Tidak ada larangan menulis di blog

Tulisan ini saya anggap sebagai tulisan iseng, sekedar mengisi waktu luang sebelum nge-coding lagi di localhost. Namanya tulisan iseng yang pasti tidak akan mengarah kemana-nama dan tidak tau akan menghasilkan apa.. :).

Di Facebook, saya sering mendapat pertanyaan dari teman-blogger seputar menulis di blog. Pertanyaan-nya pun beragam, “Saya sudah punya blog, tapi mau nulis apa?”, ada juga: “Saya sudah banyak nulis di blog, ada yang baca tidak?” dan masih banyak pertanyaan senada tentang blog. Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu, menunjukkan bahwa menulis di blog merupakan hal yang susah dan merepotkan.

Sebenarnya blog itu sudah seperti diary (catatan pribadi) seseorang. Dia bebas menulis apapun didalamnya. Seorang blogger tidak pernah dibatasi berapa banyak dia harus menulis, apa saja yang boleh ditulis, bahasa yang di pakai dan yang lainnya dan juga belum ada sampai sekarang undang-undang, tata-tertib, peraturan atau apalah namanya tentang apakah blogger harus menulis dengan tata bahasa, ejaan yang baik dan benar. Tulisan harus tertata urut pun, tidak ada aturannya. Salah ato benar pun sudah dibelokkan oleh privasi seorang pemilik blog. Konsumsi pribadi yang sebelumnya menjadi milik pribadi setiap orang, sudah menjadi milik umum dengan ijin seorang pemilik blog.

Contoh saja tulisan ini, tidak jelas akan mengarah kemana, akan berakhir bagaimana pun saya sendiri tidak tahu. Sudah saya bilang sebelumnya bahwa tulisan ini hanya untuk mengisi waktu luang yang biasanya dihabiskan untuk nge-coding di localhost :). Ini juga merupakan curahan hati yang tidak ada hubungannya dengan siapapun selain saya sendiri.

Dan saya sangat yakin, tulisan seperti ini pun kadang membuat pembaca tambah bingung, semakin tenggelam dalam kesesatan dan kebingungan penulis. Tulisan iseng asal-asalan ini bisa diambil pelajaran sebagai panduan, bahwa tulisan seperti ini tidak dilarang dan tidak ada manfaatnya. :)

Yang ada di pikiran saya sekarang adalah, tulisan ini memang saya tulis dengan tujuan yang baik tapi keliru mengaplikasikannya.

Bagaimana?
Tidak jelas kan apa intinya dari tulisan saya ini? Berhubung Anda sudah terlanjur membacanya, mau gimana lagi.. SELAMAT MENIKMATI KEBINGUNGAN BERSAMA!
BAGIKAN TULISAN INI

17 Komentar untuk "Tidak ada larangan menulis di blog"

  1. Balasan
    1. Kok ketawa?
      Berarti ente gag bigung ya mas?
      Syukurlah..

      Hapus
    2. ujung"nya balik lagi... paragraph akhir kembali ke paragraph awal

      Hapus
    3. Hahaha
      Gag apa-apa lah. yang penting tidak kembali lagi ke pasar.. :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Boleh...
      Tapi kebetulan disini mati lampu, barusan mau minum kopi pas salah minum air putih.. :)

      Hapus
  3. bagusnya sih blog sudah ada temanya untuk nulis apa, tapi yg pentingnya isinya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..
      Yang untuk bermanfaat itu mas r10 lumayan berat.. :)
      Sudah jelas saya tulis diatas kalo tulisan ini tidak bermanfaat.

      Hapus
  4. saya sudah terlanjur membaca sampai habis sob.. tapi nggak bingung kok.. intinya blog itu adalah deary kita. terserah kita mau tulis apa saja juga boleh.. begitupun pembaca, mau baca boleh nggak baca juga boleh hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      bener sekali itu.
      BTW, terimakasih ya, sudah membaca tulisan ini sampai selesai dan alhamdulillah ente bisa menyimpulkan. Karena saya yang nulis saja tidak bisa untuk menyimpulkannya.

      Hapus
  5. bener, ngga penting mikirin apa yang mau ditulis. TUlis aja cerita sehari-hari, selanjutnya gagasan ide akan berkembang sesuai imajinasi dan lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.
      Banyak faktor yang mempengaruhi dalam menulis memang.

      Hapus
  6. apapun tulisannya yang penting semangat bloggingnya tetap ada ....keep happy blogging always :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Itu memang yang paling penting mas.
      Kalo sudah tidak semangat nge-blog ya jangan berharap akan bisa menulis.. :)

      Hapus
  7. yang penting dalam tulisan blog ada hurufnya aja mas, entah itu mau di baca atau tidak sama orang yang penting kita sendiri sudah baca, ditulis sendiri dan di baca sssendiri aja lebih asik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      Benar mas, apa kata orang, kafilah tetap berlalu.. :)

      Hapus
  8. tidak ada larangn menulis dalam blog toh itu kan blog pribadi , yah tapi masih harus ada etika yang harus dicermati agar tidak menyakiti perasaan orang lain atau tidak mengandung SARA dan hal2 negatif lainnya CMIIW

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.