Video : Belajar Menulis dan Menyambung Huruf Arab (Hijaiyyah)

Menulis dan membaca merupakan dua hal yang tidak boleh terpisahkan, hilang satu atau bahkan hilang semua. Jangan!
Sebelum mengikuti ujian akhir semester atau ujian kenaikan kelas, sekolah kami mewajibkan semua murid untuk menuntaskan setoran hafalan furudhul ‘ainiyah. Materi hafalan furudhul ‘ainiyah yang ada disekolah kami adalah amalan-amalan wajib sehari-hari. Seperti bacaan dan praktik shalat, wudhu’, tayamum, baca tulis al-qur’an dan lain-lain. Ini diharapkan agar kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan kewajibannya sebagai muslim bisa dijalani dengan baik dan benar.

Meski bukan pembina, tetapi seminggu sebelum pelaksanaan ujian, saya selalu menerima setoran hafalan. Kali ini saya sengaja hanya menerima setoran untuk kelas satu saja. Untuk materi hafalan dan membaca, hampir seluruhnya saya beri nilai A. Anak-anak sangat lancar menghafal dan membacanya. Mungkin karena sudah biasa dibaca setiap hari, jadi mudah. Tetapi untuk materi menulis dan menyambung huruf hiijaiyah, masih banyak anak-anak yang menulisnya jauh dari kata baik apalagi benar.
Hasil tes setoran Furudhul 'Ainiyah


Setelah saya tanya kenapa hasil tulisan arabnya tidak baik, mereka menyampaikan bahwa sebelum mondok, mereka jarang sekali menulis arab. Ada yang menjawab hanya belajar menulis arab pada waktu sekolah TK saja, ada juga yang katanya cuma belajar mengaji tetapi tidak belajar menulis arab dan dengan banyak jawaban yang bermacam-macam.

Maka, dari fakta dan jawaban-jawaban itulah saya putuskan untuk membuat sebuah video berbentuk tutorial. Dengan video ini, diharapkan agar siapapun bisa belajar menulis arab tanpa memandang umur, waktu dan tempat. Dalam video ini saya memulainya dari yang paling dasar dan semoga kedepannya bisa dikembangkan lagi. Saya tunggu saran dan kritik yang membangun.

Selamat menonton. Semoga Anda suka dan salam hangat dari Bondowoso..

Link video di Youtube : https://youtu.be/A1U-pWCWPdY

Tulisan dan video ini saya ikutkan dalam lomba yang diadakan Blog Emak Gaoel dan Smartfren.

JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

6 Komentar untuk Tulisan
"Video : Belajar Menulis dan Menyambung Huruf Arab (Hijaiyyah)"

  1. Tips yang sangat bermanfaat ini, salam hangat dari Bojonegoro:)

    BalasHapus
  2. Boleh neh videonya buat anak. Dari dulu saya suka banget belajar bahasa arab, soalnya menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, mbak.. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk njenengan.

      Hapus
  3. apikkk tulisannya mas, kalo deket biar Alfi belajar ngaji deh sama pak guru Rosyid

    BalasHapus
  4. Bagus. Terimakasih.

    BalasHapus