Satu Hal Penting dalam Menulis

Banyak orang mengatakan bahwa menulis itu mudah, namun tidak sedikit juga orang yang mengatakan bahwa menulis itu sulit.
Menurut saya, menulis adalah pekerjaan yang relatif. Kadang ia merupakan pekerjaan yang menyenangkan, namun terkadang ia merupakan pekerjaan yang membosankan. Menulis menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan saat seseorang bisa mengerjakannya dengan mudah dan dapat membuat dirinya senang. Ada satu hal penting agar menulis bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan, yaitu inspirasi!

Inspirasi merupakan hal penting dan ini juga merupakan hal yang sangat sulit untuk mendapatkannya. Saya saja, kadang harus menghabiskan berjam-jam waktu untuk bisa mendapatkan satu inspirasi, ketika sudah mendapatkannya dan mulai menerapkan dalam sebuah tulisan, sering tulisan saya macet ditengah jalan. Penyebabnya ya itu, inspirasi kurang memadai. Ketika hal ini sudah terjadi, yang saya lakukan adalah merombak tulisan saya dari awal dan memantapkan inspirasi kembali.

Kalau difikir secara akal bebas, memang mudah untuk mendapatkan inspirasi, tapi ketika harus menerapkannya, sulit sekali.

Saya akan sedikit bercerita tentang kebiasaan saya ketika hendak menulis. Pertama, saya tentukan tema tulisan saya. Kedua, saya akan berkeliling mencari inspirasi. Ketika sudah menemukan inspirasi yang pas, barulah saya mulai menulis, dan tulisan yang anda baca inilah hasilnya. Saya senang bisa menulis dengan cara yang mudah dan semoga akan menjadi tulisan yang berkualitas..
BAGIKAN TULISAN INI

29 Komentar untuk "Satu Hal Penting dalam Menulis"

  1. betul sekali, Inspirasi itu terkadang tidak bisa muncul dengan cara dipaksa, terkadang dia muncul dengan tiada terduga, bahkan disaat yang tidak kita inginkan. Seorang yang mempunyai kemampuan mengolah inspirasi itu menjadi nyata dalam wujud karya ataupun lainnya itu lah yang sedikit. Setiap orang punya inspirasi, namun hanya sekian persen yang bisa sukses mewujudkannya. Karena mereka terlalu takut untk gagal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. wah.. tumben, bijak sekali komentarnya mas?
      Hehehe
      Saya sangat setuju dengan opini mas randy yang ini, setiap orang punya inspirasi, namun hanya sekian persen yang bisa sukses mewujudkannya.. :)
      Makasih mas Randy..

      Hapus
    2. hahaha itu kebetulan lagi kumat otak bijaknya, kalo lagi error, bisa jadi kayak anak SMA yang masih labil :P

      Hapus
    3. Hehehe
      Udah labil masih galau lagi..!

      Hapus
  2. Kadang, malah saat menulis, inspirasi itu datang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..
      Tapi tak jarang, saat menulis pun, inspirasi itu tak kunjung datang mbak.. :)

      Hapus
  3. pernah satu kali saat saya menulis posting, tiga kali saya rubah tulisan itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Itu masih mending postingannya gag dihapus mas, atau malah tidak jadi posting.. :)

      Hapus
    2. kalo itu jgn ditanya haaha, kadang gak cocok dengan gaya bahasa di ubah lagi ubah lagi walau udah kepublish

      Hapus
    3. Hahaha
      Boleh.. Asalkan jangan dirubah total aja bahasanya itu.. :)

      Hapus
  4. cari referensi itu ya mas, bisa dengan baca dan blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar memang, tapi yang saya bicarakan disini lebih fokus ke penerapannya mas.
      Inspirasi semua orang pasti punya dengan apapun caranya ia dapatkan.
      Tapi yang sulit itu menerapkannya mas.. (Itu pengalaman saya lho)..

      Hapus
    2. Saya juga setuju, karena setiap melakukan BW pasti ada saja inspirasi untuk menulis dan berbagi.

      Oiya, saya ijin Follow mas ... :) Follow sukses mas... Follow balik yah .. :D

      Hapus
    3. Iya, tapi untuk menerapkannya pasti tidak akan mudah..

      Hapus
    4. yang penting kita saling silaturohim masalah nanti dapat apa itu hadiahnya aja...
      cara mendapat inspirasi memang berbeda ya mas

      Hapus
  5. pertama2 tulisan2 di blog sy emang acak kadut, tapi gak tahu ah sekarang, menurut pembaca masih acak kadut apa gak, yg penting nulis saja dulu dah, ngeksis dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      lebih baik begitu mas dari pada copy paste.
      Kita harus bangga dengan karya-karya kita sendiri.. :)

      Hapus
  6. menulis memang suatu hobi,,,,,
    bagi sebagian orang yg hobi menulis memanglah sangat mudah,, ada aja kalimat untuk menulisnya,,,,,

    bagi saya pribadi susah,,, perlu waktu berjam"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..
      Tidak jauh berebeda dengan saya berarti mbak..
      Terus semangat..

      Hapus
  7. hehe aku juga ngelakuin step yang sama mas,
    tapi ya gitu ..
    kalo inspirasi gda ya macet dijalan .
    mknya kalo ada inspirasi langsung aja deh nulis biar ga ilang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo neng Iin saya rasa mudah sekali mendapatkan dan menerapkannya dalam tulisan. dan hasilnya pun memukau., bahasanya mudah dipahami dan inti tulisannya pun ngena.
      Sering sekali saya baca-baca tulisanmu, tanpa terasa bibir manis ini menyunggingkan senyum.. :D

      Hapus
  8. hahaha bener banget tuch sobat.. jangankan sobat yang tulisannya sudah bagus.. saya saja yang tulisannya masih acak acakan kadang kesusahan dalam mendapatkan inspirasi.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus apa mas, ini juga masih tahap belajar juga kok.
      Pengen jadi blogger yang professional dan ingin mengalahkan google.. hehehe

      Hapus
  9. nulis itu gampang banget buatku
    bikin jurnal ga perlu pake lama
    tapi syarat ketentuan berlaku ya...

    *asal jangan disuruh nulis yang bermutu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saya sih mas, bermutu atau tidak yang penting menulis..
      Toh endingnya Mas Rawin berkomentar ditulisan saya.. :)

      Hapus
  10. menulis bisa bikin si penulis jadi hepi dan gak bete.. itu yg tak tangkep..
    haha.. I love blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang burung ditangkep??? :)

      Hapus
    2. haha.. yadah.. ganti.. disari

      Hapus
  11. wah sama seperti saya sobat, kurang lebih seperti itu

    BalasHapus

Tulis Komentar Anda untuk tulisan saya diatas

Anda SANGAT DILARANG berkomentar dngan tidak baik dan mengandung unsur SARA.
Setiap komentar Anda akan otomatis tampil, namun semua komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, akan ditampilkan atau tidak atau malah akan saya hapus.
Jika Anda akan membalas komentar, gunakan tombol Balas dibawah komentar yang akan Anda balas.

Orang baik, berkomentar dengan baik.
Saya bangga Anda menjadi komemtator yang baik.