Melahirkan Blogger dari Mata Pelajaran TIK

Setelah sekian lama menjadi blogger, saya merasa masih belum banyak mendapatkan ‘sesuatu’, termasuk salah satunya menjadi blogger maksimal seperti Emak Gaoel yang telah terkenal seantero dunia per-blogger-an berkat blognya. Meski demikian, saya telah dan akan terus berusaha untuk meraihnya, termasuk didalamnya saya ingin melahirkan blogger dari mata pelajaran TIK.
Empat rencana saya untuk melahirkan blogger dari mata pelajaran TIK
Ya, pada tahun pelajaran 2015/2016 ini, saya diberi amanah untuk mengajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kelas IX dari semester ganjil sampai semester genap, berbeda dengan tahun pelajaran sebelumnya yang hanya mengajar semester genap saja.

Pada semester genap, ada materi tentang blog, yang saya harapkan bisa menjadi media untuk mewujudkan keinginan saya tersebut. Tahun pelajaran lalu hanya beberapa murid saja yang bisa menyelesaikan materi ini dengan baik. Salah satunya Agus Miftahurrohman, blognya bisa Anda akses di rahmanfiles.blogspot.co.id. Kendalanya pada waktu itu adalah keterbatasan waktu. Sepuluh pertemuan dengan beberapa materi, sementara anak-anak tidak semua memiliki akun gmail. Jadi kami harus memulainya dari awal.

Pendapat murid SMP Nurul Jadid tentang Blog [fullscreen aja, biar mantep! :)]

Melihat keinginan dan pendapat murid saya tersebut, saya berharap agar tahun pelajaran ini semua murid bisa menjadi blogger. Meski tidak mudah, tapi saya optimis! Saya yakin bisa mewujudkannya.

Pada pertemuan pertama, saya telah menyampaikan kontrak belajar. Semua kegiatan belajar saya sampaikan, materi, praktek, ulangan harian, tugas harian, UTS dan UAS. Selain itu, saya juga mewajibkan seluruh murid agar memiliki akun gmail sebelum semester genap dimulai. “Dicicil dari sekarang, ya.. Biar kontrak belajar kita ini berjalan sesuai harapan. Terus kalian bisa menjadi blogger, dengan tidak meninggalkan materi yang lain..” Begitulah mungkin, cuplikan penjelasan saya pada waktu itu.

Selain itu, saya juga terlah mengatur 'siasat' agar kendala tahun lalu tidak terjadi lagi dan juga telah memiliki empat rencana untuk mewujudkannya, yaitu:

1. Setiap murid punya Blog
Ya, ini adalah target utama saya, sebisa mungkin semua murid harus punya blog sebelum mereka lulus. Selanjutnya, saya akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi mereka yang ingin berdiskusi tentang blog, saya juga akan membuat group khusus di Facebook agar mereka memiliki media untuk terus belajar.

2. Memanfaatkan jurnalis majalah sekolah (IQRO')
Setelah setiap murid punya blog, saya akan bekerjasama dengan jurnalis majalah sekolah untuk mengadakan latihan kepenulisan, nantinya ini bisa menjadi tempat untuk saling bertukar pengalaman tentang kepenulisan. Paling tidak dengan adanya kegiatan ini, minimal akan tercipta semangat untuk menulis.

3. Memasukkan materi tentang blog dalam ekstrakurikuler TIK
Disekolah kami, ada banyak pilihan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh semua murid, salah satunya adalah ekstrakurikuler TIK. Nah, disini saya akan berkoordinasi dengan bagian kurikulum dan kepala sekolah untuk memasukkan materi tentang blog.

4. Lomba blog
Sebagai penghargaan kepada mereka yang telah resmi menjadi blogger, bersama Kepala Urusan Kesiswaan saya akan mengadakan lomba blog seputar kegiatan sekolah. Untuk tahap awal yang akan dinilai adalah gaya tulisan. Untuk selanjutnya, akan dikembangkan pada penilainan lainnya, termasuk tampilan blog.

Dari beberapa hal diatas, besar harapan saya untuk bisa melahirkan blogger dari mata pelajaran TIK, dengan bantuan dari semua pihak tentunya. Kepala sekolah, kepala-kepala urusan, seluruh keluarga besar SMP Nurul Jadid Paiton dan juga Anda pembaca, baik yang blogger atau bukan.

Dalam tulisan ini saya menggunakan tiga aplikasi, yaitu Blogger versi Android, Adobe Photoshop CS3, dan Windows Movie Maker. Tiga aplikasi tersebut juga biasa saya gunakan untuk menyelesaikan dan melengkapi bahan dalam tulisan saya lainnya.

1. Blogger versi Android
Ide tulisan ini muncul saat saya mengajar, dan untuk menghindari kehilangan ide, saya menuliskan poin-poin pentingnya pada aplikasi ini. Ini juga mempermudah saya saat mengedit beberapa draf yang telah ada. Cukup dengan handphone, jadilah tulisan.

2. Adobe Photoshop CS3
Aplikasi legendaris dalam bidang gambar dan foto. Banyak sih tool yang disediakan, tapi karena saya yang ‘gak begitu ngerti’ jadi hanya memakainya untuk memotong, menggabungkan, memainkan warna dan memberi kata atau kalimat. :)

3. Windows Movie Maker
Aplikasi sederhana untuk membuat sebuah video. Ya, menu, tool dan tampilan yang diberikan sangat sederhana, sangat membantu bagi saya yang gak faham-faham banget soal ke-video-an.


Selain tiga aplikasi diatas, untuk kegiatan ngeblog, saya menggunakan modem smartfren. Dari saking cintanya sama smartfren, saya sampai punya dua modem untuk dua laptop yang berbeda. Satu untuk istri dan satu untuk saya. Bagi kami, sampai saat ini belum ada yang bisa menggantikan keistimewaan jaringannya, Go For It!

Go For It Blog Competition
BAGIKAN TULISAN INI

28 Komentar untuk "Melahirkan Blogger dari Mata Pelajaran TIK"

  1. klo di sini, sinyal itu nggak terlalu kuat...
    tp salut sama murid2 yg mau jd blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh.. Gitu ya? Coba laporan ke CSnya siapa tahu ntar ditindak lanjuti dan akan bagus kualitas sinyalnya. :)
      Iya nih, semoga benar-benar bisa terwujud keinginan mereka.

      Hapus
  2. Dunia maya memang membuat hidup manusia menjadi lbh mudah.
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Pakdhe..
      Meski tak semudah kedipan mata, tapi tetap mudah. Hehe

      Terimakasih dan salam hangat dari Bondowoso..

      Hapus
  3. Wah future planning yg baik mas untuk mensosialkan blog kepada siswa, siapa tau nantinya banyak siswa yang sukses berkecimpung di dunia blogging. Semoga sukses mas rencananya.
    Btw semoga menang ya mas lombanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan saya sih begitu mas. Kan sampean juga awalnya ngeblog dari sekolah. Siapa tahu nanti ada murid saya yang bisa mengikuti jejak sampean. :) Semoga saja., amin..

      Terimakasih mas, sampean juga semoga sukses..

      Hapus
  4. semoga target2nya tercapai yak, amiiinn
    go for it :)

    BalasHapus
  5. dunia maya bisa menghasilkan hal berguna dan bermanfaat . good luck ya

    BalasHapus
  6. asik banget kalau semuaguru tik mengajarkan anak-anak untuk menjaid blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja mbk. Bukan hanya saya saja, tapi semua guru TIK melakukannya, dan akan banyak siswa Indonesia yang menjadi Blogger. :)

      Hapus
  7. Senang sekali saya membacanya, Mas, betapa ke depannya anak-anak SMP Nurul Jadid Paiton akan menjadi bloger-bloger yang membagikan banyak kebaikan di era internet ini. Semoga sukses ya, Pak Guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Terimakasih, Pak Ustadz.
      Semoga ini benar-benar bisa saya wujudkan.

      Hapus
  8. Selamat hari santri Mas, semoga melahirkan santri blogger dan tentu menjadi yang terbaik di lomba ini, keren mas tulisannya! :)

    BalasHapus
  9. Wahh idenya keren!
    Saya juga berharap demikian. Kerena dengan TIK, kegiatan ngeblog bisa "dikenal"
    Ya semoga saja tahun depan ngeblog sudah masuk dalam kurikulum. Aminn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Terimakasih, mbak.
      Ini sebagian dari usaha saya untuk menjadi Blogger maksimal. :)

      Hapus
  10. Mantap mas, mencetak blogger2 masa depan. Lanjutkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Semoga ini benar-benar bisa terwujud, mas..
      Terimakasih.

      Hapus
  11. Saya juga lagi mulai memperkenalkan dunia menulis dan juga blog ke teman-teman kuliah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. Bagus dong, mas.
      Akan semakin banyak berarti blogger di Indonesia. Sukses selalu ya mas.
      Terimakasih..

      Hapus
  12. Lengkap sekali rencananya.. Dan semoga semua bejalan lancar! Jadi semakin banyak blogger Indonesia yang kereeen.. Sukses yaaa mas GAnya ;)

    BalasHapus
  13. wah, murid-muridnya bisa dijadikan grup buzzer lho, pak guru. hihihihi...
    sukses selalu ya.

    @nuzululpunya

    BalasHapus
  14. blogger bisa dijadikan salah satu pelajaran di TIK mulai sejak SD

    BalasHapus
  15. keren mas...tulisanmu lengkap sekali...

    BalasHapus
  16. Sepakat dan salut dengan gagasan pak guru. Menjadi blogger akan mendorong anak-anak berkreasi dan melebarkan koneksi serta menambah pengetahuan. Semoga terwujud dan semoga menang ya Mas....

    BalasHapus
  17. ada salah satu point pengalaman saya yang saya mau bagikan ! " jika ada tugas untuk membuat blog"
    kebanyakan yang saya temui murid sangat bergantung pada salah satu murid yang bisa membuat blog, jadi mereka terima bersih dari pembuat , bagaimanakah solusi anda untuk menanggulanginya :D
    (pengalaman mantan OP warnet)

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.