sangat membantu, jadi terus selalu melakukan update fitur. Sementara ini, pada fitur Sekitarku saya tidak menemukan satupun rumah sakit di sekitar tempat saya tinggal. Padahal disini ada dua rumah sakit besar, RSUD Dr. Kusnadi dan RS. Bhayangkara. Begitu juga dengan Apotek. Pun begitu fitur Pengetahuan. Fitur ini hanya terdapat sembilan informasi. Saya rasa, semakin banyak, semakin baik. Cukup dengan Garda Mobile Medcare, semua kebutuhan informasi kesehatan terpenuhi.
    Back-up & restore bisa dilakukan pada semua sistem operasi 
    Pada saat melakukan back-up dan restore data, tidak hanya terbatas pada sistem operasi yang sama. Tidak terbatas pada android dengan android atau iOS dengan iOS, tetapi android dengan iOS begitu juga sebaliknya. Jadi, apapun sistem operasinya, bisa melakukan back-up atau restore.
Kesimpulan Review dan Saran Pengembangan Aplikasi

Nah, begitulah review saya tentang Garda Mobile Medcare, aplikasi pintar untuk hidup sehat. Semoga bermanfaat dan kita semua tetap selalu sehat dan bahagia, amin.. :)
Untuk Garda Mobile Medcare, terus berkembang ya.. Aku padamu, soalnya. Hehehe

Salam hangat dari Bondowoso..

Tulisan ini saya ikutsertakan dalam "Medcare Blog Competition". #gardamobile #medcare

***
Sumber tulisan dan gambar saya ambil dari:
asuransiastra.com
freepik.com
BAGIKAN TULISAN INI

12 Komentar untuk "Garda Mobile Medcare, Aplikasi Pintar untuk Hidup Sehat"

  1. Mantap mas reviewnya. Lengkap dan menarik. Semoga beruntung ya ��

    Mampir ke tulisan saya juga ya.. ��
    http://www.juniawanarif.com/2016/06/garda-mobile-medcare-untuk-gaya-hidup-sehat-masa-kini/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Terimakasih, mas Jun..
      Sukses juga untuk sampean..

      Hapus
  2. Waoww...power fulll pokonya. Dan aplikasi Garda Mobile Medcare emang aplikasi yang keren abnget karena bisa memenej kita soal kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, mas. Keren binggo! :)
      Bermanfaat sekali bagi kita yang ingin hidup sehat.

      Terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  3. Infografisnya kece... :D... bisa lah mas diajarin..wkwkwk

    BalasHapus
  4. Wow, Astra melebarkan sayap ke aplikasi kesehatan ya, mantaplah :)
    Reviewnya lengkap banget, semoga berhasil di kompetisinya ya.

    BalasHapus
  5. Komplit bangeet.
    ini semacam reminder kesehatan ya mas. Top ya aplikasinya

    BalasHapus
  6. wuihhh ngelomba nih, cakep bener infografisnya, smooth, enak dipandang, sukses ya mas ngontesnya

    BalasHapus
  7. saya baru tahu aplikasi ini... coba nanti saya coba instal... penasaran...pengen tahu..

    BalasHapus
  8. Wah... lengkap dan detil sekali informasi mengenai Garda Mobile Medcarenya. Saya baru tahu ini loh.. hee
    Jadi bisa mudah mengetahui peringatan waktunya minum obat dsb/ hhee
    Sukses ya...
    Sala, kenal ^_^

    BalasHapus
  9. Sehat adalah hal penting dalam kehidupan yang harus di perhatikan. Hadirmya aplikasi tersebut saya rasa sangat memberi manfaat yang signifkan apalagi di era digital seperti ini.

    Top banget :) salam hangat dari Bojonegoro

    BalasHapus
  10. Sippp mas rosyid semoga menang jangan lupa main main juga ke Gusbolang.blogspot.com

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.