Rencana : Imbangi dengan Do'a dan Usaha

Sampai kapan pun kita sebagai manusia hanya bisa berencana saja, selebihnya hanya Allah-lah yang akan menentukan. Sebaik apaun rencananya, serapi dan secanggih apapun rencana itu disusun, jika Allah tidak menghendakinya maka rencana itu bagaikan jejak kaki yang akan tersapu bersih oleh ombak. Semua akan hilang begitu saja dan akan menjadi kenangan.
Lalu?
Jika sudah berencana dan telah berusaha mewujudkan tapi Allah tidak mengizinkan?
Ikhlaskan, buat dan berusaha wujudkan sebuah rencana kembali.
Semudah itu?
Tidak...!
(Pendapat salah seorang teman saat sedang berbicara tentang rencananya yang sering tak bisa diwujudkan)..

**

Ah...
Itu kan hanya sebuah kenyataan yang kadang terjadi dan kadang juga tidak. Menurut saya, jika misalkan kita benar-benar memiliki sebuah rencana, dan rencana itu telah sesuai dengan porsi kemampuan kita serta diimbangi dengan usaha dan do'a, insyaallah, Allah akan bersama kita. Allah akan membantu memudahkan dan mewujudkan rencana-rencana kita sebagai manusia..

Pendapat teman diatas juga tak salah, karena kita (terutama saya) memiliki banyak rencana. Selesai satu rencana, maka akan disusul oleh rencana-rencana selanjutnya. Kadang juga rencana satu belum terwujud, sudah ada lagi rencana yang lain. Ya, kembali lagi kepada hakikat kita sebagai manusia, bahwa manusia hanya bisa berencana.

Ketika kemaren saya memiliki sebuah rencana besar sebelum ramadhan, setelah semua rencana itu saya coba wujudkan, yang pasti sudah saya sesuaikan dengan porsi kemampuan saya, usaha dan do'a juga, alhamdulillah.. pertengahan ramadhan sudah bisa terwujud, lalu kemudian disusul dengan rencana-rencana besar selanjutnya.


Jika memiliki rencana tidak sesuai dengan porsi kemampuan apalagi tidak diimbangi dengan do'a dan usaha, jangan berharap bisa terwujud.
Jangan berencana bisa memiliki rumah dan mobil pribadi, jika kamu tidak bekerja, menabung dan berdo'a. Itu mah namanya bukan rencana, tapi mimpi disiang bolong.. :)

Teruslah berencana kawan, lanjutkan hidupmu!

Salam saya..

(Tulisan ringan setelah shalat tarawih).
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

5 Komentar untuk Tulisan
"Rencana : Imbangi dengan Do'a dan Usaha"

  1. terkadang apa yang kita inginkan tidak terwujud..namun ALLAH menggantinya dengan apa yang kita butuhkan....
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  2. yapz,,pastinya,,,suatu rencana tanpa do'a dan usaha tak mungkin terwujud,,rencana yang sudah di depan mata,,,tapaki sedikit demi sedikit,,,dan nantinya tinggal menuai hasil :)

    BalasHapus
  3. pasangan yang kompak pokoknya usaha dan doa agar segala sesuatu tercapai

    BalasHapus
  4. semoga aja rencana nya sukses ya :)

    BalasHapus
  5. Uhuk2. . .
    Semoga Allah meridhoi ya, Mas. . .
    Sukses untuk rencana besarnya. . .

    BalasHapus