Menjaga Konsistensi dalam Menulis

Menulis di blog tak harus dipersepsikan dengan sesuatu yang wah, sangat berkualitas atau apalah istilahnya. Namun untuk bisa konsisten bukan merupakan hal yang mudah karena seperti yang saya jelaskan pada tulisan sebelumnya, Satu Hal Penting dalam Menulis bahwa terkadang kita sulit untuk mendapatkan inspirasi atau kalaupun sudah dapat inspirasi malah sulit untuk menuangkannya dalam tulisan. Berikut ini yang biasa saya lakukan dan mungkin Anda juga lakukan ketika kehabisan inspirasi untuk menulis..

Tulis Apa yang Kita Alami
Menulis apa yang kita alami tentu lebih mudah dari pada harus menulis tentang apa yang tidak kita alami. Apalagi harus menulis sesuatu yang kita tidak kuasai ilmunya, contoh: Saya tidak pernah menulis tentang dunia Budidaya Lele dan Budidaya Puyuh. Kenapa? Karena saya akan tersiksa jika harus dipaksakan menulis itu. Intinya, yang kita lihat, kita dengar dan kita rasa itulah yang kita tulis.

Status di Facebook atau Twitter
Banyak inspirasi untuk kita bisa menulis, salah satunya dari status kita atau teman kita di Facebook atau Twitter. Status di Facebook atau Twitter yang ditulis secara singkat itu sebenarnya bisa kita kembangkan menjadi tulisan utuh di blog. Pandai-pandailah untuk merangkat kalimat.. :)

Blogwalking
Ini yang banyak disebutkan kemaren pada kolom komentar Satu Hal Penting dalam Menulis. Dengan blogwalking kita bisa tahu tulisan teman-teman kita dan itu juga bisa dijadikan inspirasi menulis. Asalkan jangan asal Copy Paste lho ya. Disini kita bisa menuliskan bahwa kita sependapat dengan pendapatnya si A namun saya menambahkan satu, dua hal agar lebih detail penjelasannya. Blogwalking merupakan cara bagi mereka yang sedang kehabisan inspirasi untuk menulis.

Komentar Teman
Sebuah tulisan pada kolom komentar di blog kita maupun di blog teman-teman juga bisa memicu inspirasi kita dalam menulis. Karena itu sebagai penulis blog, disarankan untuk tetap rajin membaca, termasuk membaca rentetan komentar yang bisa kita lanjutkan menjadi tulisan yang runtut di blog kita.

Komunitas
Keberadaan komunitas itu penting juga buat menjaga konsistensi menulis. Dalam setiap komunitas, ada saja topik-topik yang didiskusikan. Meskipun sudah dibahas pada forum diskusi, tak ada salahnya jika kita tulis kembali pada blog kita. Seperti sebuah rangkuman diskusi.


Ngobrol
Siapa sih yang nggak pernah ngobrol sama manusia lain? Nah, obrolan apapun, serius ataupun bercanda, sebenarnya bisa kita tulis di blog. Bahkan ini yang sering saya lakukan untuk mempertahankan konsistensi ngeblog.
 


Itulah hal-hal yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis meskipun tulisan tidak konsisten, namun saya selalu berusaha agar tulisan-tulisan di Kopiah Putih akan terus konsisten.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan ketika kehabisan inspirasi untuk menulis?
Sudahkan Anda konsisten menulis di blog Anda? 
JANGAN LUPA, BAGIKAN TULISAN INI
TULISAN MENARIK LAINNYA

19 Komentar untuk Tulisan
"Menjaga Konsistensi dalam Menulis"

  1. BW juga merupakan salah satu membangun blog, namun hal ini masih banyak para sahabat blogger yang selalu membuat hal ini tidak merasa penting. terkadang membangun sebuah komunikasi dalam kolom komentar saja tidak pernah dilakukan kepada blogger yang lainnya. Semog bisa selalu konsisten dalam melakukan hal ini.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...
      dan semoga juga saya selaku admin Kopiah Putih bisa melakukan semua itu..

      Hapus
  2. siiiplah, kalu menurutku sih, tulislah apa yang ingin kamu tulis, gak usah pake aturan ini dan itu.
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..
      Iya mas, tak ada peraturan atau undang-undangnya. :)
      Silahkan, malah kadang kalau kita mudah untuk merangkai kata, itu yang paling bagus..

      Hapus
  3. Banyak inspirasi buat menulis yah mas ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. He'em mas, sebanyak pasir di pantai..
      Hehehe

      Hapus
    2. sebanyak pasir yg dipantei... banyak amat.

      Hapus
  4. kadang konsisten kadang ndak konsisten mas, kalau lagi mood ya nulis kalau ndak ya ndak nulis, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      itu mah, kata orang jawa kareppe dhewe mas.. :)

      Hapus
  5. Terima kasih atas pencerahanya kawan. Akan saya usahakan untuk tetap berkreasi. Kadang pemicu utamanya adalah "sibuk" itu pasti sehingga menulis jadi tidak terjadwalkan. Selamat berkarya terus. Salam BW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih, saya malah juga sering begitu, tapi ya ini sekarang mencoba untuk bisa tetap konsisten.. :)

      Hapus
  6. kalo aku si lebih ke apa yang pengen aku curhatin,.. isinya curhaaaat mulu XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Bagus juga..!
      Dari pada tulisan hasil copas, kan mending begitu. Menjadikan blog sebagai diary.. :)

      Hapus
  7. kalau aku malah isinya curhatan, eh tapi menyenangkan karena ada yang memberi solusi, ada yang ternyata senasib denganku..'
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehmm..
      Bener itu mbak, curhat gratis, solusinya juga gratis.. :)

      Hapus
  8. Hemm saya bisa mendapat insprasi dimana ja, abis nonton tv, baca koran, baca buku searching di internet, tapi kadang2 ide itu sulit utk diekspresikan lewat kata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih tidak ada yang sulit mas, kalau mau berusaha.. (Itu sih kata Ibu saya). :)

      Hapus
  9. bagi blogger yang masih baru seperti saya, menulis masih sekedar moody, klo udah gak mood lama banget blog kagak keurus.

    salam kenal KP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha
      yang pebnting tetap menulis saja mbak..

      OK salam kenal kembali..

      Hapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.