Berhati-hatilah dengan Cinta Dunia Maya

Dilihat dari semua aspek kehidupan, cinta pasti selalu ada, baik itu keluarga, dunia pendidikan maupun dunia kerja. “Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga”.

Dari segi keluarga misalkan, sejak lahir hingga menuju dewasa tentu orang tua telah banyak menanamkan benih-benih cinta dalam diri kita, toh kita juga dilahirkan atas dasar kecintaan Allah kepada hamba-Nya dengan memberikan kepercayaan kepada orang tua untuk menjaga kita, kita ada dan kita bermula dari cinta. Apalagi dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Sudah dapat dipastikan kesuksesan seseorang penuh dengan nilai-nilai cinta didalamnya. Adakah seseorang yang sukses tanpa sedikitpun terselip rasa cinta? Saya rasa tidak ada..

Nah, yang terjadi sekarang terutama dikalangan muda-mudi, arti cita sudah mengalami penyempitan makna dan jauh dari makna cinta yang sesungguhya. Cinta hanya diaplikasikan dalam ikatan asmara yang biasa kita dengar “pacaran” (Saya tidak begitu lho ya.. Hehe). Hal ini memang bukan tidak berasalan, tapi ini adalah pengaruh cerita-cerita fiksi yang setiap hari kita tonton di televisi yang kemudian tanpa disadari sudah menanamkan paradigma cinta lebih kepada hal yang menjurus pacaran saja.

Tapi menurut saya, semua itu kembali kepada pribadi masing-masing. Ini hanya pendapat saya dan ini juga pernah saya alami.. ☺
Jika pribadinya sudah siap dengan pengaruh positif dan negetifnya teknologi informasi, saya rasa no problem, thast’s OK..

Seperti yang telah saya katakana diatas, pengaruh positif dan negatifnya Teknologi Informasi (orang lebih sering mengucapkannya teknologi-saja), sebenarnya itu tergantung pada diri sendiri dimana kita akan menempatkannya. Sebagai contoh saja, Facebook yang sama-sama kita cintai ini juga merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi di bidang komunikasi.

Banyak orang yang menemukan cinta sejatinya karena berawal dari Facebook, Twitter, YM dan lainnya. Termasuk juga Arman Maulana yang dalam syair lagunya diceritakan ia bisa menceritakan kisah-kisah lamanya di Facebook. ☺ Nah, sebenarnya ini yang akan saya bahas, tapi malah ngelantur kemana-mana..

Ok, lanjut..
Jujur, perjalanan asmara saya-pun berawal dari dunia maya, dimana waktu itu saya mengenal bidadari kecil saya dari Facebook dan alhamdulillah sampai sekarang masih terus bertahan dan semoga akan terus begini selamanya.. ☺ Amin…

Saya rasa bukan hanya saya saja yang mengalami hal itu, tentu masih banyak orang lain yang mengalaminya.Yang menjadi pertanyaan adalah, “katanya cinta dari mata turun kehati, bagaimana bisa jatuh cinta? Bukankah di dunia maya kita tidak bisa menatapnya secara langsung?”. Hmmm, belajar dari pengalaman pribadi dan juga dari beberapa teman, cinta didunia maya muncul juga awalnya lewat mata, tapi disini bukan mata kepala, melainkan mata hati.. ☺

Benar memang, banyak kisah cinta didunia maya bisa menjadi kisah cinta didunia nyata, contohnya ya saya ini.. ☺ Namun demikian, banyak juga setelah menatap rupa didunia nyata rasa yang dulu ada bak hilang di telan bumi dan yang pasti akan menimbulkan luka hati yang sagat luarbiasa. (Ini cerita teman saya, yang katanya di Facebook wajahnya cantik dan suaranya juga merdu tapi setelah bertemu langsung berbalik 80 derajad, hahaha) Ada-ada saja..!

Baik, cerita saya itu mungkin bisa dikategorikan sebagai pengaruh positif dari teknologi informasi dimana dari cinta dunia maya bisa menjadi cinta dunia nyata. Lalu seperti apakan pengaruh negatifnya? Nah, ini yang perlu kita antisipasi dari sekarang karena banyak juga orang-orang yang menggunakan teknologi komputer, terutama teknologi informasi sebagai media untuk merugikan orang lain. Sudah banyak informasi yang kita dengar tentang kejahatan didunia maya, terutama Facebook. Suatu misalkan, kasus penculikan M, 16 tahun, seorang pelajar kelas X sekolah menengah atas yang diculik oleh Ardi Wicaksono, 19 tahun, warga Jambe, Kabupaten Tangerang 25 Maret 2013 lalu. Padahal, Ardi Wicaksono ini adalah teman Facebooknya M,. Serem kan???

Belum lagi kasus yang menimpa seorang perempuan pengusaha garmen, sebut saja namanya Putri. Perempuan berusia 51 tahun itu mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat penipuan yang dialaminya via Facebook. Total dia kehilangan Rp 1,78 miliar. Tahu siapa yang menipunya? Ray Christofher, ya dia adalah pacar Putri sendiri.

Itu hanya dua kasus saja, sebenanrnya masih banyak lagi kasus-kasus lain yang tak bisa saya tuliskan disini, karena kalau ditulis pasti akan jadi Koran.. Hehehe
Lalu kesimpulannya? Berhati-hatilah…!

Yang terakhir dari saya, misalkan ada teman, sahabat, keluarga dan siapapun yang sedang merasakan indahnya cinta dunia maya, saya doakan, semoga cinta Anda akan berakhir menjadi cinta dunia nyata yang indah.. Amin..

Salam..

Sumber berita saya ambil dari tempo.co, gambar saya ambil disini.
BAGIKAN TULISAN INI

46 Komentar untuk "Berhati-hatilah dengan Cinta Dunia Maya"

  1. asal yang kita cintai bukan maya (tidak nyata) hehe... itu malah terlihat menganehkan, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, keduluan kita sama mas Ari :)

      Hapus
    2. Hehehe
      Bisa..
      Udah cintanya duni maya, eh malah orangnya juga maya. :)

      Terimakasih..

      Hapus
  2. Setuju, itu kembali pada pribadi masing-masing sejauh mana ia melindungi dirinya :)
    salam sialturahmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar..
      Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.. Hahaha

      Salam silaturrahmi..

      Hapus
  3. mudah2 yg dimaksud bukan mbak Maya Kayla, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Begitulah..
      Mudah dan kreatif sebenarnya.. :)

      Hapus
  4. makasih mas... partisipasinya sungguh sangat saya apresiasi
    Semoga tetap langgeng dengan bidadari kecil dari Facebook .. hehehehe. Sudah tercatat sebagai peserta

    BalasHapus
  5. Semakin teknologi berkembang ternyata cinta semakin berkembang juga. cinta dunia maya..

    salam hangat, dari jakarta mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Ia mas, semua sektor akan mengikuti teknologi ya termasuk cinta..

      Salam hangat dari Paiton.. :)

      Hapus
  6. Namanya aja Maya kang ... hehe. Alam maya nggak jauh berbeda dengan alam imajinasi. Ketika imajinasi begitu indahnya pas bertemu danegan realita hancurlah semua .... hehehe ... terkadang juga ya kaya Akang itu .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Benar sekali kang, dunia imajinasi terkadang memang akan menjadi dunia misteri..
      Dan biasanya ketika sudah tidak cocok akan timbul permusuhan..
      Tambah parah lagi kan pengaruh negatifnya..

      Hapus
  7. ada banyak cerita cinta di dunia maya. positif, negatif... semua tergantung pada pilihan dan kehati-hatian. saya mengenal banyak pasutri langgeng yg berasal dari MIRC. entah pernikahan sebangsa atau beda bangsa. pun banyak muda belia yang terpanah cinta dunia maya yg salah dan berakhirdengan petaka.
    semoga hubungan kalian berakhir bahagia ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, memang semua akan ada pengaruh negatif dan positifnya..
      Dunia maya memang misteri.. :)

      Amin..
      Terimakasih do'a dan kunjungannya mba..

      Hapus
  8. Dulu kata pujangga

    darimana datangnya cinta
    darimata turun kehati

    Tapi sekarang kata mereka

    Darimana datangnya cinta
    dari inbox masuk kehati

    Haha

    Untung saya tipe susah percaya
    alhamdulillah selamat dari tipuan maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Benar itu mba, dari Inbox turun ke hati.. :)

      Baguslah kalau begitu, jadi bentengnya memang harus kuat biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari dunia maya.

      Hapus
  9. aku kenal pertama dengan suami juga di dunia maya, tapi untuk hubungan ke jenjang pernikahan sudah di dunia nyata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, berarti tetap bermula dari dunia maya toh bunda..
      OK, semoga kali berdua juga akan begitu, menjadi keluarga bahagia selamanya..
      Amin..

      Hapus
  10. Tak bisa dipungkiri, dunia maya sekarang bisa menjadi "jembatan" perjodohan ya, Kaaaak. :) Beberapa teman saya juga begitu.

    Semoga langgeng dengan Bidadari kecilnya, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, banyak sudah yang berjodoh gara-gara dunia maya dekkk.. :)

      Amin..
      Terimakasih.

      Hapus
  11. saya juga sekarang kenal dan dekat dengan seseorang lewat dunia maya mas. Lalu bertemu sekali,kemudian punya rasa. Hahahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...
      Lanjutkan mas!
      Siapa tahu ntar pas bisa jadi nikah dan jadi keluarga yang bahagia..

      Hapus
    2. mau diarahkan kesana memang, bahkan udah sepakat.. doa kan saja semoga lancar :D

      Hapus
    3. Wah...
      Iya mas, saya do;akan semoga akan terus bahagia.. :)
      Salam sama si dia..

      Hapus
  12. Kita jg kenal dr dumay ahaha

    BalasHapus
  13. dulu aku juga pernah mendapat cinta di dunia maya hehe

    BalasHapus
  14. wah ... serem ya mas ceritanya

    semoga sukses ya GA nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang serem sih serem mba., tapi kalo yang indah ya indah.. :)

      Terimakasih..

      Hapus
  15. memang cinta dunia maya itu kadang ada buruknya. Jadi lebih baik cinta itu harus bertatap muka :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pribadi masing-masing juga sih mbak..
      Karena tak sedikit juga cinta sejati berawal dari dunia maya.. :)

      Hapus
  16. Oke saya akan berhati-hati..
    sukses GAnya kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah.. Berhati-hati lebih baik, daripada sakit hati.. :)

      Terimakasih..

      Hapus
  17. saya juga pernah punya teman yang mirip pengalamannya dengan ini, semoga info ini bisa membuat orang lebih berhati-hati lagi :)

    BalasHapus
  18. cinta dunia maya? saya lebih nyaman di dunia nyata aja deh *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pilihanmu mbak.. OK, lanjutkan! :)
      Terimakasih..

      Hapus
  19. wah harus bener2 ati2 tuh kalo menjalin cinta di dunia maya dgn org yang blm pernah ketemu face to face sebelumnya. apalagi teknologi canggih, foto pun bisa menipu :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe
      Jangankan foto, semuanya dengan dunia maya bisa ditipu kok mbak..
      Terimakasih..

      Hapus
  20. Semoga saya juga berjumpa jodoh lewat dunia maya. Tapi kalau ketemunya lewat media offline, juga nggak masalah sih... yang penting dapat jodoh. :D

    BalasHapus
  21. Wih... Nemu bidadari kercilnya lewat Facebook :D
    Maksudnya bidadari kecil tuh anak?

    Salam miaw!

    BalasHapus
  22. cinta dunia maya berarti cinta yg masih semu dong..

    BalasHapus
  23. Cinta dunia maya banyak sekali hambatannya ya , yang paling utama sih kalau aku itu negative thinking. Dia ada dimana sama siapa dan sedang apa... Bingung juga bagaimana cara mengatasinya

    BalasHapus
  24. huaaaaaaa.. saya juga sedang menjalin hubungan dengan seseorang yg ketemunya via game :)

    semuanya tergantung masing2 individu menyikapinya :3

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.